SKRIPSI Jurusan Sastra Indonesia - Fakultas Sastra UM, 2010

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PANDANGAN DUNIA PENGARANG (YONATHAN RAHARDJO) DAN PENGARUHNYA TERHADAP TOKOH DALAM NOVEL LANANG ( SEBUAH KAJIAN SOSIOLOGI PENGARANG)

NUR JAMILAH

Abstrak


ABSTRAK

 

Jamilah, Nur. 2010. Pandangan Dunia Pengarang (Yonathan Rahardjo) dan Pengaruhnya Terhadap Tokoh dalam Novel Lanang ( Sebuah Kajian Sosiologi Pengarang). Skripsi Program Studi Bahasa dan Sastra Indonesia. Jurusan Sastra Indonesia. Fakultas Sastra. Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Prof. Dr. Soedjijono, M.Hum

 

Novel sebagai salah satu bentuk karya sastra yang diciptakan pengarang untuk mengungkapkan kehidupan manusia dalam waktu yang lama. Di dalam suatu novel muncul peristiwa-peristiwa yang akan merubah jalan hidup para pelakunya. Dalam novel pengarang menggambarkan perubahan perilaku, watak tokoh, maupun alur cerita, serta sikap dalam menghadapi konflik kehidupan. Pengarang sebagai warga masyarakat, ia dapat dipelajari sebagai makhluk sosial. Sebagai warga masyarakat, ia tentunya mempunyai pendapat tentang masalah-masalah sosial, budaya, politik, serta mengikuti isu-isu sejamannya. Keterlibatan sosial, sikap, dan ideologi pengarang dapat dipelajari tidak hanya dari karya sastranya, tetapi juga dari dokumen biografinya. Dengan demikian penilaian yang akan diberikan terhadap karya sastra jelas akan kurang lengkap tanpa sebelumnya memahami seluruh seluk-beluk dan latar belakang sosial maupun latar belakang kebudayaan pengarangnya, karena pemahaman terhadap latar belakang kehidupan pengarang akan mempermudah atau dapat membantu memahami karya sastra.

Pandangan dunia adalah ekspresi teoritis dari suatu kelas sosial pada saat karya sastra diciptakan dan para pengarang, filsuf, dan seniman yang menampilkannya. Pandangan dunia pengarang akan dapat terungkap melalui tokoh, tokoh itu sendiri adalah tokoh yang mempunyai masalah yang berhadapan dengan kondisi sosial yang ada. Pandangan dunia yang ditampilkan pengarang lewat tokoh merupakan suatu struktur global yang bermakna.

Penelitian ini secara umum bertujuan memperoleh deskripsi tentang pengaruh dunia pengarang sebagai pengarang terhadap tokoh dalam Novel Lanang. Adapun tujuan khusus penelitian ini, yakni mendeskripsikan (1) latar belakang sosial budaya pengarang dan pengaruhnya terhadap latar belakang sosial budaya tokoh dalam novel Lanang, (2) sumber ekonomi pengarang dan pengaruhnya terhadap sumber ekonomi tokoh dalam novel Lanang, dan  (3) ideologi pengarang dan pengaruhnya terhadap ideologi tokoh dalam novel Lanang

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif  kualitatif dengan pendekatan sosiologi pengarang. Sumber data dalam penelitian ini adalah teks novel Lanang dan keterangan tentang pengarang (Yonathan Rahardjo). Data berupa unit-unit teks yang berisi deskripsi tentang pengaruh latar belakang, sumber ekonomi, ideologi Yonathan Rahardjo yang mempengaruhi latar belakang, sumber ekonomi, ideologi tokoh dalam novel Lanang . Pengumpulan data dilakukan dengan membaca sumber data dan peneliti berperan sebagai instrument (human instrument). Peneliti melakukan identifikasi, klasifikasi, dan kodifikasi data berdasarkan permasalahan yang dikaji. Teknik pengumpulan data penelitian ini menggunakan teknik wawancara dan studi kepustakaan. Analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dengan menyeleksi, mengklasifikasi, menafsirkan, dan memaknai data kemudian mengambil kesimpulan.

Berdasarkan hasil analisis data diperoleh beberapa kesimpulan, Pertama  adanya pengaruh latar belakang sosial budaya pengarang terhadap latar belakang sosial budaya tokoh dalam novel Lanang mencakup (1) pengaruh latar belakang pendidikan pengarang terhadap latar belakang pendidikan tokoh, (2) pengaruh latar belakang keluarga pengarang terhadap latar belakang keluarga tokoh, (3) pengaruh latar belakang sosial pengarang terhadap latar belakang sosial tokoh, dan (4) pengaruh latar belakang budaya pengarang terhadap latar belakang budaya tokoh. Kedua adanya pengaruh sumber ekonomi yakni pekerjaan pengarang terhadap sumber ekonomi tokoh dalam novel Lanang mencakup (1) pengaruh pekerjaan pengarang sebagai dokter hewan praktik terhadap pekerjaan tokoh sebagai dokter hewan praktik, (2) pengaruh pekerjaan pengarang sebagai technical service dan medical representative terhadap pekerjaan tokoh sebagai technical service dan medical representative, dan (3) pengaruh pekerjaan pengarang sebagai wartawan terhadap pekerjaan tokoh sebagai wartawan . Ketiga pengaruh ideologi pengarang terhadap ideologi tokoh dalam novel Lanang mencakup pandangannya terhadap (1) konsep tentang Tuhan, (2) konsep hubungan antar manusia, dan (3) konsep hubungan dengan lingkungan.

Saran-saran yang dapat disimpulkan berdasarkan kesimpulan tersebut, yakni (1) peneliti berikutnya yang melakukan penelitian yang sejenis, disarankan untuk dapat menggunakan penelitian ini sebagai referensi penelitian dan  disertai pengembangan masalah dari sudut pandang yang berbeda, (2) hasil penelitian ini hendaknya bagi pemerhati sastra disarankan agar dapat digunakan sebagai salah satu referensi dalam memahami bentuk kajian sosiologi pengarang, dan (3) para guru SMP dan SMA/MA/SMK, disarankan dapat memanfaatkan hasil penelitian ini sebagai referensi dalam pengembangan bahan ajar, khususnya pengkajian sosiologi pengarang sebagai cerminan pengajaran unsur ekstrinsik sebuah novel.