SKRIPSI Jurusan Sastra Arab - Fakultas Sastra UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Analisis Makna Kata Al-Mulk dan Derivasinya dalam Al-Quran Berdasarkan Tafsir Ibnu Katsir dan Al-Jalalain

muhammad zainul amin

Abstrak


Dalam memahami Al-Quran terdapat ilmu tafsir yang membahas berbagai kajiannya termasuk kajian makna. Banyak makna kata di Al-Quran yang membutuhkan penafsiran makna, salah satunya kata al-Mulk. Kata al-Mulk memiliki makna kebahasaan yaitu kekuasaan dan kerajaan, Arti makna tersebut dalam Al-Qur’an disamping memakai kata al-Mulk  dengan pengertian asli (haqiqi), juga memakainya dalam konotasi (majazi).

Dengan demikian, penelitian ini secara umum memiliki tujuan (1) mendeskripsikan bentuk kata al-Mulk dan derivasinya dalam Al-Quran, (2) mendeskripsikan sebaran dan makna kata al-Mulk dan derivasinya dalam Al-Quran. (3) menseskripsikan makna kata al-Mulk dan derivasinya dalam Al-Quran. 

Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskriptif kualitatif. Data penelitian berupa ayat Al-Quran yang mengandung kata Al-Mulk dan derivasinya. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah berupa human instrument yaitu peneliti sendiri yang berperan sebagai pengumpul data. teknik pengumpulan data meliputi peneliti mencari, mengkarifikasi, serta mengidentifikasi kata al-Mulk dan derivasinya. Teknik analisis data meliputi mengumpulkan hasil temuan, menganalisa, membahas, serta menyimpulkan hasil penelitian.

Penelitian ini menghasilkan temuan tentang jumlah kata al-Mulk dan derivasinya dalam Al-Quran dan deskripsi makna kata al-Mulk dan derivasinya dalam Al-Quran. Secara garis besar tidak ada banyak perbedaan antara kedua tafsir. kata al-Mulk dan derivasinya terdapat 216 kata yang tersebar dalam 179 ayat dan 38 surat dalam Al-Quran. Kata Mulk dan derivasinya terbagi menjadi 3 nomina 2 verba yang meliputi: 1)  isim mashdar (Mulk, Malk, Malak, Malakut, Malaikat, Mulu;k, Malakat), 2) isim fail (Ma;lik, Malik, Mali;k), 3) isim maf’ul (Mamlu;k). Bentuk verba pada derivasi kata Al-Mulk ada 2, yaitu: 1) fiil madli (malakat, malaktum), 2)  fiil mudlori’(yamliku, yamliku;na). Makna raja, denotasi kata al-Mulk dan derivasinya terdapat 202 kata dengan makna kekuasaan, kerajaan, mampu, memiliki. Sedangkan makna konotasi (majazi) kata al-Mulk dan derivasinya ditemukan 17 kata maknanya adalah: Tuhan, Raja (Allah) Raja Mesir, Raja Dikianus (raja kafir), Raja Thalut, merdeka, malaikat (dalam bentuk jama’) artinya tunggal, malaikat (bentuk tunggal) artinya jama’.

Oleh karena itu disarankan bagi peneliti lain yang memiliki penelitian sejenis, hendaknya tidak meneliti kata yang sama dengan penelitian ini dan tidak hanya focus pada penelitian semantik saja, akan tetapi padabidang lain juga seperti bidang ilmu balaghah. Selain itu peneliti juga diharapkan untuk mengkaji lebih dalam untuk menganalisis data dengan menggunakan referensi-referensi yang valid dan terpercaya agar tidak banyak terjadi kesalahan.