SKRIPSI Jurusan Sastra Arab - Fakultas Sastra UM, 2010

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Penerapan Pembelajaran Kooperatif Model STAD Guna Meningkatkan Motivasi Belajar Bahasa Arab Siswa Kelas VIII A MTs Negeri Batu

Dhian Nofianti

Abstrak


Penerapan Pembelajaran Kooperatif Model Student Team Achievement Devision (STAD) Guna Meningkatkan Motivasi Belajar Bahasa Arab Siswa Kelas VIII A MTs Negeri Batu

 

Dhian Nofianti ¹

 

Abstract: The problem found in the eighth grade of MTs Negeri Batu, especially class VIII A, the low motivation of study in Arabic language, to overcome this problem, STAD model cooperative learning was conducted. This model consist of that is: (1) class presentation, (2) group learning, (3) test or quiz, (4) individual improvement point, (5) group recognition. The purpose of this research is to find the procedure of implementation the STAD model cooperative learning in Arabic language learning and to increase of the motivation of study in Arabic language by applying STAD model cooperative learning. The research used the qualitative research approach with in action research. This research was conducted in 3 cycles. Cycles I was conducted on may 8, 2010 and cycles II on may 11, 2010 while cycles III conducted on 12 may 2010. The result of the research is the teacher (researcher) has been done all the procedure that has been done in STAD, while the student activates at first cycles up to 3rd cycles is improved, the Arabic learning motivation of student conclude of the sub variable, pusher, mover, curious,  spirit, willing and stimulation are improving in each cycles. Before implementing the STAD model cooperative learning from first cycles is increasing 14%, cycles I to cycles II is 32%, and cycles II to cycles III 18%. In conclusion, this research show that the implementation of STAD model cooperative learning does improved students motivation class VIII A MTs Negeri Batu, so the cooperative learning of this model can be encouraged as the alternative implementation as Arabic learning. Based on the result also there are some suggestion in arranging the times as well in each level of learning and the teacher’s creativity in giving the reword.

 

Key word: STAD model cooperative learning, motivation.

 

Mengajar adalah suatu aktivitas mengorganisasikan atau mengatur lingkungan sebaik-baiknya dan menghubungkan dengan anak, sehingga terjadi proses belajar. Atau dikatakan, mengajar sebagai upaya menciptakan kondisi yang kondusif untuk berlangsungnya kegiatan belajar bagi para siswa. Kondisi itu diciptakan sedemikian rupa sehingga membantu perkembangan anak secara optimal baik jasmani maupun rohani, baik fisik maupun mental (Sardiman, 2007:48). Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan penulis pada siswa kelas VIII A Madrasah Tsanawiyah Negeri Batu, para siswa tampak sangat terbebani dan kesulitan mengikuti pelajaran bahasa Arab. Bahkan mereka merasa bahwa bahasa Arab adalah pelajaran yang sangat tidak menyenangkan dan tidak begitu penting dalam kehidupan sehari-hari mereka, sehingga para siswa malas belajar dan pada akhirnya dapat menurunkan prestasi belajar mereka.Dalam proses pembelajaran bahasa Arab di kelas VIII A Madrasah Tsanawiyah Negeri Batu, para siswa kurang termotivasi. Hal ini dapat dilihat dari banyaknya siswa yang datang terlambat ketika jam pelajaran bahasa Arab dimulai, bahkan saat pembelajaran berlangsung siswa sering meminta ijin untuk meninggalkan kelas dengan berbagai macam alasan. Siswa hanya masuk, duduk, dan diam. Sesekali berbincang dengan teman sebangku atau teman yang duduknya saling berdekatan. Sedangkan penjelasan guru seringkali tidak dihiraukan. Tidak ada interaksi antar siswa untuk melakukan aktivitas yang dapat membantu memperingan beban kesulitan dalam menghadapi pelajaran bahasa Arab. Hal tersebut antara lain dipicu oleh latar belakang pendidikan siswa yang heterogen sebagian besar dari SD dan yang lain dari MI. Di samping itu ada anggapan dari siswa bahwa bahasa Arab adalah pelajaran yang sulit. Para siswa juga hanya dijejali dengan teori-teori yang ada dalam LKS tanpa adanya perbandingan dari sumber yang lain, tugas-tugas yang banyak serta pembelajaran yang terkesan membosankan. Berangkat dari permasalahan tersebut di atas maka guru sebaiknya melakukan perbaikan metode pembelajarannya agar siswa termotivasi dalam belajar bahasa Arab. Model pembelajaran yang tepat dalam menghadapi masalah di atas adalah dengan pembelajaran kooperatif model Student Teams Achievement Divisions (STAD). Karena pembelajaran kooperatif  merujuk pada berbagai macam metode pengajaran, di mana para siswa bekerja dalam kelompok-kelompok kecil untuk saling membantu satu sama lainnya dalam mempelajari materi pelajaran. Dalam kelas kooperatif para siswa diharap saling membantu, saling mendiskusikan dan berargumentasi, untuk mengasah pengetahuanyang mereka ketahui saat itu dan menutup kesenjangan dalam pemahaman masing-masing (Savlin, 2008:4). Berdasarkan uraian tersebut, penelitian dengan judul “Penerapan Pembelajaran Kooperatif Model STAD Guna Meningkatkan Motivasi Belajar Bahasa Arab Siswa Kelas VIII A Madrasah Tsanawiyah Negeri Batu” ini perlu dilakukan.