SKRIPSI Jurusan Sastra Indonesia - Fakultas Sastra UM, 2012

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENINGKATAN KEMAMPUAN MENYIMAK BERITA SISWA KELAS VIII SMP PGRI 1 PURWOSARI MELALUI METODE TPSI (THINK, PAIR, SQUARE, AND INDIVIDUAL)

Risca Agustine Darwanto

Abstrak


ABSTRAK

 

Darwanto, Risca Agustine. 2012. Peningkatan Kemampuan Menyimak Berita Siswa Kelas VIII SMP PGRI 1 Purwosari Melalui Metode TPSI (Think, Pair, Square, and Individual). Skripsi, Jurusan Sastra Indonesia, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Dwi Saksomo, M.Si. (II) Dwi Sulistyorini, S.S.,

M.Hum.

 

Kata kunci: menyimak berita, berita, metode TPSI (Think, Pair, Square, and Individual).

Keterampilan menyimak merupakan salah satu keterampilan berbahasa yang memiliki peranan penting dalam penguasaan pembelajaran siswa. Namun, kenyataan di kelas VIII SMP PGRI 1 Purwosari menunjukkan bahwa pembelajaran menyimak berita  perlu adanya peningkatan pembelajaran baik berupa kualitas proses belajar maupun kualitas hasil belajar siswa. Berdasarkan paparan tersebut, tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan menyimak berita siswa kelas VIII SMP PGRI 1 Purwosari melalui metode TPSI (Think, Pair, Square, and Individual). Peningkatan proses dan hasil pembelajaran dideskripsikan secara khusus yakni (1) proses meningkatkan keterampilan menyimak berita siswa kelas VIII SMP PGRI 1 Purwosari pada aspek perhatian dan aspek kerjasama antar siswa dan (2) hasil peningkatan keterampilan menyimak pada aspek kemampuan menemukan pokok-pokok isi berita dan mengemukakan kembali pokok-pokok berita melalui metode TPSI (Think, Pair, Square, and Individual).

Berdasarkan studi pendahuluan di SMP PGRI 1 Purwosari, keterampilan berbahasa menyimak siswa masih rendah karena belum mencapai standar kelulusan minimal nilai mata pelajaran Bahasa Indonesia yakni nilai 75. Salah satu metode yang dapat digunakan untuk meningkatkan kualitas proses dan hasil ialah metode pembelajaran TPSI (Think, Pair, Square, and Individual). Metode pembelajaran TPSI (Think, Pair, Square, and Individual) adalah metode pembelajaran yang menuntut siswa untuk saling berdiskusi dalam kelompok kecil (pair)  untuk menyimak pokok-pokok berita dan mendiskusikan hasil simakan secara empat sudut (square) yang berfungsi untuk memperdalam pengetahuan siswa,  tetapi tetap dilakukan pelaporan hasil simakan dalam bentuk tulisan secara individual oleh siswa.

Penelitian ini menggunakan desain penelitian tindakan kelas yang terdiri dari studi pendahuluan, siklus I, dan siklus II. Setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Pengambilan data dilakukan dengan nontes (pedoman wawancara, pedoman observasi, pedoman catatan lapangan) dan tes (tes kemampuan menyimak siswa). Analisis data dilakukan secara kualitatif dan kuantitatif.

Berdasarkan analisis data penelitian keterampilan menyimak berita siswa kelas VIII melalui metode TPSI (Think, Pair, Square, and Individual) kemampuan siswa mengalami peningkatan dari studi pendahuluan, siklus I, dan siklus II pada aspek hasil belajar menyimak berita. Pada aspek kemampuan menemukan pokok-pokok berita dan mengemukakan kembali berita yang telah disimak, nilai rata-rata kelas pada studi pendahuluan sebesar 52 atau termasuk dalam kategori tidak memadai. Nilai rata-rata kelas pada tindakan I sebesar 69 dan termasuk dalam kategori kurang. Hal itu menunjukkan terjadinya peningkatan nilai rata-rata dari studi pendahuluan ke tindakan I sebesar 17 poin. Hasil tindakan II nilai rata-rata kelas sebesar 85 dan termasuk dalam kategori baik. Nilai rata-rata pada tindakan II mengalami peningkatan sebesar 16 poin dibandingkan pada skor pelaksanaan tindakan siklus I.