SKRIPSI Jurusan Sastra Indonesia - Fakultas Sastra UM, 2007

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Penerapan KTSP Pada Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia Kompetensi Menulis Laporan Perjalanan Siswa Kelas VIII DI SMP Negeri 1Gresik

Nur Faiko

Abstrak


Kurikulum merupakan komponen pendidikan yang dijadikan acuan oleh setiap satuan pendidikan. Penyempurnaan kurikulum yang berkelanjutan merupakan keharusan agar sistem pendidikan nasional selalu relevan dan kompetitif. Pada saat ini kurikulum yang digunakan adalah kurikulum 2006 atau disebut dengan KTSP (Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan). KTSP merupakan singkatan dari Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan, yang dikembangkan sesuai dengan satuan pendidikan, potensi sekolah/daerah, karakteristik sekolah/daerah, sosial budaya masyarakat setempat, dan karakteristik peserta didik.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan KTSP pada pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia kompetensi menulis laporan perjalanan siswa kelas VIII di SMP Negeri 1 Gresik. Penelitian ini membahas tentang (1) penerapan KTSP pada perencanaan pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia kompetensi menulis laporan perjalanan di SMP Negeri 1 Gresik, (2) penerapan KTSP pada pelaksanaan pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia kompetensi menulis laporan perjalanan di SMP Negeri 1 Gresik, (3) Penerapan KTSP pada penilaian pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia kompetensi menulis laporan perjalanan di SMP Negeri 1 Gresik, (4) faktor pendukung dan penghambat penerapan KTSP pada pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia kompetensi menulis laporan perjalanan di SMP Negeri 1 Gresik.

Rancangan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Subyek penelitian ini adalah guru Bahasa Indonesia kelas VIII di SMP Negeri 1 Gresik yang berjumlah dua orang. Instrumen yang digunakan adalah studi dokumentasi,  observasi/pengamatan, dan wawancara. Data yang dianalisis adalah silabus, RPP, rekaman proses pembelajaran di kelas, penilaian yang digunakan, dan hasil wawancara.

Hasil penelitian ini menunjukkan (1) Guru Bahasa dan Sastra Indonesia kelas VIII di SMP Negeri 1 Gresik telah menggunakan silabus dan RPP yang sesuai dengan KTSP. Akan tetapi guru belum melakukan pengembangan terhadap silabus dan RPP yang disusun oleh Depdiknas; (2) Guru Bahasa dan Sastra Indonesia kelas VIII di SMP Negeri 1 Gresik melakukan proses pembelajaran sesuai dengan KTSP, yaitu melakukan tahap-tahap kegiatan, yaitu pre test (kegiatan awal), kegiatan inti, dan post test (kegiatan akhir); (3) Guru Bahasa dan Sastra Indonesia di SMP Negeri 1 Gresik menggunakan rubrik penilaian untuk menilai hasil laporan perjalanan siswa, aspek yang dinilai dalam rubrik penilaian mencakup bahasa (baik, benar, komunikatif, dan efektif), keruntutan ruang dan waktu, kelengkapan Isi (5W + 1H), sistematika laporan (pendahuluan, isi, penutup); (4) Guru merasa merasa kesulitan dalam membuat RPP; (5) Guru tidak mengikuti kegiatan belajar mengajar secara utuh pada kegiatan melakukan perjalanan, karena siswa mengadakan perjalanan secara berkelompok-kelompok dengan tujuan yang berbeda.


Teks Penuh: DOC