SKRIPSI Jurusan Sastra Indonesia - Fakultas Sastra UM, 2007

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Penerapan Metode Mind mapping Untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Kreatif Cerpen di Kelas X -1 SMAN 11 Malang Tahun Ajaran 2006/2007

Khoirun Nifan

Abstrak


Menulis cerpen merupakan  salah  satu kompetensi berbahasa dan bersastra

yang  terdapat dalam KTSP SMA/MA mata pelajaran Bahasa dan Sastra  Indonesi a.

Pembelajaran menulis cerpen memerlukan  strategi atau metode pembelajaran yang

bervariatif  dan  inovatif. Menulis  kreatif  cerpen  memerlukan  pembinaa n  yang

berkelanjutan,  karena  menulis  cerpen  melibatkan  proses  berpikir  kreatif  yang

mengandung  imajinasi,  emosi,  dan  kemampuan  memilih  serta  mengolah  kata.

Sehingga  untuk  mencapai  tahap  mahir  menulis  seseorang  harus  secara  intensif

mengasah kreatifitas menulis dan mengolah kata tersebut .

Hasil studi pendahuluan terhadap kompetensi siswa dalam menulis cerpen

menunjukkan  bahwa  siswa  belum  cukup  kompeten  dalam menulis  cerpen. Hal  itu

dikarenakan  antusiasme  siswa  yang  masih  rendah   dan  peranan  guru  yang  masih

kurang  dalam  menumbuhkan  minat  siswa.  Selama  ini,  siswa  memandang

pembelajaran menulis cerpen sebagai kegiatan yang membosankan. Oleh karena itu,

peneliti memandang perlu untuk menerapkan metode pembelajaran baru yang kreatif

dan inovatif dalam menulis cerpe n. Peneliti memilih mind mapping sebagai metode

yang akan diterapkan pada pembelajaran tersebut.

Masalah  dalam  penelitian  ini  meliputi  (1)  bagaimanakah  proses

pembelajaran menulis  kreatif  cerpen  dengan menggunakan metode mind mapping

dan  (2)  bagaimanakah  hasil  pembelajaran  menulis  kreatif  cerpen  dengan

menggunakan  metode mind  mapping. Sejalan  dengan  rumusan  masalah  tersebut,

maka  penelitian  ini  bertujuan  untuk  mendeskripsikan penerapan  metode mind

mapping  untuk meningkatkan  kemampuan menulis  kreatif  cerpen siswa kelas X-1

SMAN 11 Malang pada tahun ajaran 2006/2007.

Rancangan  yang  digunakan  dalam  penelitian  ini  adalah  rancangan

penelitian  tindakan  kelas  yang  dilaksa nakan  selama dua  siklus.  Penelitian  ini

meliputi  beberapa tahap, yaitu (1) studi pendahuluan, (2) perencanaan tindakan, (3)

pelaksanaan  tindakan,  (4)  observasi  dan  evaluasi,  dan  (5)  refleksi.   Penelitian  ini

dilaksanakan di SMAN 11 Malang.

Hasil  penelitian  menunjukkan  adanya  peningkatan  kemampuan  siswa

dalam  menulis  kreatif  cerpen.  Peningkatan  terse but  terjadi  pada  setiap  siklus.

Peningkatan kemampuan tersebut sudah menggambarkan keberhasilan penelitian.

Bertitik  tolak  dari  penelitian  yang  telah  dilakukan,  s aran  yang dapat

diberikan  peneliti  kepada  guru  adalah  supaya  guru  mampu  menjaga  kemampuanii

siswa tersebut atau berusaha untuk semakin meingkatkan kemampuan siswa. Selain

itu  guru  juga  disarankan  untuk  memperbaiki  atau  menambah  variasi  pada

pembelajaran  menulis  cerpen  dengan  metode mind  mapping.   Saran  pada  peneliti

selanjutya adalah supaya penelitian metode mind mapping dicoba untuk diterapkan

pada pembelajaran sastra lainnya.

Teks Penuh: DOC