SKRIPSI Jurusan Sastra Indonesia - Fakultas Sastra UM, 2013

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

STRATEGI PEMBELAJARAN SASTRA DALAM BUKU SEKOLAH ELEKTRONIK (BSE) BAHASA INDONESIA KELAS IX

Tia Dwi Putri Hari Nana

Abstrak


ABSTRAK

 

Nanda, Tia Dwi Putri Hari. 2012. Strategi Pembelajaran Sastra dalam Buku Sekolah Elektronik (BSE) Bahasa Indonesia Kelas IX. Skripsi, Jurusan Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia, dan Daerah, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Prof. Dr. H. A. Syukur Ghazali, M.Pd., (II) Karkono, S.S., M.A.

 

Kata Kunci : Strategi, pembelajaran sastra, buku sekolah elektronik (BSE)

Strategi pembelajaran adalah suatu rancangan atau teknik yang disiapkan sebagai pedoman kegiatan belajar mengajar untuk menciptakan pembelajaran yang efektif dan efisien (Iskandarwassid, 2008:35). Dalam dunia pendidikan. strategi pembelajaran merupakan rencana tindakan (rangkaian kegiatan) termasuk penggunaan metode dan pemanfaatan berbagai sumber daya atau kekuatan dalam pembelajaran yang disusun untuk mencapai tujuan tertentu (Depdiknas, 2008b:3).

 

Pembelajaran sastra sangat strategis digunakan untuk mengembangkan kompetensi atau kecerdasan spiritual, emosional, bahasa, atau untuk mengembangkan intelektual dan kinestetika. Buku Sekolah Elektronik (BSE) merupakan salah satu kemajuan teknologi di bidang pendidikan dan termasuk suatu program dari Depdiknas yang telah diresmikan sejak tahun 2008 dengan memanfaatkan layanan internet sebagai media pembelajarannya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan strategi pembelajaran sastra dalam BSE, yaitu (1) strategi pembelajaran puisi dalam BSE, (2) strategi pembelajaran novel dalam BSE, (3) strategi pembelajaran cerpen dalam BSE, dan (4) strategi pembelajaran drama dalam BSE.

 

Jenis dan rancangan penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Data dalam penelitian ini adalah kutipan uraian materi dan tugas-tugas serta instruksi yang terdapat dalam BSE. Sumber data dalam penelitian ini adalah BSE berjudul Bahasa Indonesia: untuk SMP/MTs Kelas IX karangan Atikah Anindyarini yang diterbitkan pada tahun 2008 oleh penerbit Pusat Perbukuan Departemen Nasional. Sumber data dalam penelitian ini dipilih berdasarkan pengarang BSE paling banyak digunakan oleh tujuh sekolah di Kota Malang. Instrumen utama dalam penelitian ini adalah peneliti sendiri dan instrumen pendukung berupa tabel pengumpul data.

 

Strategi pembelajaran yang diteliti adalah metode yang digunakan pada pembelajaran sastra dalam BSE. Pendeskripsian strategi pembelajaran didasarkan pada instruksi atau perintah yang terdapat pada pembelajaran sastra dalam BSE. Bahan ajar yang dijadikan data berupa kutipan uraian materi dan tugas-tugas yang terdapat dalam BSE. Prosedur pengumpulan data meliputi beberapa langkah, yaitu (1) mendata kutipan materi dan tugas-tugas serta instruksi dalam BSE dan (2) mengklasifikasi dan memberi kode setiap genre sastra yang dipaparkan. Teknik analisis data dalam penelitian ini meliputi (1) reduksi data, (2) penyajian data, dan (3) penarikan kesimpulan. Adapun pengecekan keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan dua teknik, yaitu ketekunan penelaahan dan kecukupan referensial.

 

Hasil penelitian ini berupa deskripsi strategi pembelajaran sastra yang meliputi (1) strategi pembelajaran puisi, (2) strategi pembelajaran novel, (3) strategi pembelajaran cerpen, dan (4) strategi pembelajaran drama. Strategi dalam penelitian ini adalah prediksi penggunaan metode yang terdapat dalam BSE. Strategi pembelajaran puisi yang terdapat dalam BSE, yaitu strategi (1) ceramah, (2) penugasan (tugas individu), (3) penugasan (diskusi kelompok), dan (4) penugasan (performansi). Strategi pembelajaran novel  yang terdapat dalam BSE, yaitu strategi (1) ceramah dan (2) penugasan (tugas individu). Strategi pembelajaran cerpen yang terdapat dalam BSE, yaitu strategi (1) ceramah, (2) pemodelan, dan (3) penugasan (tugas individu). Strategi pembelajaran drama yang terdapat dalam BSE, yaitu strategi (1) ceramah, (2) penugasan (tugas individu), (3) penugasan (kerja kelompok), dan (4) penugasan (diskusi kelompok).

 

Hasil penelitian ini dapat disarankan kepada penulis buku dan guru. Bagi penulis buku, sebagai referensi untuk menentukan strategi pembelajaran yang tepat digunakan dalam buku ajar dengan memperhatikan kompetensi dasar dalam kurikulum. Bagi guru, diharapkan dengan analisis pembelajaran sastra dalam BSE ini dapat memberikan pandangan untuk memilih strategi pembelajaran yang tepat dalam pembelajaran sastra dengan memperhatikan kompetensi dasar yang ingin dicapai.