SKRIPSI Jurusan Sastra Indonesia - Fakultas Sastra UM, 2007

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pembelajaran Menulis Cerpen di Kelas X SMA

Desiana Eka Mufida

Abstrak


Dalam pembelajaran sastra, cerita pendek merupakan salah satu sastra

yang paling diminati siswa dibandingkan sastra yang lain, karena bentuknya

ringkas dan mudah dipahami. Di samping itu, melalui pengalaman menulis

cerpen, siswa dapat mengekspresikan pengalaman emosional, intelektual, estetik,

dan imajinatifnya secara bebas. Tingkat SMA kelas X, salah satu kompetensi

dasar yang diajarkan dalam pembelajaran menulis sastra adalah menulis cerpen.

Untuk itu diadakanlah penelitian tentang Pembelajaran Menulis Cepen di Kelas X

SMA, mata pelajaran Bahasa Indonesia di SMA 1 Srengat Kabupaten Blitar

menggunakan kurikulum 2004. Pembelajaran menulis cerpen adalah proses yang

dilakukan guru untuk membelajarkan siswa yang diselenggarakan untuk

memperoleh pengetahuan tentang menulis cerpen.  

  Tujuan penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan perencanaan pembelajaran

menulis cerpen, (2) mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran menulis cerpen,

dan (3) mendeskripsikan penilaian pembelajaran menulis cerpen.

Rancangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah rancangan penelitian

deskriptif kualitatif. Data dalam penelitian ini adalah  (1) data rencana

pembeljaran menulis cerpen, (2) data prosedur pembelajaran menulis cerpen, dan

(3) data penilaian pembelajaran menulis cerpen. Sedangkan sumber data berupa

data dokumenter dan data empiris. Sumber data dokumenter berupa rencana

pembelajaran yang dibuat guru sebelum mengajar dan penilaian hasil

pembelajaran menulis cerpen. Sedangkan data empiris berupa prosedur

pembelajaran menulis cerpen dan penilaian proses yang diungkap melalui

observasi di kelas. 

  Hasil penelitian menunjukkan bahwa rumusan perencanaan tujuan

pembelajaran menulis cerpen didasarkan pada Kurikulum 2004. Rencana

pembelajaran yang disusun guru terdiri dari kompetensi dasar, hasil belajar,

tujuan, pemilihan materi dan media, perencanaan prosedur pembelajaran, dan

penilaian. Hasil belajar yang dirumuskan guru sesuai dengan Kompetensi Dasar

(KD) dan tujuan yang disusun guru sesuai dengan hasil belajar. Materi dan media

yang dirumuskan guru sesuai dengan tujuan pembelajaran, bermanfaat, dan

menarik minat siswa. Prosedur pembelajaran meliputi kegiatan pendahuluan,

kegiatan inti, dan kegiatan penutup. Rencana pada kegiatan pendahuluan terfokus

pada tujuan pembelajaran. Kegiatan inti yang disusun guru meliputi (1) siswa

menentukan topik cerpen, (2) siswa menulis kerangka cerpen, dan (3) siswa

menulis cerpen. Rencana kegiatan penutup yang dirumuskan guru yaitu

menyimpulkan dan memberikan penekenan materi penting terhadap 

pembelajaran yang telah dilaksankan. Perencanaan penilaian terdiri dari penilaian

hasil dan penilaian proses.    ii

Pelaksanaan pembelajaran menulis cerpen terdiri atas kegiatan

pendahuluan, kegiatan inti, dan kegiatan penutup.  Kegiatan pembelajaran dalam

kegiatan pendahuluan yaitu, pemfokusan tujuan pembelajaran, tanya jawab, dan

pemodelan. Pemfokusan tujuan dilakukan untuk mengarahkan pembelajaran,

tanya jawab bertujuan untuk mengetahui skemata siswa tentang cerpen, dan

pemberian model bertujuan merangsang minat siswa dalam pembelajaran menulis

cerpen. Tahapan yang dilakukan guru pada kegiatan inti yaitu, diskusi dan

kelompok belajar, membuat kerangka cerpen, presentasi, dan menulis cerpen.

Kegiatan penutup meliputi  kesimpulan terhadap pembelajaran yang telah

berlangsung dan tentang kesan siswa. 

Penilaian pembelajaran meliputi penilaian hasil dan penilaian proses.

Penilaian proses pembelajaran meliputi catatan partisipasi, motivasi, keseriusan,

dan inisiatif siswa, perkembangan siswa dalam menguasai pembelajaran menulis

cerpen. Penilaian hasil yang dilakukan oleh guru adalah hasil menulis cerpen.

Berdasarkan hasil penelitian ini, dapat disarankan agar guru melaksanakan

penilaian proses dan penilaian hasil yang telah dituliskan dalam RP. Penilaian

proses ini bertujuan untuk mengetahui perkembangan kompetensi siswa

sedangkan penilaian hasil bertujuan untuk memantau hasil prestasi siswa dalam

pembelajaran menulis cerpen.

Teks Penuh: DOC