SKRIPSI Jurusan Sastra Indonesia - Fakultas Sastra UM, 2008

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pembelajaran Menulis Teks Berita Siswa Kelas VIII.B SMP Negeri I Trawas, Kabupaten Mojokerto

Darwati Darwati

Abstrak


Menulis pada dasarnya adalah usaha untuk menuangkan ide, pikiran,
perasaan, dan kemauan dengan wahana bahasa tulis. Menulis diajarkan di sekolah
sebagai salah satu keterampilan yang harus dikuasai oleh siswa selain
keterampilan membaca, menyimak, dan berbicara.
  Menulis teks berita merupakan salah satu kompetensi dasar yang diajarkan
kepada siswa, khususnya siswa kelas VIII. Pembelajaran menulis teks berita tidak
lepas dari tujuan pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia, yaitu untuk
meningkatkan kemampuan siswa berkomunikasi, baik secara lisan atau tertulis.
Pembelajaran tersebut diharapkan dapat membantu siswa meningkatkan
kemampuan berbahasa dengan cara meliput berbagai peristiwa dan
menuliskannya dalam bentuk teks berita. 
Penelitian tentang Pembelajaran Menulis Teks Berita Siswa Kelas VIII.B
SMPN I Trawas Kabupaten Mojokerto adalah jenis penelitian kualitatif. Penelitian
ini menggunakan metode deskriptif. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh
gambaran objektif tentang pembelajaran menulis teks berita yang meliputi (1)
perencanaan pembelajaran, (2) pelaksanaan pembelajaran, dan (3) penilaian
pembelajaran. Peneliti bertindak sebagai instrumen sekaligus pengumpul data. 
Data dalam penelitian ini terdiri atas tiga jenis. Pertama, data rencana
pembelajaran menulis teks berita. Kedua, data prosedur pembelajaran menulis
teks berita berupa paparan bahasa. Ketiga, data penilaian pembelajaran menulis
teks berita berupa paparan bahasa, yaitu penilaian hasil. Sumber data penelitian
ini adalah data dokumen berupa (1) rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP)
menulis teks berita yang dibuat guru sebelum mengajar dan penilaian, (2)
prosedur pelaksanan pembelajaran menulis teks berita, dan (3) penilaian
pembelajaran menulis teks berita. Adapun instrumen yang digunakan dalam
penelitian ini adalah wawancara, studi dokumen, lembar penilaian, dan
dokumentasi. 
Pembelajaran menulis teks berita dilaksanakan sebanyak dua kali
pertemuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rumusan perencanaan
pembelajaran menulis teks berita mengacu kepada Kurikulum 2004. RPP yang
disusun guru terdiri atas (1) identitas mata pelajaran, (2) tujuan pembelajaran, (3)
materi ajar, (4) metode, (5) langkah-langkah kegiatan, (6) sumber/media
pembelajaran, dan (7) penilaian. Persiapan pembelajaran menulis teks berita
terdiri atas kegiatan pendahuluan, inti, dan penutup. Rencana kegiatan
pendahuluan pada pertemuan pertama meliputi kegiatan (1) tanya jawab, dan (2)
siswa mengemukakan tanggapan. Rencana kegiatan inti meliputi kegiatan (1)   ii
siswa bekerja kelompok, (2) siswa mempelajari referensi, (2) tanya jawab, dan (3)
penugasan. Adapun rencana kegiatan penutup meliputi kegiatan (1) merefleksi
kegiatan pembelajaran, dan (2) penugasan. Rencana kegiatan pendahuluan pada
pertemuan kedua meliputi kegiatan (1) tanya jawab tentang pembelajaran
pertemuan sebelumnya, dan (2) pengkondisian siswa belajar individu. Rencana
kegiatan inti meliputi kegiatan (1) siswa mempelajari referensi, (2) siswa
menyusun kerangka berita sesuai prinsip penulisan berita, (3) siswa
mengembangkan kerangka menjadi berita utuh, (4) siswa menyunting tulisannya
sendiri/tulisan orang lain, (5) siswa menyempurnakan tulisannya, dan (6) kegiatan
evaluasi. Adapun rencana kegiatan penutup berupa kegiatan merefleksi kegiatan
pembelajaran. Persiapan penilaian terdiri dari tes lisan dan tes tulis. 
Pelaksanaan kegiatan pendahuluan pada pertemuan pertama meliputi
kegiatan (1) tanya jawab, (2) guru memberikan umpan balik, dan (3) guru
memberikan motivasi. Dari hasil penelitian diketahui pada tahap ini guru tidak
menyampaikan tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan dalam RPP.
Pelaksanaan kegiatan inti meliputi kegiatan (1) siswa mempelajari materi, (2)
guru memberikan motivasi, (3) tanya jawab, dan (4) penugasan. Pelaksanaan
kegiatan penutup hanya berupa pemberian tugas rumah oleh guru. Dari hasil
penelitian diketahui pada tahap ini guru tidak merefleksi kegiatan pembelajaran.
Pelaksanaan kegiatan pendahuluan pada pertemuan kedua meliputi kegiatan (1)
tanya jawab tugas sebelumnya, dan (2) membahas tugas. Dari hasil penelitian
diketahui pada tahap ini guru tidak membangkitkan ingatan siswa terhadap
pembelajaran yang telah lalu dan guru juga tidak mengaitkan kompetensi yang
akan dibelajarkan dengan konteks kehidupan siswa atau kompetensi sebelumnya.
Pelaksanaan kegiatan inti meliputi kegiatan (1) membahas pekerjaan rumah siswa,
(2) membangkitkan ingatan siswa terhadap materi-materi pembelajaran
sebelumnya, (3) menulis teks berita. Dari hasil penelitian diketahui pada tahap ini
guru justru melakukan kegiatan yang seharusnya dilakukan pada kegiatan
pendahuluan. Pelaksanaan kegiatan penutup tidak jauh berbeda dengan
pelaksanaan kegiatan penutup pada pertemuan pertama. Guru tidak merefleksi
kegiatan pembelajaran. Hasil penelitian pada pelaksanaan pembelajaran
menunjukkan bahwa siswa mengalami kesulitan menangkap instruksi guru yang
terlalu cepat sehingga menyebabkan kelas menjadi tidak nyaman. Hal ini
berpengaruh terhadap motivasi siswa selama mengikuti proses pembelajaran.
Penilaian yang dilakukan guru dalam pembelajaran menulis teks berita adalah
penilaian hasil berupa tes individu menulis teks berita dari peristiwa Sholat Idul
Adha dan tes kelompok menulis teks berita dari hasil copymaster. Hasil penilaian
menunjukkan bahwa secara umum pelaksanaan pembelajaran menulis teks berita
berjalan sangat baik, meski masih ada beberapa hal yang perlu diperbaiki. Rata-
rata siswa telah mampu menulis teks berita. 
Berdasarkan hasil penelitian, disarankan kepada guru bahasa Indonesia
agar meningkatkan pembelajaran menulis teks berita, baik dari segi perencanaan,
pelaksanaan, maupun penilaian. Kepada peneliti selanjutnya, disarankan agar
meneliti pembelajaran menulis teks berita dengan media pembelajaran yang
berbeda. Hasil dari penelitian yang berbeda diharapkan dapat meningkatkan
pembelajaran menulis teks berita dan menjadi referensi bagi para pembaca

Teks Penuh: DOC