SKRIPSI Jurusan Sastra Indonesia - Fakultas Sastra UM, 2007

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Penggunaan Media Gambar dan Benda Konkret untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Deskripsi Siswa Kelas IV MI Al Islamiyah Kedungrejo Kecamatan Rowokangkung Kabupaten Lumajang Tahun Tahun Ajaran 2007/2008

Anita Bilkis Fajariya

Abstrak


Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia terdiri dari empat aspek, yaitu menyimak, membaca, menulis, dan berbicara. Dalam kurikulum 2004 disebutkan salah satu kompetensi Berbahasa dan Bersastra SD/MI mata pelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia adalah keterampilan menulis deskripsi. Materi tersebut diajarkan mulai kelas IV.  Penggunaan media gambar dan benda konkret bertujuan untuk meningkatkan kemampuan siswa kelas IV MI Al Islamiyah Kedungrejo Kecamatan Rowokangkung Kabupaten Lumajang dalam menulis deskripsi.

            Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan siswa kelas IV MI Al Islamiyah Kedungrejo Kecamatan Rowokangkung Kabupaten Lumajang dalam menulis deskripsi dengan menggunakan media gambar dan benda konkret. Selama observasi, diketahui bahwa siswa masih mengalami kesulitan dalam menulis deskripsi. Guru mata pelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia di sekolah tersebut belum menggunakan media/metode yang tepat dalam pembelajaran menulis deskripsi.

            Pembelajaran menulis deskripsi yang dilakukan di kelas IV MI Al Islamiyah Kedungrejo menggunakan media gambar dan benda konkret. Dengan adanya penggunaan kedua media tersebut, siswa lebih bisa menuliskan dengan detail dan mudah objek-gambar yang dideskripsikan. Penelitian ini dilaksanakan di kelas IV MI Al Islamiyah Kedungrejo Kecamatan Rowokangkung Kabupaten Lumajang. Sumber data penelitian ini berasal dari siswa selama pembelajaran menulis deskripsi dengan menggunakan media gambar dan benda konkret di kelas IV MI Al Islamiyah Kedungrejo Kecamatan Rowokangkung Kabupaten Lumajang. Data dalam penelitian diklasifikasikan menjadi dua, yaitu data pratindakan dan data tindakan.

            Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV MI Al Islamiyah Kedungrejo yang berjumlah 25, 8 siswa laki-laki dan 17 siswa perempuan. Instrumen pengumpul data utama adalah peneliti dengan dibantu oleh guru, sedangkan instrumen penunjang berupa angket dan panduan wawancara untuk guru dan siswa, serta catatan lapangan. Untuk menjaga kesahihan data dilakukan pengecekan keabsahan data melalui triangulasi. Rancangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah rancangan penelitian tindakan kelas (classroom action research) yang terdiri dari tiga siklus. Masing-masing siklus terdiri dari tiga kali pertemuan dengan durasi waktu 2x40 menit.

            Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemampuan menulis deskripsi siswa kelas IV MI Al Islamiyah Kedungrejo Kecamatan Rowokangkung Kabupaten Lumajang dengan menggunakan media gambar dan benda konkret. Hasil pretes menunjukkan persentase kemampuan siswa paling tinggi yaitu 50%. Hasil pretes tersebut belum menunjukkan standar minimal persentase keberhasilan 65% yang dipersyaratkan. Hasil siklus I menunjukkan bahwa rata-rata persentase keberhasilan siswa mencapai 64% dan siklus II 82%. Hasil penelitian menunjukkan kesesuaian dengan asumsi penelitian yaitu dengan menggunakan media gambar dan benda konkret kemampuan siswa kelas IV MI Al Islamiyah Kedungrejo Kecamatan Rowokangkung Kabupaten Lumajang dalam menulis deskripsi dapat meningkat.

            Penggunaan media gambar dan benda konkret dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis deskripsi. Dalam proses pembelajaran, disarankan pada guru mata pelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia untuk melaksanakan tahapan-tahapan menbulis mulai dari tahap (1) pramenulis, (2) tahap menulis, dan (3) tahap pascamenulis. Saran untuk peneliti selanjutnya adalah agar menggunakan media gambar dan benda konkret menjadi sebuah penelitian tindakan kelas.


Teks Penuh: DOC