SKRIPSI Jurusan Sastra Indonesia - Fakultas Sastra UM, 2007

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Analisis Wacana Iklan Pendidikan pada Kain Rentang: Sebuah Kajian tentang Diksi dan Teknik Persuasi

Nikmah Nurul Hidayati

Abstrak


Keberadaan iklan pendidikan pada kain rentang yang terdapat di sepanjang
jalan, baik di jalan raya maupun di  lingkungan lembaga pendidikan merupakan
salah satu saran yang dapat menunjang  kebutuhan masyarakat akan informasi
pendidikan, baik formal, semiformal maupun nonformal. Dalam penulisannya,
iklan pendidikan pada kain rentang juga memperhatikan beberapa aspek, di
antaranya penggunaan diksi dan teknik persuasi. 
Diksi dalam iklan pendidikan pada kain rentang adalah pemilihan kata
yang sesuai dengan kaidah kebahasaan dan konteks pendidikan. Dalam hal ini,
fungsi diksi ialah sebagai sarana mengaktifkan kegiatan berbahasa (komunikasi)
yang dilakukan seseorang untuk menyampaikan maksud serta gagasannya kepada
orang lain. Sedangkan persuasi merupakan salah satu teknik mempengaruhi orang
dengan menggunakan cara tertentu baik  melalui ucapan maupun tulisan agar
bersedia melakukan dengan senang hati, yang pada akhirnya dapat mengubah
sikap dan perilaku orang tersebut. Jadi bahasa dalam wacana iklan pendidikan
pada kain rentang merupakan olahan diksi yang menggunakan teknik persuasi dan
disusun sedemikian rupa hingga penyampaian kata-kata yang dituangkan dalam
bahasa tulis yang singkat, dapat dimengerti maknanya dan menarik perhatian.
Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh deskripsi tentang penggunaan
diksi dan teknik persuasi dalam iklan pendidikan pada kain  rentang yang marak
ketika pergantian tahun ajaran. Secara khusus penelitian ini bertujuan untuk
memperoleh gambaran (1) jenis-jenis diksi yang digunakan dan (2) teknik-teknik
persuasi yang digunakan dalam iklan pendidikan pada kain rentang.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif,
yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis, yaitu kalimat dan
kata-kata yang terangkai menjadi satu kesatuan bahasa. Data-data iklan
pendidikan dalam penelitian ini berupa diksi dan kata-kata yang bersifat persuasif
yang diambil dari iklan lembaga pendidikan formal, semiformal maupun
nonformal yang ditulis pada kain rentang di sekitar Malang Raya.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa (1) dalam iklan pendidikan
pada kain rentang menggunakan jenis diksi umum-khusus untuk menunjukkan
sasaran dari iklan pendidikan itu sendiri; (2) penggunaan diksi denotasi digunakan
dalam seluruh iklan pendidikan, karena yang diiklankan adalah pendidikan,
sedangkan diksi konotasi digunakan untuk menyampaikan maksud tertentu dan
menambah kebervariasian bahasa; (3) secara keseluruhan iklan pendidikan
menggunakan diksi asli, kecuali beberapa iklan yang menggunakan diksi serapan
dengan maksud tertentu; (4) tidak semua iklan pendidikan menggunakan diksi
standar, artinya ada iklan pendidikan yang menggunakan diksi nonstandar; (5)
iklan pendidikan menggunakan teknik ketidaksesuaian perilaku, dengan hadiah,
 i
tanpa hadiah, perhatian, mengelak, membungkus, dan menempel untuk
mempersuasi calon konsumennya; dan (6) tidak semua iklan pendidikan hanya
menggunakan satu teknik persuasi saja,  ada beberapa iklan yang menggunakan
lebih dari satu teknik untuk mempersuasi calon konsumennya. 
Dari hasil penelitian di atas, dapat disimpulkan bahwa iklan pendidikan
pada kain rentang menggunakan pilihan kata yang bervariasi sesuai kebutuhan,
dengan tujuan mempermudah masyarakat memahami maksud dari iklan
pendidikan tersebut. Iklan pendidikan pada umumnya bersifat informatif dengan
memanfaatkan teknik-teknik persuasif.  Teknik-teknik persuasif dalam iklan
pendidikan digunakan untuk menarik perhatian lebih dari masyarakat yang
membacanya. 
Berdasarkan hasil penelitian ini, dapat disarankan kepada beberapa pihak.
Pertama bagi penulis naskah iklan pendidikan pada kain rentang, hendaknya
menggunakan pilihan kata atau diksi yang mudah dipahami, khususnya bagi
masyarakat awam yang membacanya. Hal itu disebabkan beberapa iklan
menggunakan diksi konotasi atau diksi serapan yang sekilas artinya tidak mudah
dimengerti. Selain itu penulis iklan juga harus memperhitungkan ketepatan diksi
dan pemanfaatan teknik persuasi mengingat iklan pendidikan kain rentang berada
di sepanjang jalan, yang umumnya masyarakat tidak memiliki banyak waktu
untuk membacanya. Berikutnya bagi peneliti lain, hasil penelitian ini dapat
digunakan sebagai salah satu rujukan  untuk melakukan penelitian lanjutan
sehingga akan didapatkan hasil yang lebih maksimal dari penelitian sebelumnya,
khususnya penelitian iklan di tempat-tempat umum atau terbuka untuk lebih
mengetahui karakteristik penulisannya.

Teks Penuh: DOC