SKRIPSI Jurusan Sastra Indonesia - Fakultas Sastra UM, 2013

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Bahan Ajar Menulis Kreatif Puisi dengan Strategi Pemodelan di SMP Kelas VII

Angga Putra Prasetya

Abstrak


ABSTRAK

 

Prasetya, Angga Putra.  2012. Pengembangan Bahan Ajar Menulis Kreatif Puisi dengan  Strategi Pemodelan  di  SMP  Kelas  VII.  Skripsi.  Jurusan  SastraIndonesia,  Fakultas  Sastra, Universitas  Negeri  Malang.  Pembimbing:  (I)Prof. Dr. Wahyudi Siswanto, M.Pd, (II) Dr. Muakibatul Hasanah, M.Pd.

 

Kata kunci: pengembangan bahan ajar, menulis kreatif puisi, pembelajaran menulis puisi, strategi pemodelan.

Menulis  puisi  berkenaan  dengan  keindahan  alam  merupakan  salah  satukompetensi  dasar yang  harus  dikuasai  oleh  siswa  kelas  VII  SMP.  Kegiatanmenulis puisi memiliki manfaat untuk melatih siswa peka berimajinasi. Selain itu,melalui  pembelajaran  keterampilan  tersebut, siswa  mampu  menulis  puisiberkenaan  dengan  keindahan  alam  dan menghasilkan  karya yang  baik. Namun,harapan tersebut masih kurang diperhatikan dan mendapat banyak kendala. Hal itudisebabkan  siswa mengalami  kesulitan  dalam menentukan  tema, memilih diksi,menentukan citraan, menggunakan rima dan merangkai kata menjadi sebuah puisiyang utuh.

 

Bahan ajar dibutuhkan untuk mengatasi hambatan belajar dan mendukungkelancaran pembelajaran menulis puisi. Mengingat pentingnya bahan ajar, bahanajar menulis puisi perlu dikembangkan. Terdapat beberapa alasan yang mendasaripentingnya pengembangan bahan ajar, yakni pertimbangan kebutuhan  siswa dantuntutan agar guru dapat memberikan materi pembelajaran yang berkualitas.

 

Tujuan  umum  penelitian  ini  adalah  untuk  menghasilkan  bahan  ajarmenulis kreatif puisi berkenaan dengan keindahan alam. Tujuan khusus penelitianini  adalah  (1)  mengembangkan deskripsi  isi  bahan  ajar,  (2)  mengembangkansistematika penyajian bahan ajar, (3) mengembangkan penggunaan bahasa bahanajar, dan (4) mengembangkan tampilan bahan ajar.

 

Penelitian ini menggunakan metode penelitian pengembangan. Rancanganpenelitian  ini diadaptasi  dari  model  desain  pembelajaran  Dick  and  Carrey.Pengembangan  yang diadaptasi dari  model  Dick  and  Carrey  (1)  merumuskanpembelajaran  menulis  kreatif  puisi  berkenaan dengan  keindahan  alam  di  SMPkelas VII, (2) mengidentifikasi kemampuan dan karakter yang dimiliki oleh siswakelas VII, (3) melakukan wawancara bebas kepada siswa kelas VII, (4) membuatindikator  pembelajaran  dan  langkah-langkah  pembelajaran,  (5) mengembangkanbutir  tes,  (6) mengembangkan  strategi  pemodelan,  (7)   memilih materi menulispuisi berkenaan dengan keindahan alam, (8) melakukan uji ahli dan praktisi untukmengetahui  kekurangan  produk,  (9)  merevisi  bahan  ajar,  dan  (10)  melakukanevaluasi sumatif.  Berdasarkan  model  tersebut,  terdapat  empat  tahap  prosedurpenelitian,  yakni  (1) tahap  perencanaan,  (2)  tahap  pengembangan,  (3)  tahapevaluasi, dan (4) tahap revisi.

 

Uji produk bahan ajar dilakukan dengan melibatkan (1) ahli pembelajaransastra,  (2)  ahli penulisan  kreatif,  dan  (3)  ahli  praktisi/guru  Bahasa  Indonesia.Setelah  selesai  uji  ahli  dan revisi,  langkah  selanjutnya  adalah  melakukan  ujilapangan yang melibatkan siswa kelas VII A SMP Negeri 2 Bantur.