SKRIPSI Jurusan Sastra Indonesia - Fakultas Sastra UM, 2013

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Tindak Komisif SPG (Sales Promotion Girl) dalam Wacana Penawaran Produk Gadget di Kota Malang dan Pemanfaatannya untuk Pembelajaran Bernegosiasi di SMK

Galih Agustan

Abstrak


ABSTRAK

 

Agustan, Galih.2012. Tindak Komisif SPG (Sales Promotion Girl) dalam Wacana Penawaran Produk Gadget di Kota Malang. dan Pemanfaatannya untuk Pembelajaran Bernegosiasi di SMK. Skripsi, Jurusan Sastra Indonesia Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Prof. Dr. Anang Santoso, M.Pd dan Indra Suherjanto, S.Pd., M.Sn.

 

Kata kunci: tindak komisif, SPG (Sales Promotion Girl), pembelajaran bernegosiasi

Keberadaan bahasa tentunya diharapkan dapat membantu manusia untuk memperlancar segala jenis kegiatannya. Apapun profesi dan aktivitas yang dilakukan oleh manusia tidak akan pernah bisa lepas dari kebutuhan berbahasa. Salah satunya, yaitu kebutuhan berbahasa dalam kegiatan jual beli suatu produk. Para wanita seringkali dijadikan sebagai media promosi suatu produk. Wanita yang mempunyai pekerjaan mempromosikan suatu produk disebut SPG atau Sales Promotion Girl. Seorang SPG pasti akan memakai tuturan yang dianggap paling tepat untuk menginformasikan serta mengusulkan suatu produk kepada calon pembeli. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) bentuk tindak tutur komisif SPG dalam kegiatan menawarkan produk gadget di Kota Malang, (2) strategi bertutur komisif yang dipakai SPG dalam kegiatan menawarkan produk gadget di Kota Malang (3) faktor-faktor yang mempengaruhi penggunaan tindak komisif yang dipakai SPG dalam kegiatan menawarkan produk gadget di kota Malang, serta (4) pemanfaatan hasil penelitian untuk pembelajaran bernegosiasi di SMK

 

Pendekatan yang digunakan penelitian ini adalah pendekatan pragmatik dan jenisnya digolongkan ke dalam penelitian kualitatif. Data penelitian ini berupa data verbal, yaitu tuturan SPG dalam menawarkan gadget di Kota Malang. Sumber data penelitian ini diambil dari SPG dalam menawarkan gadget di Kota Malang. Dalam penelitian ini, peneliti berperan sebagai instrumen pengumpul data. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah pengamatan dan wawancara. Analisis data dalam penelitian ini meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan hasil akhir.

 

Penelitian ini menghasilkan temuan tentang jenis tindak tutur SPG dalam menawarkan gadget di Kota Malang. Pertama, bentuk tindak komisif SPG dalam menawarkan gadget antara lain: kategori berjanji, terdiri dari bertaruh, menyampaikan kebenaran dan garansi produk. Kategori menawarkan, terdiri atas  pengabdian diri dan pertukaran. Kedua, strategi penggunaan tindak komisif SPG dalam menawarkan gadget di Kota Malang menggunakan strategi langsung dan strategi tidak langsung. Strategi langsung dikategorikan lagi menjadi dua yaitu  strategi langsung reaksi lisan dan langsung reaksi gerak. Ketiga, faktor-faktor yang mempengaruhi antara lain: faktor yang berasal dari aspek kebahasaan, terdiri atas: (1) penutur serta mitra tutur dan (2) isi tuturan serta tujuan pertuturan. Kedua adalah faktor yang berasal dari aspek non-kebahasaan antara lain: (1) situasi, dan (2) norma/aturan. Terakhir bahwa pemanfaatan hasil penelitian dapat digunakan sebagai pemodelan dalam pembelajaran SMK, kompetensi dasar bernegosiasi yang menghasilkan dalam  konteks bekerja.