SKRIPSI Jurusan Sastra Indonesia - Fakultas Sastra UM, 2010

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Peningkatan Kemampuan Membaca Intensif dengan Menggunakan Strategi DR-TA (Directed Reading-Thinking Activity) pada Siswa Kelas VIII SMPN 13 Malang.

YENNY KARTIKA SARI

Abstrak


ABSTRAK

 

Sari, Yenny Kartika. 2010. Peningkatan Kemampuan Membaca Intensif dengan Menggunakan Strategi DR-TA (Directed Reading-Thinking Activity) pada Siswa Kelas VIII SMPN 13 Malang. Skripsi. Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah, Jurusan Sastra Indonesia, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang. Pembimbing I: Prof. Dr. Maryaeni, M.Pd, pembimbing II: Drs. Dwi Saksomo, M.Si.

 

Kata Kunci : kemampuan membaca, membaca intensif, strategi DR-TA, SMP.

 

Permasalahan mendasar yang dijumpai di lapangan (siswa kelas VIII SMPN 13 Malang) adalah kemampuan membaca intensif. Baik dari informasi guru, pengamatan dan hasil tes awal menunjukkan bahwa kemampuan siswa kelas VIII E SMPN 13 Malang dalam membaca intensif masih relatif rendah. Dari sejumlah faktor yang diduga menjadi penyebabnya antara lain terkait dengan strategi pembelajaran. Salah satu strategi pembelajaran yang ditawarkan dalam penelitian ini adalah strategi DR-TA (Directed Reading-Thinking Activity). Berdasarkan uraian di atas, peneliti melakukan penelitian tindakan kelas dengan mengangkat permasalahan; (1) peningkatan kemampuan membaca intensif siswa kelas VIII SMPN 13 Malang setelah menggunakan strategi DR-TA (Directed Reading-Thinking Activity), (2) peningkatan kualitas proses belajar membaca intensif siswa kelas VIII SMPN 13 Malang dengan menggunakan strategi DR-TA.

Penelitian tindakan kelas ini dilakukan dalam dua tahap yaitu siklus I dan siklus II. Masing-masing siklus terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Pengambilan data melalui tes dan nontes. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII E SMPN 13 Malang tahun ajaran 2010/2011. Variabel dalam penelitian ini adalah keterampilan membaca intensif teks biografi tokoh dan penggunaan strategi DR-TA. Alat pengambilan data berupa pedoman observasi, wawancara, dan jurnal. Strategi DR-TA menuntut siswa terlibat aktif dengan pembelajaran. Hal itu dikarenakan strategi DR-TA melibatkan siswa dengan bacaan secara intensif. Sebelum membaca siswa membuat prediksi-prediksi dari petunjuk judul dan gambar, setelah itu mencocokkan prediksi tersebut dengan teks. Barulah setelah itu, siswa membaca teks utuh, lalu mengerjakn tes yang berkaitan dengan bacaan.

Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemampuan membaca intensif, dari kondisi awal ke siklus I dan ke siklus II. Dari hasil tes pada siklus I nilai rata-rata yang diperoleh sebesar 75. Dari 36 siswa, terbagi dalam 3 kelas interval yaitu berkriteria cukup ada 3 siswa atau sebesar 9%, berkriteria baik 25 siswa atau sebesar 69% dan berkriteria sempurna sebanyak 8 siswa atau sebesar 22%. Hasil analisis jurnal, observasi, angket dan wawancara menunjukkan adanya perubahan perilaku siswa kelas VIII SMPN 13 Malang. Perilaku negatif siswa menjadi positif. Pada pembelajaran membaca intensif teks biografi dengan strategi DR-TA para siswa
menjadi lebih aktif.

Sedangkan pada siklus II, nilai rata-rata yang diperoleh adalah 90. Siklus II hanya terbagi dua kelas interval yaitu 94% siswa berkriteria sempurna dan 6% siswa berkriteria baik. Proses pembelajaran juga meningkat, siswa sangat aktif dan sangat berantusias untuk segera memulai pembelajaran. Mereka juga semakin aktif dan semangat mengikuti pembelajaran membaca intensif teks biografi tokoh dengan menggunakan strategi DR-TA.

Berdasarkan hasil penelitian, dapat ditarik kesimpulan bahwa pembelajaran membaca intensif menggunakan strategi DR-TA dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII E SMPN 13 Malang. Nilai rata-rata siswa pada siklus I sebesar 75 atau 75% dan nilai rata-rata pada siklus II sebesar 90 atau 90%. Sehingga terjadi peningkatan nilai sebesar 15% dari nilai pada siklus I ke siklus II. Diharapkan strategi DR-TA ini dapat digunakan untuk dapat diterapkan pada mata pelajaran lainnya dan diperlukan penelitian lebih lanjut berkenaan dengan penggunaan strategi DR-TA.