SKRIPSI Jurusan Sastra Indonesia - Fakultas Sastra UM, 2013

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

NILAI-NILAI MORAL DALAM ANTOLOGI CERITA PENDEK KANGEN KARYA ASMA NADIA DAN BIRULAUT

Ameilia Radja- Bengoe

Abstrak


ABSTRAK

 

Radja-Bengoe, Ameilia. 2012. Nilai-nilai Moral dalam Antologi Cerita Pendek Kangen Karya Asma Nadia dan Birulaut. Skripsi, Prodi Bahasa dan Sastra Indonesia, Jurusan Sastra Indonesia Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang, Pembimbing (1) Drs. Sunoto, M.Pd, Pembimbing (2) Dr. Hj. Yuni Pratiwi, M.Pd.

 

Kata kunci: nilai moral, cerita pendek, sastra populer

Karya sastra merupakan gambaran atau refleksi kehidupan masyarakat. Pengarang berusaha merepresentasikan lingkungan sosial masyarakat yang ada disekitarnya melalui karya sastra. Karya sastra tidak hanya meniru kehidupan, tetapi juga membentuknya. Melalui karya sastra, seorang pengarang mampu menyisipkan nilai-nilai moral yang tidak bersifat menggurui atau memberatkan sehingga pesan-pesan moral itu dapat ditangkap penikmat sastra dengan baik. Dalam realitas kehidupan dapat ditemukan orang-orang yang meniru gaya hidup tokoh-tokoh dunia rekaan, misalnya bercinta, melakukan tindak kejahatan atau bunuh diri seperti cerita-cerita dalam karya sastra.

 

Penelitian ini dimaksudkan untuk mendeskripsikan nilai moral sosial dan nilai moral religi dalam antologi cerita pendek Kangen karya Asma Nadia dan Birulaut.

 

Penelitian ini menggunakan rancangan kualitatif dengan pendekatan moral. Pendekatan tersebut digunakan untuk mengkaji nilai-nilai moral dalam antologi cerita pendek Kangen. Data penelitian ini berupa paparan kebahasaan yang mengandung nilai moral sosial dan nilai moral religi. Sumber data penelitian ini adalah kumpulan cerpen Kangen karya Asma Nadia dan Birulaut. Instrumen penelitian ini adalah format klasifikasi data. Pengumpulan data dilakukan dengan cara peneliti membaca kumpulan cerpen kemudian mengkaji dan mencatat data-data berupa dialog tokoh, monolog tokoh, dan narasi pengarang yang dipandang sesuai dengan fokus penelitian. Teknik analisis data dilakukan dengan cara membaca data yang telah ditemukan untuk memperoleh pemahaman yang dalam mengenai data tersebut kemudian, menguraikan nilai-nilai moral yang terdapat dalam data berpedoman pada format klasifikasi data yang telah ditentukan selanjutnya, memberikan interpretasi yaitu, kegiatan untuk memberikan pandangan kritis pada data yang telah ditemukan. Kegiatan ini dapat dilakukan dengan memberikan penguatan-penguatan pada analisis dengan memanfaatkan berbagai sumber.

 

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat nilai-nilai moral dalam antologi cerita pendek Kangen karya Asma Nadia dan Birulaut, yaitu nilai moral sosial dan nilai moral religi. Nilai-nilai moral sosial meliputi: (1) hubungan antaranggota keluarga hendaknya dilandasi dengan kasih sayang yang digambarkan dalam hubungan antara ayah dengan anak, ibu dengan anak, anak dengan ibu, dan hubungan suami dengan istri, (2) hubungan antaranggota keluarga hendaknya dilandasi dengan tanggung jawab seperti yang digambarkan pengarang dalam hubungan antara istri dengan suami, (3) hubungan antaranggota keluarga hendaknya dilandasi dengan kepedulian yakni hubungan antara ibu mertua dengan menantunya serta hubungan antara istri dengan suami, dan (4) hubungan antaranggota keluarga hendaknya dilandasi dengan rela berkorban yakni hubungan antara suami dengan istri. Nilai-nilai moral religi meliputi: (1) manusia hendaknya selalu beriman kepada Tuhan, (2) manusia hendaknya selalu bersyukur atas anugerah yang diterima, (4) manusia hendaknya taat menjalankan perintah dan menjauhi larangan Tuhan, dan (5) manusia hendaknya bertawakal kepada Tuhan setelah berusaha (berikhtiar).

 

Berdasarkan hasil penelitian ini, dikemukakan saran-saran yang diperuntukkan bagi bidang pendidikan sastra, diharapkan agar penelitian ini dapat digunakan sebagai referensi pengajaran mata pelajaran bahasa Indonesia terutama untuk menemukan nilai-nilai dalam sastra populer khususnya cerita pendek, bagi pembaca, diharapkan penelitian ini dapat dijadikan referensi untuk menggali nilai kehidupan yang berkaitan dengan moral melalui berbagai bentuk karya sastra populer yang lain dan bagi peneliti selanjutnya, penelitian ini dapat digunakan sebagai bahan referensi dan rujukan untuk melakukan penelitian lanjutan yang berusaha menggali nilai-nilai kehidupan yang bersumber dari moral terhadap sastra populer yang berkembang di masyarakat.