SKRIPSI Jurusan Sastra Indonesia - Fakultas Sastra UM, 2013

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Multimedia Interaktif Pembelajaran Analisis Unsur Intrinsik Drama untuk Siswa SMA Kelas XI

Kristin Septiningtyas

Abstrak


ABSTRAK

 

Septiningtyas, Kristin. 2012. Pengembangan Multimedia Interaktif Pembelajaran Analisis Unsur Intrinsik Drama untuk Siswa SMA Kelas XI. Skripsi, Jurusan Sastra Indonesia, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Sunoto, M.Pd., (II) Dwi Sulistyorini, S.S., M.Hum.

 

Kata kunci: pengembangan multimedia, multimedia interaktif, unsur intrinsik drama

Pembelajaran drama memerlukan dukungan perangkat media sebagai sarana pembantu guru dan siswa dalam kegiatan belajar mengajar di kelas. Namun, dari hasil penelitian yang diperoleh di lapangan, kenyataannya guru masih kesulitan dalam memilih, menciptakan, maupun menerapkan media pembelajaran yang inovatif. Apabila pembelajaran drama tidak diimbangi dengan adanya inovasi dalam media pembelajaran, dapat dipastikan pada setiap pembelajaran yang berlangsung akan membuat siswa menjadi kurang tertarik. Melihat kondisi pembelajaran drama yang demikian, salah satu alternatif untuk mengatasi masalah tersebut, yakni melalui multimedia interaktif.

 

Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian pengembangan yang merupakan dasar untuk mengembangkan produk yang akan dihasilkan. Model penelitian pengembangan ini merupakan model Borg and Gall. Langkah-langkah yang dilakukan dalam penelitian ini menghasilkan data deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Data deskriptif kualitatif yang diperoleh peneliti berupa data verbal (saran-saran), sedangkan data kuantitatif menghasilkan data numeral diperoleh dari hasil uji coba kepada dosen ahli, praktisi dan siswa melalui pengisian angket. Sumber data diperoleh dari subjek uji coba yang terdiri dari (a) dosen ahli, (b) praktisi, (c) serta siswa kelas XI-8.

 

Penelitian yang telah dilakukan uji coba ini memeroleh beberapa hasil berupa data verbal dan skor dari pengisian angket. Hasil analisis uji coba pertama diperoleh dari tiga dosen ahli yang memiliki keahlian sebagai ahli materi drama, ahli pembelajaran drama, dan ahli media (Dosen Sastra Indonesia Universitas Negeri Malang) terhadap produk media diperoleh skor 72,7%. Uji coba yang kedua dilakukan oleh praktisi (guru kelas XI-8 di SMAN 1 Kademangan Blitar) diperoleh skor 98,2%. Uji coba yang terakhir diperoleh dari pengisian angket siswa diperoleh skor 85,3%. Total keseluruhan skor terakhir setelah dijumlahkan diperoleh skor 80,3%. Berdasarkan kriteria yang telah ditentukan, dapat dikatakan bahwa media pembelajaran drama berbasis multimedia interaktif ini memenuhi kriteria 80-100%, sehingga media ini dapat digunakan di SMAN 1 Kademangan untuk siswa kelas XI.

 

Pelaksanaan revisi dalam penelitian ini dilakukan dalam satu tahap, yakni setelah dilakukan uji produk melalui para tiga dosen ahli dan uji praktisi. Hasil dari revisi ini menghasilkan produk media pembelajaran drama untuk kemudian diterapkan pada siswa kelas XI SMA.

 

Media pembelajaran yang dikembangkan menggunakan program Microsoft Office PowerPoint 2007. Media ini berisi teori, contoh, dan latihan yang dikemas dengan tampilan yang menarik karena disertai dengan gambar, teks, musik, animasi, dan video pementasan drama. Diharapkan dengan adanya media ini siswa menjadi tertarik dan lebih termotivasi dalam mempelajari kompetensi yang ada dalam media.

 

Berdasarkan hasil penelitian ini, disarankan agar dilakukan penelitian yang lebih mendalam dan dilakukan uji coba pada subjek yang lebih besar. Untuk penyebarluasan multimedia interaktif pembelajaran analisis unsur intrinsik drama ini agar diketahui oleh pihak yang lebih luas, dan diharapkan dapat disosialisasikan kepada guru bahasa dan sastra Indonesia di sekolah lain.