SKRIPSI Jurusan Sastra Arab - Fakultas Sastra UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGEMBANGAN BUKU "AKU PINTAR MENULIS HURUF ARAB" UNTUK SISWA KELOMPOK B TK MADINAH MALANG

Mahila Tatik

Abstrak


RINGKASAN

Mahila, Tatik. 2019. Pengembangan Buku “Aku Pintar Menulis Huruf Arab” untuk Siswa Kelompok B TK Madinah Malang. Skripsi, Jurusan Sastra Arab, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dra. Nur Anisah Ridwan, M.Pd. (II) Dr. Lilik Nur Kholidah, S.Pd. M.Pd.I.

Kata Kunci: buku, menulis, huruf Arab

Bahasa Arab kini telah diajarkan di lembaga Taman Kanak-kanak sebagai persiapan anak untuk memasuki jenjang berikutnya. Kemampuan membaca huruf Arab anak usia dini sudah cukup memadai karena terdapat bahan ajar yang digunakan  untuk membaca Al-Qur’an. Sedangkan kemampuan menulis mereka masih cukup rendah, sebab belum ada bahan ajar khusus yang digunakan dalam pembelajaran menulis huruf Arab. Oleh karena itu, perlu adanya pengembangan buku ajar yang dapat membantu jalannya proses pembelajaran menulis agar anakanak terbiasa menulis huruf Arab dengan benar sejak dini. Tujuan penelitian ini untuk mengembangkan buku “Aku Pintar Menulis Huruf Arab” untuk siswa kelompok B TK Madinah Malang serta mendeskripisikan tingkat kelayakan buku tersebut.  Penelitian ini menggunakan metode penelitian pengembangan (Research and Development) dari model Borg and Gall yang dimodifikasi berdasarkan kebutuhan peneliti. Subjek penelitian ini adalah siswa kelompok B TK Madinah Malang dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi dan pemberian angket validasi. Data yang diperoleh berupa data kuantitatif dan data kualitatif. Data kuantitatif  berupa persentase dari hasil analisis angket dari dua ahli dan praktisi. Sedangkan data  kualitatif  berupa saran, kritik, serta komentar yang diperoleh dari hasil penilaian uji ahli dan uji lapangan. Adapun teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kuantitatif dan analisis deskriptif kualitatif. Penelitian ini menghasilkan buku “Aku Pintar Menulis Huruf Arab” yang terdiri dari delapan bab sebagai berikut

(1) pra menulis,

(2) mengenal huruf lepas dan harakat fathah, kasrah, dan dlammah,

(3) mengenal huruf sambung dan harakat tanwin, sukun, tasydid,

(4) mengenal angka Arab,

(5) warna,

(6) kendaraan,

(7) alam semesta, dan

(8) binatang. Berdasarkan hasil uji kelayakan dari ahli materi, ahli media, dan uji lapang, diperoleh hasil sebagai berikut: penilaian ahli materi 52.94% dengan kategori kurang layak. Penilaian ahli media 85.88% dengan kriteria sangat layak, dan dari hasil uji lapang, praktisi memberi penilaian 80% dengan kategori sangat layak. Berdasarkan hasil penelitian, maka disarankan kepada

(1) guru agar menggunakan buku “Aku Pintar Menulis Huruf Arab” dalam proses pembelajaran, dan

(2) peneliti selanjutnya agar mengembangkan buku berdasarkan tema yang ada di Taman Kanak-kanak dengan kemahiran yang lainnya.