SKRIPSI Jurusan Sastra Indonesia - Fakultas Sastra UM, 2006

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Nilai-nilai Moral dalam Serat Wedhatama

Erlin Slamet

Abstrak


         Tembang macapat merupakan salah satu bentuk sastra Jawa klasik atau tradisional. Sastra Jawa klasik tumbuh dan berkembang dilingkungan keraton. Tembang macapat  banyak memuat nilai-niali yang bisa dijadikan sebagai tuntunan dalam kehidupan. nilai-nilai dalam satra Jawa yang  sering dijadikan sebagai panutan, salah satunya adalah nilai moral.

                     Nilai moral merupakan nilai yang penting bagi kehidupan manusia, baik sebagai makhluk pribadi, makhluk Tuhan, maupun makhluk sosial. Nilai moral merupakan nilai yang digunakan sebagai dasar, tuntunan, dan tujuan manusia dalam kehidupannya.

                     Penelitian ini secara umum bertujuan untuk mendeskripsikan nilai-nilai moral yang terdapat dalam Serat Wedhatama. Secara khusus penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) gambaran nilai moral religius yang terdapat dalam Serat Wedhatama, (2) gambaran nilai moral pribadi yang terdapat dalam Serat Wedhatama, (3) gambaran nilai moral sosial yang terdapat dalam Serat Wedhatama.

                     Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Data pada penelitian ini diambil dari naskah Serat Wedhatama yang terdiri dari 100 pupuh. Peneliti mengambil 40 pupuh yang digunakan sebagai data pada penelitian ini. Pada penelitian ini peneliti berperan sebagai instrumen utama. Identifikasi dan klasifikasi data dibantu dengan menggunakan tabel kodefikasi berdasarkan permasalahan yang dikaji. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan teknik studi dokumentasi atau studi kepustakaan. Analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dengan menyeleksi, mengklasifikasi, menafsirkan dan mendeskripsikan data kemudian megambil simpulan.

                     Berdasarkan analisis data diperoleh simpulan bahwa dalam Serat Wedhatama terdapat nilai-nilai moral religius, pribadi, dan sosial. Nilai moral religius berupa nilai moral percaya, ingat, patuh, dan pasrah. Nilai moral ingat mempunyai kecenderungan lebih banyak dalam nilai moral religius. Nilai-nilai moral pribadi berupa nilai moral jujur, pengendalian diri, rendah hati dan mandiri. Nilai moral pengendalian diri merupakan nilai yang cenderung muncul dan ditekankan dalam Serat Wedhatama. Nilai moral sosial mencakup nilai moral hormat, rukun, dan tenggang rasa. Nilai moaral rukun dan hormat memiliki kecenderungan lebih banyak dalam nilai moral sosial karena rukun dan hormat merupakan prinsip hidup orang Jawa.


Teks Penuh: DOC