SKRIPSI Jurusan Sastra Indonesia - Fakultas Sastra UM, 2013

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Penggunaan Media Film Pendek terhadap Kemampuan Menulis Cerpen Siswa Kelas X SMAN 2 Pare Tahun Ajaran 2011/2012.

ade diana afrianty

Abstrak


ABSTRAK

 

Afrianty, Ade Diana. Pengaruh Penggunaan Media Film Pendek terhadap Kemampuan Menulis Cerpen Siswa Kelas X SMAN 2 Pare Tahun Ajaran 2011/2012. Skripsi, Prodi Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah, Jurusan Sastra Indonesia, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Widodo. Hs., M.Pd., (II) Dr. Hj. Titik Harsiati, M.Pd.

 

Kata Kunci: pengajaran apresiasi sastra, media film pendek, kemampuan menulis cerpen.

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui pengaruh penggunaan media film pendek terhadap kemampuan menulis cerpen aspek judul, (2) mengetahui pengaruh penggunaan media film pendek terhadap kemampuan menulis cerpen aspek penggunaan gaya bahasa, (3) mengetahui pengaruh penggunaan media film pendek terhadap kemampuan menulis cerpen aspek mengembangkan alur cerita, (4) mengetahui pengaruh penggunaan media film pendek terhadap kemampuan menulis cerpen aspek mendeskripsikan latar cerita, dan (5) mengetahui pengaruh penggunaan media film pendek terhadap kemampuan menulis cerpen aspek mendeskripsikan tokoh cerita.

 

Rancangan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen semu dengan menggunakan desain prates dan postes. Seluruh siswa kelas X SMA Negeri 2 Pare berlaku sebagai populasi. Sampel penelitian adalah kelas X-B sebagai kelompok eksperimen dan kelas X-A sebagai kelas kontrol. Pengambilan kedua kelas tersebut sebagai sampel menggunakan teknik cluster random sampling. Variabel dalam penelitian ini adalah, variabel bebas yaitu  media film pendek dan variabel terikat yaitu kemampuan menulis cerpen siswa. Setelah dilakukan tes menulis cerpen, data sampel diolah menggunakan analisis statistik uji-t pada program komputer SPSS (Statistical Package for the Scientist)16.0 for Windows dengan taraf signifikansi 0,05. Uji-t bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan antara kelas eksperimen yang diberikan perlakuan berupa penggunaan film pendek, dengan kelas kontrol yang tidak diberikan perlakuan dalam pembelajaran menulis cerpen.

 

Hasil penelitian sebagai berikut. Pertama, terdapat pengaruh signifikan penggunaan media film pendek terhadap kemampuan menulis cerpen siswa pada aspek judul. Hal ini berdasar pada output probabilitas 0,000 < =0,05 dengan hasil uji t yang diperoleh, thitung > ttabel (7,047 > 2,000). Kedua, terdapat pengaruh signifikan penggunaan media film pendek terhadap kemampuan menulis cerpen siswa pada aspek penggunaan gaya bahasa. Hal ini berdasar pada output probabilitas 0,000 < =0,05 dengan hasil uji t yang diperoleh, thitung < ttabel (5,269 > 2,000). Ketiga, terdapat pengaruh signifikan penggunaan media film pendek terhadap kemampuan menulis cerpen siswa pada aspek mengembangkan alur. Hal ini berdasar pada output probabilitas 0,000 < =0,05 dengan hasil uji t yang diperoleh, thitung 2,000). Keempat, terdapat pengaruh signifikan penggunaan media film pendek terhadap kemampuan menulis cerpen siswa pada aspek mendeskripsikan latar/setting. Hal ini berdasar pada output probabilitas 0,000 < =0,05 dengan hasil uji t yang diperoleh, t hitung 2,000). Kelima terdapat pengaruh signifikan penggunaan media film pendek terhadapi

 

Kemampuan menulis cerpen siswa pada aspek mendeskripsikan tokoh. Hal ini berdasar pada output probabilitas 0,000 < =0,05 dengan hasil uji t yang diperoleh, thitung 2,000). Berdasarkan hasil tersebut, maka penggunaan media film pendek berpengaruh signifikan terhadap pembelajaran sastra khususnya menulis cerpen di kelas X SMA Negeri 2 Pare.nulis karangan narasi khususnya.