SKRIPSI Jurusan Sastra Indonesia - Fakultas Sastra UM, 2007

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Analisis Wacana pada Buku Teks Bahasa Indonesia di MI Perwanida Blitar dengan Tinjauan Konsep Kesetaraan Jender

Istaufa Indriani

Abstrak


Buku teks merupakan sarana yang strategis untuk menyampaikan pesan-pesan tertentu. Salah satu pesan yang ada dalam buku teks adalah tentang jender dan realitas kesetaraan jender. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap bentuk stereotipe wanita dan stereotipe pria yang merupakan bagian dari jender, dan bentuk kesetaraan jender dalam wacana pada buku teks Bahasa Indonesia SD.

Wacana merupakan sarana yang efektif untuk menyampaikan pesan dan ideologi tertentu. Dalam buku teks BI SD terdapat pesan yang diterima oleh setiap siswa dengan makna yang bisa sama, bisa berbeda. Diperlukan kajian yang lebih rinci agar setiap pesan yang termuat dalam buku teks dapat benar-benar sesuai dengan tujuan Pendidikan Nasional. Salah satu bentuk kajian yang mulai diperhitungkan oleh pihak Departemen Pendidikan Nasional adalah kajian jender dalam pendidikan.

Buku teks yang dipilih sebagai objek penelitian adalah buku teks Bahasa Indonesia SD yang digunakan di MI Perwanida Blitar terbitan Tiga Serangkai tahun belajar 2007-2008. Wacana dalam buku teks yang diteliti mulai dari kelas 3, karena struktur kalimat dalam wacana buku teks kelas 1 dan 2 masih belum sempurna sehingga tidak dapat ditemukan data masalah yang telah dirumuskan.

Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian kualitatif dengan menggunakan teknik dokumentasi untuk mengumpulkan datanya. Peneliti berfungsi sebagai instrumen kunci, dan menggunakan tabel penyaring data untuk mengumpulkan dan menganalisis data. Tabel penyaring data tersebut berisi indikator kalimat yang bermakna stereotipe wanita, indikator kalimat yang bermakna stereotipe pria, dan kalimat yang bermakna kesetaraan jender. Analisis data yang dipakai adalah teknik analisis data kualitatif. Data yang dianalisis adalah kalimat yang bermakna stereotipe jender wanita, stereotipe jender pria, dan kesetaraan jender dalam wacana pada buku teks BI SD.

            Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa stereotipe jender wanita yang muncul adalah stereotipe peran dan stereotipe sifat. Stereotipe jender pria yang sering muncul juga stereotipe jender peran dan sifat, sementara bentuk kesetaraan jender yang muncul lebih mengarah pada kesetaraan dalam bidang pekerjaan dan peran-peran dalam rumah tangga. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat diajukan saran yang berkaitan dengan perlu adanya buku teks yang memberikan wawasan kesetaraan jender. Selain itu perlu adanya pertimbangan pandangan jender dalam penyusunan kurikulum Bahasa Indonesia SD

Teks Penuh: DOC