SKRIPSI Jurusan Sastra Indonesia - Fakultas Sastra UM, 2013

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengoptimalan Kemampuan Mempresentasikan Hasil Penelitian dengan Strategi Think, Pair, Team, Share (TPTS) pada Siswa Kelas XI SMA.

yuli pratiwi

Abstrak


ABSTRAK

 

Pratiwi, Yuli Dwi. 2012. Pengoptimalan Kemampuan Mempresentasikan Hasil Penelitian dengan Strategi Think, Pair, Team, Share (TPTS) pada Siswa Kelas XI SMA. Skripsi, Jurusan Sastra Indonesia, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang, Pembimbing: (I) Prof. Dr. Suyono, M.Pd, (II) Dr. Kusubakti Andajani, M.Pd

 

Kata Kunci: pengoptimalan, kemampuan mempresentasikan, strategi TPTS

Salah satu kompetensi dasar yang harus dicapai oleh siswa kelas XI SMA adalah kemampuan mempresentasikan hasil penelitian. Selayaknya siswa kelas XI SMA harus sudah mampu dan lancar dalam berbicara di depan kelas, baik dalam forum diskusi atau presentasi biasa. Namun kenyataannya yang terjadi pada siswa kelas XI SMA Negeri 1 Tumpang ini, masih banyak siswa yang belum lancar ketika berbicara di depan kelas, mereka masih malu-malu dan kurang percaya diri ketika berbicara di depan kelas. Berkaitan dengan hal tersebut, maka perlu diadakan penelitian untuk mengoptimalkan kemampuan siswa ketika presentasi di depan kelas.

 

Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk memperbaiki dan mengoptimalkan kemampuan siswa dalam presentasi di depan kelas. Dari yang awalnya siswa kurang bisa berbicara di depan kelas, sampai diberi tindakan yaitu strategi think, pair, team, share (TPTS) untuk mengoptimalkan kemampuan siswa sampai siswa mampu dengan lancar dan percaya diri berbicara ketika mereka presentasi di depan kelas.

 

Strategi TPTS sendiri adalah modifikasi dari strategi think, pair, share (TPS). Langkah-langkah pembelajaran yang diterapkan juga hampir sama, hanya berbeda ketika sampai pada tahap team. Pada strategi TPTS yang digunakan pada penelitian ini, tahap think adalah tahap ketika siswa diberi tugas individu oleh guru untuk mereangkum hasil penelitian yang telah dibagian guru. Ketika selesai merangkum, siswa memasuki tahap pair, yaitu tahapan ketika siswa harus berpasangan dengan siswa yang mempunyai topik penelitian yang sama. Dalam kegiatan berpasangan ini siswa ditugaskan untuk menyelaraskan hasil rangkuman mereka. Setelah selesai pada tahap ini, siswa memasuki tahap team. Yaitu masing-masing pasangan mencari pasagan lain yang mempunyai topik yang sama. Mereka berkumpul membentuk sebuah kelompok baru. Dalam kelompok baru tersebut masing-masing pasangan berlatih untuk presentasi di depan kelas. Pasangan lain yang tidak presentasi ditugaskan untuk menilai kelompok yang sedang berlatih. Setelah selesai berlatih masing-masing siswa kembali ke pasangannya masing-masing. Dan mereka memasuki tahap akhir, yaitu share. Tiap pasangan maju secara acak untuk mempresentasikan di depan kelas hasil rangkuman mereka.

 

Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas. Data penelitian diperoleh dari hasil hasil wawancara, hasil observasi, foto, dan hasil rangkuman siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan pedoman wawancara, pedoman observasi, pedoman instrumen proses, dan pedoman instrumen hasil. Kegiatan analisis data dimulai dengan merekap hasil nilai yang telah diperoleh siswa. Setelah direkap dan dihitung, maka bisa diketahui siswa sudah mengalami peningkatan atau belum.

 

Dari hasil analisis data diperoleh beberapa kesimpulan. Pertama keaktifan siswa dapat dilihat pada pelaksanaan tindakan I dan II. Berdasarkan hasil observasi, keaktifan siswa mengalami peningkatan secara bertahap hingga mencapai 73,6% yang telah benar-benar aktif dalam belajar. Penggunaan strategi think, pair, team, share, dapat memacu motivasi siswa sehingga siswa menjadi lebih aktif dan serius dalam belajar dan dengan begitu prestasis siswa dalam belajar akan mengalami peningkatan.

 

Kedua, perhatian siswa saat pembelajaran mengalami peningkatan karena penggunaan strategi think, pair, team, share, melalui pancingan guru pada kelompok terbaik yang akan mendapat penghargaan dari guru sehingga siswa semakin terpacu dan termotivasi untuk lebih perhatian pada proses belajar. Peningkatan perhatian mencapai 73,6% yang benar-benar perhatian terhadap pembelajaran mempresentasikan hasil penelitian.

 

Ketiga adalah kerjasama siswa, setelah dilakukan pembelajaran mempresentasikan hasil penelitian menggunakan strategi think, pair, team, share perubahan antar pasangan dapat dikatakan menjadi lebih baik dan meningkat. Hal ini dapat dilihat dari penampakan setiap pasangan ketika mempresentasikan hasil rangkuman mereka di depan kelas, mereka terlihat dapat bekerjasama dengan baik dan kompak. Kerjasama siswa mencapai 78,9% pasangan siswa yang benar-benar bisa bekerjasama dengan baik.

