SKRIPSI Jurusan Sastra Indonesia - Fakultas Sastra UM, 2007

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

“Peningkatan Kemampuan Membaca Cepat dengan Metode Gerak Mata Siswa Kelas VII di SMP Negeri I Kauman Tulungagung Tahun Pelajaran 2006/2007”

Fina Mulianastiti

Abstrak


Di jaman ilmu dan teknologi yang  semakin maju ini, teknologi informasi

pun mengalami perkembangan yang pesat. Untuk itu, pembaca dituntut  memiliki

keterampilan membaca yang memadai. Oleh karena itu, siapapun yang bergelut

dalam dunia kerja, jika ingin menjadi profesional harus memiliki keterampilan

membaca cepat.

Kemampuan membaca cepat siswa SMP kelas VII perlu ditingkatkan untuk

memenuhi standar kompetensi yang dituntut lebih dari 200 kata per menit. Untuk

meningkatkan kemampuan membaca cepat siswa kelas VII SMP diperlukan sebuah

metode pelatihan membaca cepat yang telah dikembangkan oleh para ahli yaitu

metode gerak mata. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri I Kauman

Tulungagung dengan sampel satu kelas yang berjumlah 40 siswa.

Penelitian ini dilaksanakan untuk melihat efektivitas metode gerak mata

dalam meningkatkan kemampuan membaca cepat siswa kelas VII SMP Negeri I

Kauman Tulungagung tahun pelajaran 2006/2007 dalam pembelajaran membaca

cepat. Penelitian ini termasuk jenis penelitian tindakan kelas (PTK), karena

penelitian ini didasarkan pada tujuan bahwa peneliti ingin mendeskripsikan

pembelajaran di kelas, terutama deskripsi tentang peningkatan kemampuan

membaca cepat siswa di kelas. 

Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini adalah pada Siklus 1 yaitu

dengan hasil baik sekali (202-346 kpm) berjumlah 29 siswa (72,5%), hasil baik

(154-200 kpm) berjumlah 6 siswa (15%), hasil sedang (100-131 kpm) berjumlah 5

siswa (12,5%). Hasil penelitian Siklus 2 yaitu dengan hasil baik sekali  (202-346

kpm) berjumlah 38 siswa (95%), dan dengan hasil sedang (100-131 kpm) berjumlah

2 siswa (5%). Hasil yang diperoleh pada siklus 3 yaitu dengan hasil baik sekali (250-

492 kpm) berjumlah 40 siswa (100%). 

Beberapa simpulan yang dihasilkan dalam penelitian ini adalah kecepatan

membaca cepat siswa kelas VII SMP Negeri I Kauman Tulungagung Tahun

Pelajaran 2006/2007 meningkat 100% atau dua kali lipat. Pada akhir siklus,

diketahui peningkatan tersebut dari rata-rata 184 kata per menit menjadi 400 kata per

menit.

Saran yang diberikan berkaitan dengan hasil penelitian ini yaitu (1) bagi

peneliti yang akan datang untuk meneliti tentang peningkatan membaca cepat

dengan metode lain dan (2) menelitinya dengan subjek atau tempat penelitian yang

lain. Sedangkan bagi guru yaitu  (1) guru harus meningkatkan kualitas pembelajaran

dan keterampilan khususnya pembelajaran membaca cepat dengan cara:

memperbanyak memberi  latihan-latihan membaca cepat, memberi motivasi, dan memberi bahan membaca yang mudah pada siswa, (2) Guru harus berusaha

meningkatkan kompetensi siswa dalam bidang membaca cepat lebih dari 200 kata

per menit, sehingga pembelajaran dapat mencapai kompetensi yang dicapai, (3) guru

harus mengembangkan media, bahan ajar dan metode pembelajaran membaca cepat

dengan menggunakan pembelajaran membaca cepat dengan metode gerak mata ini,

dan (4) memberi motivasi kepada siswa mengenai pentingnya membaca cepat dalam

kehidupan sehari-hari, dan meningkatkan minat baca siswa agar lebih baik lagi.


Teks Penuh: DOC