SKRIPSI Jurusan Sastra Indonesia - Fakultas Sastra UM, 2007

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pembelajaran Apresiasi Puisi Siswa Kelas VII SMPN 3 Malang Tahun Pelajaran 2006/2007

Arum Ayatullah Khumaini

Abstrak


Pembelajaran apresiasi puisi merupakan bagian dari pembelajaran sastra. Apresiasi puisi merupakan kegiatan menghayati suatu puisi yang melibatkan aktivitas berpikir yang bersifat estetis dan imajinatif. Pembelajaran apresiasi puisi adalah proses yang dilakukan guru untuk membelajarkan siswa yang diselenggarakan untuk memperoleh pengetahuan tentang apresiasi puisi. 

         Tujuan penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan perencanaan pembelajaran apresiasi puisi, (2) mendeskripsikan prosedur pelaksanaan pembelajaran apresiasi puisi, dan (3) mendeskripsikan penilaian pembelajaran apresiasi puisi.

Rancangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah rancangan penelitian deskriptif kualitatif. Sumber data penelitian ini berupa data dokumenter dan data empiris. Sumber data dokumenter berupa rencana pembelajaran yang dibuat guru sebelum mengajar dan penilaian hasil pembelajaran apresiasi puisi. Sedangkan data empiris berupa prosedur pembelajaran apresiasi dan penilaian proses yang diungkap melalui observasi di kelas.

         Hasil penelitian menunjukkan bahwa rumusan perencanaan tujuan pembelajaran apresiasi puisi sesuai dengan kurikulum. RP yang disusun guru terdiri dari kompetensi dasar, hasil belajar, tujuan, pemilihan materi dan media, perencanaan prosedur pembelajaran, dan perencanaan penilaian. Hasil belajar yang dirumuskan guru sangat sesuai dengan KD dan tujuan yang disusun guru sangat sesuai dengan hasil belajar. Materi dan media yang dirumuskan guru sesuai dengan tujuan pembelajaran, bermanfaat, dan menarik minat siswa. Prosedur pembelajaran meliputi kegiatan pendahuluan, kegiatan inti, dan kegiatan penutup. Rencana pada kegiatan pendahuluan sangat terfokus pada tujuan pembelajaran, adanya intensitas tanya jawab, dan pemberian model. Kegiatan inti yang disusun guru menggunakan teknik kelompok belajar. Rencana kegiatan penutup yang dirumuskan guru dengan melakukan refleksi dan membuat kesimpulan, memberikan kesan dan saran, serta memberikan tugas yang sesuai dengan tujuan pembelajaran. Perencanaan penilaian terdiri dari penilaian hasil dan penilaian proses. Penilaian proses sesuai dengan teknik penilaian yang terdiri dari tanya jawab, diskusi, dan presentasi. Penilaian hasil sesuai dengan rambu-rambu penilaian hasil yang mencakup memaknai dan parafrase puisi.

Prosedur pembelajaran apresiasi puisi terdiri dari kegiatan pendahuluan, kegiatan inti, dan kegiatan penutup.  Kegiatan pembelajaran dalam kegiatan pendahuluan yaitu, pemfokusan tujuan pembelajaran, tanya jawab, dan pemodelan. Pemfokusan tujuan dilakukan untuk mengarahkan pembelajaran, tanya jawab bertujuan untuk mengetahui skemata siswa pada puisi, dan pemberian model untuk merangsang minat siswa dalam pembelajaran apresiasi puisi. Tahapan yang dilakukan guru pada kegiatan inti yaitu, diskusi dan kelompok belajar, memaknai dan memparafrase puisi, serta membacakan puisi. Kegiatan penutup meliputi  refleksi pembelajaran, kesan dan saran siswa, serta pemberian tugas.

Penilaian pembelajaran meliputi penilaian hasil dan penilaian proses. Penilaian proses pembelajaran meliputi catatan partisipasi, motivasi, keseriusan, dan inisiatif siswa, perkembangan siswa dalam menguasai pembelajaran, serta kesesuaian pengamatan membaca puisi dengan hasil belajar. Penilaian hasil mencakup memaknai dan parafrase puisi yang sesuai dengan hasil belajar.

Berdasarkan hasil penelitian ini, dapat disarankan agar guru melaksanakan penilaian proses dan penilaian hasil yang telah dituliskan dalam RP. Penilaian proses ini bertujuan untuk mengetahui perkembangan kompetensi siswa sedangkan penilaian hasil bertujuan untuk memantau hasil prestasi siswa dalam pembelajaran.


Teks Penuh: DOC