SKRIPSI Jurusan Sastra Indonesia - Fakultas Sastra UM, 2004

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Nilai-nilai Edukatif dalam Legenda Coban Rondo

Djoko Santoso

Abstrak


Kebudayaan yang berwujud sistem gagasan atau ide dituangkan dalam bentuk karya sastra, mengandung nilai-nilai yang dapat membimbing manusia sebagai makhluk Tuhan, baik dalam dimensi religius, sosial maupun pribadi manusia. Nilai-nilai yang dapat membimbing manusia untuk mencapai kesempurnaan batin itu biasanya berupa pikiran dan budi manusia yang baik. Pikiran dan budi baik tersebut selanjutnya menjadi prinsip yang mendasari kehidupan manusia, sehingga manusia bersikap dewasa dan luhur, yang disebut nilai-nilai edukatif. 

            Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan nilai-nilai edukatif dalam legenda Coban Rondo, yaitu nilai-nilai religius, nilai-nilai sosial dan nilai kepribadian. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskriptif  kualitatif. Data dalam penelitian ini berupa paparan bahasa cerita legenda Coban Rondo yang merepresentasikan nilai-nilai edukatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah informan, penutur cerita legenda beserta dokumen penunjang yang berkenaan dengan keberadaan cerita legenda di atas. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan historis-sosiologis. Pendekatan ini bertujuan mencari dan menemukan nilai-nilai edukatif masa lampau (sejarah) dan mempedulikan keterkaitan dengan aspek sosio-kultur yang ada saat ini.  Peneliti bertindak sebagai instrumen sekaligus pengumpul data. Teknik pengumpulan datanya menggunakan  teknik wawancara, observasi  dan dokumentasi. Data dianalisis secara induktif berdasarkan fokus masalah. Berdasarkan analisis yang dilakukan, ditemukan data sebagai berikut.

           Identifikasi nilai-nilai edukatif yang diperoleh dalam kehidupan masyarakat Coban Rondo yaitu nilai religius, nilai sosial, dan nilai kepribadian. Nilai Religius yang terdapat dalam legenda Coban Rondo yaitu: (1) keimanan kepada Tuhan, (2) keberadaan manusia di hadapan Tuhan, dan (3) Ketertundukan manusia di hadapan Tuhan. Nilai Sosial yang terdapat dalam legenda Coban Rondo yaitu: (1) cinta kasih terhadap sesama, (2) gotong-royong dan musyawarah, dan (3) adil terhadap sesama. Nilai kepribadian yang terdapat dalam legenda Coban Rondo yaitu: (1) keberanian hidup, (2) kejujuran, (3) kewaspadaan, (4) kebijaksanaan, (5) realitas hidup dan kesederhanaan dan (6) teguh pendirian.


Teks Penuh: DOC