SKRIPSI Jurusan Sastra Indonesia - Fakultas Sastra UM, 2013

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENERAPAN STANDAR PROSES PENDIDIKAN DALAM PEMBELAJARAN MENULIS PUISI PADA SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 13 MALANG TAHUN AJARAN 2012/2013

Lailatul Rahmah, lailatul rahmah

Abstrak


ABSTRAK

 

Rahmah, L. 2012. Penerapan Standar Proses Pendidikan dalam PembelajaranMenulis Puisi pada Siswa Kelas VIII di SMP Negeri 13 Malang TahunAjaran 2012/2013. Skripsi. Program Studi Pendidikan Bahasa, SastraIndonesia dan Daerah, Fakultas Sasta Universitas Negeri Malang.Pembimbing (I) Dr. Roekhan, M. Pd, pembimbing (II) Prof. Dr. DjokoSaryono, M. Pd.

 

Kata Kunci: standar proses pendidikan, pembelajaran, menulis puisi

Penerapan  standar  proses  pendidikan  merupakan  kebijakan  yang  sangatpenting  dan  strategis  untuk  pemerataan  dan  peningkatan  kualitas  pendidikan.Melalui  standar  proses  pendidikan  setiap  guru  dan  pengelola  sekolah  dapatmenentukan  bagaimana  seharusnya  proses  pembelajaran  berlangsung.  Prosespembelajaran  merupakan  suatu  sistem.  Dengan  demikian,  pencapaian  standarproses  untuk meningkatkan  kualitas  pendidikan  dapat  dimulai  dari menganalisissetiap komponen yang dapat membentuk dan mempengaruhi proses pembelajaran.

 

Dalam  konteks  pembelajaran  berdasarkan  standar  proses  pendidikan,  guruberperan  secara  optimal,  begitu  juga  dengan  siswa.  Oleh  karena  itu,  prosespembelajaran  yang dilakukan siswa  tidak mungkin  terjadi  tanpa perlakuan guru,karena  guru  memiliki  tugas  utama  sebagai  (1)  perencana  pembelajaran,  (2)pelaksana pembelajaran, dan (3) penilai pembelajaran. Pembelajaran ini  berkaitandengan kompetensi dasar, yaitu menulis puisi bebas, karena kompetensi dasar inidiajarkan di kelas VIII SMP. Oleh karena itu, peneliti ingin melakukan penelitianyang  berkaitan  dengan  pembelajaran  menulis  puisi  di  kelas  VIII.  Untuk  itudiadakan  penelitian  berjudul  Penerapan  Standar  Proses  Pendidikan  dalamPembelajaran Menulis Puisi  pada  Siswa Kelas VIII  di  SMP Negeri  13 Malang tahun ajaran 2012/2013.

 

Tujuan  penelitian  ini  adalah  (1)  mendeskripsikan  perencanaanpembelajaran  menulis  puisi  berdasarkan  penerapan  standar  proses  pendidikanpada siswa kelas VIII SMP Negeri 13 Malang,  (2) mendeskripsikan pelaksanaanpembelajaran  menulis  puisi  berdasarkan  penerapan  standar  proses  pendidikanpada  siswa  kelas  VIII  SMP  Negeri  13 Malang,  (3)  mendeskripsikan  penilaianpembelajaran  menulis  puisi  berdasarkan  penerapan  standar  proses  pendidikanpada siswa kelas VIII SMP Negeri 13 Malang. Penelitian ini digolongkan menjadipenelitian kualitatif. Jenis penelitian kualitatif  dalam penelitian ini menggunakanrancangan  penelitian  deskriptif    eksplanatori,  yaitu  peneliti  berusaha  untukmenggambarkan  dan  menjelaskan  bagaimana  penerapan  standar  proses  dalampembelajaran  menulis  puisi  pada  siswa  kelas  VIII.  Data  dalam  penelitian  inimeliputi  (1)  data  perencanaan,  (2)  data  pelaksanaan,  dan  (3)  data  penilaianpembelajaran menulis puisi. Sumber data berupa (1) dokumen atau arsip meliputisilabus  dan  RPP,  perangkat  penilaian,  foto,  dan  video  rekaman,  (2)  respondenberkaitan  dengan  pembelajaran  menulis  puisi  yaitu  guru  (3)  peristiwa,  yaituberlangsung KBM yang dilaksanakan oleh guru dan siswa mulai dari ujaran sertatindakan guru dan siswa dalam pelaksanaan pembelajaran dan penilaian. Hasil penelitian untuk  rumusan masalah perencanaan pembelajaran menulispuisi  bebas,  yaitu  silabus  dan  RPP  yang  digunakan  guru  sudah  sesuai  dengankriteria perencanaan  yang ada dalam  standar proses pendidikan. Hasil penelitianberkaitan untuk  rumusan masalah pelaksanaan pembelajaran menulis puisi bebassecara keseluruhan  sudah  sesuai dengan  silabus dan RPP  yang digunakan. Gurubahasa  Indonesia  kelas  VIII  D  melakukan  tiga  tahapan  kegiatan  dalampelaksanaan pembelajaran menulis puisi bebas, yaitu kegiatan awal, kegiatan inti,dan kegiatan akhir. Ada beberapa hal yang  tidak sesuai dengan silabus dan RPP,namun  tujuan  pembelajaran menulis  puisi  bebas  di  kelas VIII D  sudah  tercapaidengan  baik.  Hasil  penelitian  untuk  rumusan  masalah  penilaian  pembelajaranmenulis puisi bebas mutlakdilakukan untuk mengukur kompetensi keberhasilansiswa  dalam  pembelajaran.  Jenis  penilaian meliputi  penilaian  hasil  dan  proses,dengan alat penilaian berupa tes dan nontes.

 

Berdasarkan hasil penelitian ini,peneliti memberikan saran sebagai berikut.Pertama,  kepala  sekolah  diharapkan  lebih  bisa mengukur  keberhasilan  programpendidikan  yang  dipimpinnya,  diharapakan  lebih  mengontrol  apakah  kegiatan-kegiatan  pembelajaran  yang  dilaksanakan  berpijak  pada  pada  proses  yang  telahditentukan. Kepala  sekolah diharapkan dapat mengusahakan ketersediaan  saranadan prasana yang dibutuhkan untuk keberhasilan proses pembelajaran, khususnyamata  pelajaran  Bahasa  Indonesia.  Kedua,  guru  Bahasa  Indonesia  kelas  VIII  Ddiharapkan  dapat melaksanakan  pembelajaran  dengan  dengan  sungguh-sungguhmelalui  perencanaan  yang  matang  dengan  memanfaatkan  seluruh  sumber  dayayang  ada  dan  lebih  memperhatikan  kondisi  siswa.  Sebaiknya  guru  dapatmenciptakan  kondisi  belajar  yang  optimal,  dan  guru  dapat  mengorganisasikanwaktu dengan baik agar tujuan pembelajaran tercipta secara optimal. Ketiga, bagipeneliti  lain  diharapkan  dapat  melakukan  penelitian  sejenis  di  sekolah  yangberbeda,  agar  dapat mengetahui  bagaimana  hasil  penelitian  di  sekolah  lain  dandapat meningkatkan kualitas pembelajaran.