SKRIPSI Jurusan Sastra Indonesia - Fakultas Sastra UM, 2007

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGGUNAAN DIKSI BAHASA INDONESIA DALAM KARANGAN SISWA CINA PERANAKAN KELAS V SD

Anik Ermawati

Abstrak


Salah satu kompetensi yang diajarkan kepada siswa dalam matapelajaran Bahasa Indonesia di sekolah dasar, khususnya kelas V, yaitu menulis karangan. Berkaitan dengan hal tersebut, masalah yang dikaji dalam penelitian ini adalah penggunaan diksi umum-khusus, konkret-abstrak, dan baku-nonbaku bahasa Indonesia dalam karangan siswa Cina peranakan kelas V SD dengan tujuan penelitian untuk memperoleh deskripsi tentang masalah tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan sumber data karangan siswa Cina peranakan kelas V SD. Datanya yaitu diksi yang terdapat dalam karangan siswa Cina peranakan kelas V SD. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa siswa Cina peranakan kelas V SD lebih cenderung menggunakan diksi khusus, diksi konkret, dan diksi nonbaku. Dengan adanya kecenderungan pengggunaan diksi nonbaku, menunjukkan bahwa siswa Cina peranakan kelas V SD penggunaan diksinya kurang baik dan benar. Karangan siswa Cina peranakan kelas V SD juga memiliki kekhasan yaitu adanya kata ganti yang disebutkan berulang-ulang.


Teks Penuh: DOC