SKRIPSI Jurusan Sastra Indonesia - Fakultas Sastra UM, 2011

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

kemampuan membaca indah puisi siswa jurusan bahasa semester 2 sman 1 talun

nunik trisnayati

Abstrak


ABSTRAK

 

Trisnayati, Nunik. 2011. Kemampuan Membaca Indah Puisi Siswa Jurusan Bahasa Semester 2 SMAN I Talun. Skripsi, Jurusan Sastra Indonesia, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Yuni Pratiwi, M.Pd           (II) Mustofa Kamal, S.Pd, M.Sn.

 

Kata Kunci: kemampuan vokal, kemampuan ekspresi, membaca indah puisi.

Mata pelajaran Bahasa Indonesia, khususnya dalam bidang sastra memiliki peranan dalam pembentukan watak dan kepribadian manusia Indonesia. Dalam kurikulum 2006 dinyatakan bahwa mata pelajaran Bahasa Indonesia salah satunya bertujuan agar peserta didik memiliki kemampuan menikmati dan memanfaatkan karya sastra untuk memperluas wawasan, memperhalus budi pekerti, serta meningkatkan pengetahuan dan kemampuan berbahasa. Salah satu perwujudannya adalah dengan membaca indah puisi. Membaca indah puisi, secara langsung melatih peserta didik untuk mengembangkan kemampuan intelektual, emosi, dan keterampilan penggunaan aspek vokal dan ekspresi yang sesuai dengan isi puisi. Ketika membaca puisi, siswa dapat mengekspresikan pemahaman isi maupun pesan yang terkandung di dalamnya dengan vokal dan ekspresi yang sesuai.

Permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini yakni: (1) mendeskripsikan kemampuan vokal dalam membaca indah puisi dan (2) mendeskripsikan kemampuan ekspresi dalam membaca indah puisi. Kemampuan vokal diperoleh dari aspek volume suara, intonasi, pelafalan, jeda, dan irama. Sedangkan kemampuan ekspresi diperoleh dari aspek mimik dan kinesik.

Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskriptif kuantitatif. Data diperoleh dari seluruh siswa kelas XII Bahasa yang berjumlah 14 siswa, tetapi hanya diikuti 12 siswa karena 2 siswa tidak hadir. Puisi yang dibaca oleh siswa merupakan puisi pilihan siswa dari lima puisi yang disediakan oleh peneliti. Penilaian membaca puisi dilakukan oleh tiga penilai, yaitu dua guru bahasa Indonesia dan peneliti sendiri. Pengumpulan data dilakukan menggunakan tes performansi, observasi dan dokumentasi audio dan visual. Data yang berupa angka yang diperoleh dianalisis menggunakan program SPSS.

Hasil analisis data kuantitatif menunjukkan bahwa siswa Jurusan Bahasa memperoleh rata-rata nilai 65,7. Dalam hal ini, sekolah menetapkan standar kelulusan minimal (SKM) untuk mata pelajaran Bahasa Indonesia adalah 75. Berdasarkan SKM yang ditetapkan sekolah, kemampuan membaca indah puisi siswa jurusan Bahasa berada di bawah SKM dengan kualifikasi cukup (C). Pada aspek vokal, kriteria kemampuan untuk volume suara adalah baik (B), intonasi (C), pelafalan sangat baik (SB), jeda baik (B), dan irama (C). Kriteria aspek ekspresi yang meliputi mimik adalah cukup (C) dan kinesik juga cukup (C).

Saran-saran yang dapat disampaikan berdasarkan hasil penelitian ini, yakni (1) guru tidak hanya memberikan materi apresiasi teks puisi, tetapi juga memberikan materi tentang olah vokal dan kspresi maupun contoh untuk performansi seni mambaca puisi disertai  latihan-latihan terkait seperti latihan bersama di lapangan atau di gedung aula; (2) hasil penelitian ini dapat dimanfaatkan sebagai patokan, informasi, maupun referensi bagi peneliti selanjutnya untuk melakukan pengembangan sehubungan dengan kegiatan membaca puisi.