SKRIPSI Jurusan Sastra Indonesia - Fakultas Sastra UM, 2011

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

ASPEK KEPRIBADIAN TOKOH RAIHANA DALAM NOVEL PUDARNYA PESONA CLEOPATRA KARYA HABIBBURRAHMAN EL SHIRAZY MELALUI ANALISIS PSIKOLOGI SIGMUND FREUD

Moh. Nuril Awwali

Abstrak


ABSTRAK

 

Secara kategori, sastra berbeda dengan psikologi, sebab sastra berhu-bungan dengan dunia fiksi, drama, puisi, dan esai yang diklasifikasikan ke dalam seni (art), sedangkan psikologi merujuk kepada studi ilmiah tentang perilaku ma-nusia dan proses mental. Meski berbeda, keduanya memiliki titik temu atau kesa-maan, yakni keduanya berangkat dari manusia dan kehidupan sebagai sumber kajian. Bicara tentang manusia, psikologi jelas terlibat erat, karena psikologi mempelajari perilaku. Perilaku manusia tidak lepas dari aspek kehidupan yang membungkusnya dan mewarnai perilakunya. Psikologi sastra mempelajari feno-mena, kejiwaan tertentu yang dialami oleh tokoh utama dalam karya sastra ketika merespon atau bereaksi terhadap diri dan lingkunganya. Dengan demikian, gejala kejiwaaan dapat terungkap lewat perilaku tokoh dalam sebuah karya sastra.

Tujuan penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan kepribadian aspek id tokoh Raihana dalam Novel Pudarnya Pesona Cleopatra berdasarkan teori kepribadian psikoanalisis Sigmund Freud, (2) mendeskripsikan kepribadian aspek ego tokoh Raihana dalam Novel Pudarnya Pesona Cleopatra berdasarkan teori kepribadian psikoanalisis Sigmund Freud, (3) mendeskripsikan kepribadian aspek superego tokoh Raihana dalam Novel Pudarnya Pesona Cleopatra berdasarkan teori kepribadian psikoanalisis Sigmund Freud.

Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Objek penelitian ini adalah aspek psikologis yang dititikberatkan pada kepribadian tokoh Raihana yang berupa satuan narasi, monolog, dan dialog tertulis yang menggambarkan konflik yang dihadapi serta sikap dalam menghadapi konflik. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Novel Pudarnya Pesona Cleopatra karya Habiburrahman El Shirazy yang diterbitkan tahun 2005. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan teknik pustaka. Data yang telah dikum-pulkan kemudian diolah dan dianalisis melalui beberapa tahap, yaitu tahap kodi-fikasi data, tahap identifikasi data, tahap interpretasi data, dan tahap verifikasi data. Teknik penarikan kesimpulannya menggunakan teknik penarikan kesim-pulan induktif. Analisis dalam penelitian ini menggunakan pendekatan psikologi sastra yang menelaah karya sastra dengan bantuan ilmu psikologi.

Hasil penelitian menunjukkan data yang cukup signifikan, yakni : (1) ter-dapat delapan satuan narasi, monolog, dan dialog tertulis yang mewakili aspek Id yang berarti bahwa kepribadian tokoh Raihana dalam Novel Pudarnya Pesona Cleopatra adalah cukup sesuai dengan teori kepribadian Sigmund Freud, (2) terdapat enam belas satuan narasi, monolog, dan dialog tertulis yang mewakili aspek Ego yng berarti bahwa kepribadian tokoh Raihana dalam Novel Pudarnya Pesona Cleopatra adalah sangat sesuai dengan teori kepribadian Sigmund Freud, dan (3) terdapat sebelas satuan narasi, monolog, dan dialog tertulis yang mewakili aspek Superego yang berarti bahwa kepribadian tokoh Raihana dalam Novel Pu-darnya Pesona Cleopatra adalah cukup sesuai dengan teori kepribadian Sigmund Freud.

Berdasarkan hasil penelitian, hubungan antara psikologi dan sastra saling berkaitan. Gejala kejiwaaan dapat terungkap lewat perilaku tokoh dalam sebuah karya sastra. Dengan demikian penelitian mengenai psikoanalisis sastra dapat lebih dikembangkan sebagai dasar kajian mengingat perkembangan karya sastra di Indonesia yang cukup pesat dan membanggakan, sehingga referensi terhadap wawasan keilmuan dalam memahami karya sastra pun semakin bertambah.