SKRIPSI Jurusan Sastra Arab - Fakultas Sastra UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Stilistika dalam Qashidah Muhammadiyah karya Imam Abdur Rahman Al-Bushiri serta penerapannya dalam pembelajaran balaghah

yanti Rima Rahma

Abstrak


RINGKASAN

Yanti, Rima Rahma. 2019. Stilistika dalam Qashidah Muhammadiyah Karya Imam Abdur Rahman Al-Bushiri dan Penerapannya dalam Pembelajaran Balaghah. Skripsi, Jurusan Sastra Arab, Program S1 Pendidikan Bahasa Arab. Fakultas Sastra. Universitas Negeri Malang. Dosen Pembimbing: (1) Dr. Hanik Mahliatussikah., M.Hum (2) Laily Maziyah., S.Pd.,M.Pd.

Kata Kunci: stilistika, qashidah muhammadiyah, gaya bahasa, pembelajaran balaghah.

Kajian stilistika merupakan salah satu studi sastra yang mengkaji tentang gaya bahasa yang ada dalam sebuah karya sastra. Qashidah Muhammadiyah karya Imam Abdur Rahman Al-Bushiry merupakan sebuah karya yang mewakili karya sastra yang dapat dianalisa dengan kajian stilistika. Qashidah ini berisi tentang puji-pujian terhadap nabi Muhammad SAW serta menceritakan tentang pribadi beliau. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan

(1) gaya bahasa yang digunakan dalam Qashidah Muhammadiyah karya Imam Abdur Rahman Al-Bushiri,

(2) fungsi gaya bahasa yang digunakan dalam Qashidah Muhammadiyah karya Imam Abdur Rahman Al-Bushiri, dan

(3) penerapan gaya bahasa yang digunakan dalam Qashidah Muhammadiyah karya Imam Abdur Rahman Al-Bushiri dalam pembelajaran balaghah.

Penelitian ini termasuk penelitian kepustakaan yang menggunakan pendekatan kualitatif. Data dalam penelitian ini adalah gaya bahasa yang ada pada Qashidah Muhammadiyah, fungsi gaya bahasa yang ada pada Qashidah Muhammadiyah, serta penerapannya dalam pembelajaran balaghah. Sumber data dalam penelitian ini adalah Qashidah Muhammadiyah karya Imam Abdur Rahman Al-Bushiry. Instrumen utama dalam penelitian ini adalah  peneliti sendiri dan instrumen pembantu berupa tabel penjaringan data untuk memudahkan peneliti dalam mengumpulkan data. Pengumpulan data diawali dengan menganalisis secara menyeluruh terhadap Qashidah Muhammadiyah, mencatat dan mengklasifikasikan data dengan bantuan tabel penjaringan data, kemudian menganalisa data yang didapatkan dan dilanjutkan dengan penarikan kesimpulan dari kegiatan analisis yang telah dilakukan.

 Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam Qashidah Muhammadiyah terdapat berbagai macam gaya bahasa:

(1) gaya bahasa dilihat dari perspektif ilmu maani meliputi kalam khabar, tikrar, fashl, dan ijaz,

(2) gaya bahasa dilihat dari perspektif muhassinat lafdziyah yaitu  saja’,

(3) gaya bahasa dilihat dari perspektif muhassinat ma’nawiyah dan ilmu bayan meliputi thibaq, majaz lughawi, mubalaghah, dan tasybih. Selain jenis gaya bahasa, peneliti juga menemukan fungsi gaya bahasa yang digunakan dalam qashidah tersebut. Adapun hasil penelitian yang didapatkan dapat dijadikan sebagai bahan ajar dalam pembelajaran balaghah.

Berdasarkan hasil penelitian tersebut disarankan kepada:

1) peneliti selajutnya yang ingin melakukan penelitian serupa dengan objek yang berbeda hendaknya menentukan konsep penelitian yang akan dipakai dan perencanaan yang matang.

2) bagi mahasiswa jurusan Sastra Arab yaitu kajian semacam ini perlu dilakukan sebagai salah satu upaya dalam mengembangkan keilmuan dibidang sastra Arab