SKRIPSI Jurusan Sastra Indonesia - Fakultas Sastra UM, 2006

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Kemampuan Menyimak Pembacaan Berita di Radio Siswa Kelas VII SMP Negeri 7 Blitar Tahun Ajaran 2006/2007

Retno Vidharsih

Abstrak


Kemampuan menyimak intensif konsentratif merupakan salah satu keterampilan berbahasa yang harus dibelajarkan. Kemampuan menyimak dalam pengajaran Bahasa Indonesia sedikit sekali diterapkan, karena kurangnya media atau kurangnya pengetahuan guru tentang pentingnya kemampuan menyimak. Kemampuan menyimak intensif konsentratif untuk meningkatkan keterampilan berbahasa dapat menggunakan salah satu media yang berupa pembacaan berita di radio. Penelitian ini berusaha mengkaji masalah tentang Kemampuan Siswa Kelas VII SMP Negeri 7 Blitar Tahun Ajaran 2006/2007 dalam menyimak pembacaan berita.

            Tujuan penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan kemampuan menyimak siswa kelas VII SMP Negeri 7 Blitar dalam mengingat fakta berita, (2) mendeskripsikan kemampuan menyimak siswa kelas VII SMP Negeri 7 Blitar dalam menentukan topik berita, (3) mendeskripsikan kemampuan menyimak siswa kelas VII SMP Negeri 7 Blitar dalam menyimpulkan isi berita.

            Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kuantitatif. Sumber data berupa hasil tes kemampuan menyimak siswa kelas VII SMP Negeri 7 Blitar. Data berwujud (1) skor hasil tes menyimak pembacaan berita dalam mengingat fakta, (2) skor hasil tes menyimak pembacaan berita dalam menemukan ide pokok berita, (3) skor hasil tes menyimak pembacaan berita dalam menyimpulkan isi berita. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik pemberian tes kepada siswa. Analisis data dilakukan dalam enam langkah, (1) mengubah skor ke bentuk nilai, (2) menghitung frekuensi pencapaian nilai, (3) tabulasi, (4) mendeskripsikan hasil penelitian tentang kemampuan siswa, (5) menyajikan hasil dalam bentuk grafik, dan (6) menafsirkan hasil penelitian berdasarkan kriteria kemampuan yang telah ditentukan.

            Berdasarkan analisis data diperoleh hasil bahwa (1) dalam mengingat fakta kemampuan menyimak intensif konsentratif pembacaan berita siswa kelas VII SMP Negeri 7 Blitar tergolong tidak mampu karena 95,2% atau 40 siswa memperoleh nilai dan klasifikasi pemahaman kurang, (2) dalam menentukan topik berita, siswa kelas VII SMP Negeri 7 Blitar tergolong tidak mampu karena 92,68% atau 38 siswa memperoleh nilai dan klasifikasi pemahan kurang (3) dalam menyimpulkan isi berita, siswa kelas VII SMP Negeri 7 Blitar tergolong tidak mampu karena 95,1% atau 39 siswa memperoleh nilai dan klasifikasi pemahaman kurang.

            Berdasarkan penelitian ini, dapat disarankan kepada siswa dalam mengingat fakta, menentukan topik berita, dan menyimpulkan isi berita agar meningkatkan kemampuan menyimak dengan cara menumbuhkan motivasi dalam menyimak, memperbanyak latihan menyimak di luar jam sekolah. Kepada Guru Bahasa Indonesia disarankan untuk memberikan motivasi dan memberikan latihan-latihan kepada siswa agar siswa memiliki kepercayaan diri dan terus berlatih menyimak, serta memberikan mereka tugas rumah untuk menyimak tayangan TV atau radio yang sudah ditentukan. Kepada kepala sekolah, disarankan menambah sarana dan prasarana penunjang kegiatan belajar mengajar. Kepada peneliti lanjutan, disarankan untuk mengadakan penelitian terhadap kegiatan menyimak pembacaan berita dengan metode yang berbeda atau rumusan masalah yang berbeda. Kepada pembaca, penelitian ini dapat digunakan oleh pembaca khususnya mahasiswa sebagai informasi tentang kemampuan menyimak pembacaan berita siswa kelas VII SMP Negeri 7 Blitar tahun ajaran 2006/2007.

Teks Penuh: DOC DOC PDF