SKRIPSI Jurusan Sastra Indonesia - Fakultas Sastra UM, 2007

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Penerapan Metode Experiential Learning dalam Meningkatkan Kemampuan Menulis Deskripsi Kelas 1 SMUN I Jombang

Reri Savitri

Abstrak


<!-- /* Font Definitions */ @font-face {font-family:"MS Mincho"; panose-1:2 2 6 9 4 2 5 8 3 4; mso-font-alt:"MS 明朝"; mso-font-charset:128; mso-generic-font-family:roman; mso-font-format:other; mso-font-pitch:fixed; mso-font-signature:1 134676480 16 0 131072 0;} @font-face {font-family:"\@MS Mincho"; panose-1:0 0 0 0 0 0 0 0 0 0; mso-font-charset:128; mso-generic-font-family:roman; mso-font-format:other; mso-font-pitch:fixed; mso-font-signature:1 134676480 16 0 131072 0;} /* Style Definitions */ p.MsoNormal, li.MsoNormal, div.MsoNormal {mso-style-parent:""; margin:0in; margin-bottom:.0001pt; mso-pagination:widow-orphan; font-size:12.0pt; font-family:"Times New Roman"; mso-fareast-font-family:"MS Mincho";} @page Section1 {size:8.5in 11.0in; margin:1.0in 1.25in 1.0in 1.25in; mso-header-margin:.5in; mso-footer-margin:.5in; mso-paper-source:0;} div.Section1 {page:Section1;} -->

Keterampilan menulis deskripsi merupakan salah satu keterampilan yang telah dibelajarkan kepada siswa, mulai dari pendidikan tingkat menengah sampai pendidikan tinggi. Keterampilan menulis deskripsi merupakan kemampuan dasar yang erat kaitannya dengan kehidupan sehari-hari, berguna untuk menggambarkan objek, peristiwa, atau kondisi suatu tempat. Mengingat manfaatnya yang besar, keterampilan menulis deskripsi harus diajarkan dengan baik. Selama ini ditemukan bahwa menulis deskripsi belum diajarkan secara baik dan tepat. Dari observasi yang diadakan di SMUN I Jombang pada tanggal 28 Februari 2007, ditemukan bahwa guru hanya memberi tugas menulis deskripsi secara langsung tanpa membimbing siswa untuk melakukan proses menulis.

Berdasarkan permasalahan tersebut, peneliti bekerjasama dengan guru merencanakan tindakan pembelajaran dengan menggunakan metode Experiential Learning. Pembelajaran tersebut bertujuan untuk mengetahui keefektifan penerapan metode Experiential Learning sekaligus untuk meningkatkan kemampuan menulis deskripsi di kelas satu SMUN I Jombang.

Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dan menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Penelitian ini dilakukan di kelas X-1 SMUN I Jombang pada tanggal 12 dan 16 Maret 2007. Siswa yang diamati sebagai sampel berjumlah 6 orang dengan rincian, 2 orang siswa sebagai wakil siswa berkemampuan rendah (kelompok bawah), 2 orang siswa sebagai wakil siswa berkemampuan sedang (kelompok sedang), dan 2 orang siswa sebagai wakil siswa berkemampuan tinggi (kelompok atas). Pengelompokkan tersebut didasarkan pada nilai rapor, nilai harian dan masukan dari guru bidang studi Bahasa dan Sastra Indonesia dan guru wali kelas.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa mengalami peningkatan baik dari aspek isi maupun aspek kebahasaan. Dari aspek isi, siswa mengalami peningkatan rata-rata sebesar 75 %. Secara kuantitatif peningkatan kemampuan menulis deskripsi keenam siswa tersebut berkisar antara 33 sampai 47%. Hal ini menunjukkan bahwa metode Experiential Learning dapat meningkatkan kemampuan menulis deskripsi siswa.

Berdasarkan hasil penelitian tersebut, peneliti lain disarankan untuk mengadakan pengembangan lebih lanjut terhadap penelitian ini dan menerapkan penggunaan metode Experiential Learning pada matapelajaran lain.


Teks Penuh: DOC