SKRIPSI Jurusan Sastra Indonesia - Fakultas Sastra UM, 2011

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

ANALISIS KESESUAIAN BUKU KEGIATAN SISWA (BKS) FORUM MATA PELAJARAN BAHASA JAWA KELAS V SD DENGAN SK DAN KD DITINJAU DARI KOMPONEN TUJUAN PEMBELAJARAN, MATERI PEMBELAJARAN DAN LATIHAN SOAL

RATIH DWI RUSDIANAWATI

Abstrak


ABSTRAK

 

Rusdianawati, Ratih Dwi. 2011. Analisis Kesesuaian Buku Kegiatan Siswa (BKS) Forum Mata Pelajaran Bahasa Jawa Kelas V SD dengan SK dan KD Ditinjau dari Komponen Tujuan Pembelajaran, Materi Pembelajaran dan Latihan soal. Skripsi. Program Studi Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia, dan Daerah Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Prof. Dr. Anang Santoso, M.Pd. (II) Dwi Sulistyorini, S.S.,M.Hum.

 

Kata kunci: Tujuan pembelajaran, Materi pembelajaran, Latihan soal.

 

LKS atau BKS (Buku Kegiatan Siswa) adalah sebagai sumber belajar dapat mempertinggi proses belajar siswa dalam pengajaran dan lebih mudah atau lebih cepat memahami materi yang dijelaskan dalam pengajaran, sehingga dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian tentang analisis LKS masih sedikit, khususnya pada pelajaran bahasa jawa  dan belum ada penelitian yang membahas mengenai analisis LKS dari segi kelayakan yang di tinjau dari tujuan pembelajaran, isi atau materi dan latihan soal. Buku teks pelajaran atau LKS yang sudah dinyatakan memenuhi syarat kelayakan untuk digunakan dalam proses pembelajaran oleh Permendiknas, bukan berarti lebih berkualitas dan memenuhi syarat kelayakan. Hal ini masih banyak adanya kesalahan konsep pada penyajian materi yang telah dinyatakan memenuhi syarat kelayakan untuk digunakan dalam proses pembelajaran oleh Permendiknas misalnya pada lembar kerja siswa Forum, pada LKS tersebut disajikan bagan proses inspirasi dan ekspirasi pada manusia dengan arah tanda panah yang salah, bukan berarti kualitas buku tersebut jelek dan tidak boleh dipakai, dengan demikian perlu untuk menganalisis kesesuaian antara buku teks pelajaran bahasa Jawa jenjang Sekolah Dasar dengan standar isi ditinjau dari komponen isi.Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mendeskripsikan kesesuaian antara SK dan KD dengan Buku Kegiatan Siswa (BKS) ditinjau dari tujuan pembelajaran, kesesuaian materi pembelajaran, latihan soal Buku Kegiatan Siswa (BKS) Forum.

Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskripsi kualitatif. Sumber data penelitian ini adalah LKS atau BKS (Buku Kegiatan Siswa) forum mata pelajaran Bahasa Daerah kelas V SD. Adapun identitas buku tersebut secara lengkap adalah Forum peningkatan profesi guru. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah teknik dokumenter, karena seluruh data yang terkumpul berupa dokumen yang bersumber dari Lembar Kerja Siswa forum mata pelajaran Bahasa Daerah kelas V SD. Instrumen utama yaitu peneliti adalah alat atau instrumen kunci dalam penelitian, secara langsung peneliti terlibat dalam kegiatan pengumpulan, penyeleksian, serta pada penganalisisan data penelitian. Untuk menjaga keabsahan data Pertama, peneliti membaca dan menelaah sumber data secara berulang-ulang sehingga menjadi wujud dari perpanjangan pengamatan.

Kedua, peneliti membaca intensif dan mengamati secara teliti dan mendalam seluruh LKS atau BKS kemudian menyamakan dengan SK dan KD yang terdapat pada korpus data. Ketiga, peneliti menggunakan teknik diskusi dengan teman sejahwat dengan cara meminta pendapat teman-teman tentang temuan peneliti untuk memeriksa keabsahan data ini sebagai wujud pengecekan teman sejahwat. Teknik analis dalam penelitian ini adalah (1) Penyeleksian data yang layak dipakai sesuai dengan masalah penelitian, (2) Pengklasifikasian data pada tujuan pembelajaran, aspek materi dan lembar soal, (3)Pemberian kode-kode terhadap data yang telah ditemukan agar mempermudah dalam penganalisisan, (4) Penganalisisan  serta pencocokan data dengan kurikulum. Kegiatan yang pertama kali dilakukan adalah menganalisis SK dan KD yang ada dalam Lembar Kerja Siswa dan mencocokan dengan SK dan KD yang ada dalam kurikulum KTSP, dan (5) Menyimpulkan data. Pada tabel instrument analisis data (dalam lampiran).

Berdasarkan hasil analisis data tersebut, diperoleh tiga simpulan hasil penelitian sebagai berikut. Pertama, kesesuaian standar kompetensi (SK) dan kompetensi dasar (KD) dengan buku kegiatan siswa (BKS) ditinjau dari tujuan pembelajaran. Hasil penelitian kesesuaian tujuan pembelajaran pada standar kompetensi (SK) dan kompetensi dasar (KD) yang ada dalam kurikulum Bahasa Jawa dengan tujuan pembelajaran dalam buku kegiatan siswa (BKS) Forum tidak sesuai. 

Kedua, kesesuaian standar kompetensi (SK) dan kompetensi dasar (KD) dengan buku kegiatan siswa (BKS) ditinjau dari materi pembelajaran. Hasil penelitian kesesuaian materi pembelajaran pada standar kompetensi (SK) dan kompetensi dasar (KD) yang ada dalam kurikulum bahasa Jawa dengan materi  pembelajaran dalam buku kegiatan siswa (BKS) Forum tidak sesuai.

Ketiga, kesesuaian standar kompetensi (SK) dan kompetensi dasar (KD) dengan buku kegiatan siswa (BKS) ditinjau dari latihan soal. Hasil penelitian kesesuaian pada standar kompetensi (SK) dan kompetensi dasar (KD) yang ada dalam kurikulum Bahasa Jawa ditijau dari latihan soal  dalam buku kegiatan siswa (BKS) Forum sebagian sesuai