 

Keempat, peningkaan yang dicapai siswa dalam proses juga mempengaruhi hasil belajar siswa dalam mempresentasikan hasil penelitian tampak pada saat dalam merangkum laporan hasil penelitian setelah diberikan tindakan berupa strategi think, pair, team, share. Nilai rata-rata indikator siklus I kemampuan mempresentasikan hasil penelitian sebesar 65,9, dan pada siklus II 82,6.

 

Kelima, peningkatan kemampuan siswa ketika presentasi pada aspek ketepatan isi mengalami peningkatan dari sebelum diberikan tindakan sampai dengan setelah diberikan tindakan berupa strategi think, pair, team, share. Nilai rata-rata indikator siklus I kemampuan mempresentasikan hasil penelitian sebesar78,3, pada siklus II 85,4.

 

Keenam kemampuan siswa dalam menggunakan bahasa mengalami peningkatan dari sebelum diberikan tindakan sampai dengan setelah diberikan tindakan berupa strategi think, pair, team, share. Nilai rata-rata indikator siklus I kemampuan mempresentasikan hasil penelitian sebesar 78,9, dan pada siklus II 85,3.

 

Ketujuh, peningkatan kemampuan siswa ketika presentasi pada aspek tampilan mengalami peningkatan dari sebelum diberikan tindakan sampai dengan setelah diberikan tindakan berupa strategi think, pair, team, share. Nilai rata-rata indikator siklus I kemampuan mempresentasikan hasil penelitian sebesar76,3, pada siklus II 83,9.

 

ABSTRACT

 

Pratiwi, Yuli Dwi. 2012. The Optimization Capabilities to Present the Results of Research with Think, Pair, Team, Share (TPTS) Strategy on Second Grade Students of Senior High School. Thesis, Indonesian Literature Majors, Faculty of Literature, Malang University, Preceptor : (I) Prof. Dr. Suyono, M.Pd, (II) Dr. Kusubakti Andajani, M.Pd

 

Keywords: optimize, ability to present, TPTS strategy

One of basic competencies that must be achieved by Senior High School students in second grade is a capabilites to present the result of research. As second grade students of Senior High School, the students must be able and fluent in speaking in front of the class, either in discussion forums or general presentation. But the fact that occur in the second grade students of SMA Negeri 1 Tumpang, still have students who cannot speak smoothly in front of the class, they feel shy and unconfident to speak in front of the class. Related with that things, then it need to hold research for optimize the ability of the students when they have presenting in front of the class.

 

This research is hold for repair and optimize the ability of the students when they presenting in front of the class. From the beginning the students cannot speak smoothly in front of the class until they given an act that called strategy think, pair, team, share (TPTS) to optimize students ability until students can speak smoothly and confident when they presenting in front of the class.

 

TPTS strategy is the modification from strategy think, pair, share (TPS). The learning steps which applied is same too, the difference only  in the team step. In TPTS which use in this research, in Think step is the step when the student receive individual task from the teacher to make summary of the research results which already given by the teacher. After finished the summary, the students enter the pair step, this is the step which the student must in pair with the other student who has same research topic. In this pairing activity, student has a task to harmonize their summary result. After done with the pair step, the student reached the team step. Every student pair find out the other student pair which has same topic. They gather make a new group. In that new group every student pair practise to present in front of the class. The other student pair have not present has a task to give score for the group which practise the presentation. After finished the practise student back to their partner. And they entering the last step, is Share. Every student pair come in front of the class randomly to present their summary result

 

This research use classroom action research design. The research data which get from interview research, observation research, photo, and student’s summary result. The techniques of collecting data is doing with interview guidance, observation guidance, instrument process guidance, and instrument process guidance. Data analyzed started from recap the score which got by the students. After recapped and counted the result have seen which students who has increased and which one is not.

 

From the analytical result, the researcher get some conclusion. First is students participation can be looked in action I and II. Based on observation result, students participation increase step by step until reached 73,6% students which really active in studying. The use of think, pair, team, share strategy can increase students’ motivation so the students become more active and serious in studying and the students’ achievement will increase.

 

Second, the students’ attention increase because of use think, pair, team, share strategy through teacher’s inducement to the best team, so the students will motivated to more pay attention to their study process. The increase of the attention reached 73,6% which really pay attention to the studying process of presenting research result.

 

The third is students teamwork, after doing presentation of research result using think, pair, team, share strategy the changing in every team is better and increase. This is can looked in when every pair of students present their summary in front of the class, they looked can work together. Student teamwork reached 78,9% teams really can work together.

 

Forth, the increase which reached by the student also influence their result in presenting research result looked in make summary of research reports after given think, pair, team, share strategy. The indicator average score in I cycle the ability of presenting research result 65,9% and in II cycle reach 82,6%.

 

Fifth, the students ability increase when presenting in the correct information increase than before get action until after get think, pair, team, share strategy. The indicator average score in I cycle the ability of presenting research result 78,3% and in II cycle is 85,4%.

 

The sixth, the students ability to use language also increase from before get an action then get think, pair, team, share strategy. The indicator average score in I cycle the ability of presenting research result 78,9% and in II cycle is 85,3%.

 

Seventh, the students ability increase in presenting appearance aspect from before get an action then get think, pair, team, share strategy. The indicator average score in I cycle the ability of presenting research result 76,3% and in II cycle is 83,9%.