SKRIPSI Jurusan Sastra Arab - Fakultas Sastra UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Penerapan Pair Checks dengan Permainan Mengisi Pesan Gambar untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Deskripsi Arab Siswa MTsN 2 Kota Malang

INDAH SRI RAHAYU

Abstrak


Kata Kunci : Keterampilan menulis deskripsi, Metode pair checks, Permainan mengisi pesan gambar

Berdasarkan hasil wawancara dengan guru pelajaran bahasa Arab MTsN 2 Malang diperoleh bahwa metode pembelajaran yang digunakan terbatas pada metode ceramah, terjemah, drill dan tanya jawab, di samping itu latihan-latihan menulis yang diberikan dianggap kurang. Sedangkan berdasarkan hasil observasi ketika pembelajaran berlangsung diperoleh bahwa minat siswa dalam belajar bahasa Arab dan kemampuan menulis Arab tergolong rendah, seperti menulis kata dan menyusun kalimat menjadi paragraf.

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan:

(1) penerapan metode pair checks dengan menggunakan permainan mengisi pesan gambar dalam pembelajaran bahasa Arab untuk siswa kelas VII-D MTsN 2 Kota Malang,

(2) peningkatan kemampuan menulis karangan deskriptif berbahasa Arab siswa kelas VII-D MTsN 2 Kota Malang setelah diterapkan metode pair checks dengan permainan mengisi pesan gambar dalam pembelajaran bahasa Arab.

Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas (PTK), yang dilaksanakan dalam dua siklus, setiap siklus terdiri atas dua kali pertemuan. Data dalam penelitian ini berjenis kuantitatif yang berkaitan dengan rata-rata hasil nilai post-test dan kualitatif yang berkaitan dengan kegiatan siswa selama pembelajaran bahasa Arab dengan diterapkannya metode pair checks dan permainan mengisi gambar.

Tahap-tahap penelitian meliputi:

(1) perencanaan,

(2) pelaksanaan tindakan,

(3) observasi, dan

(4) refleksi.

Tehnik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah:

(1) wawancara,

(2) tes,

(3) observasi,

(4) pemberian angket.

Hasil penelitian yangpertamamenunjukkanpenerapan metode pair checks dengan permainan mengisi pesan gambar untuk meningkatkan kemampuan menulis teks deskripsi pada siklus I belum terlaksana dengan maksimal. Hal tersebut dapat dilihat dari beberapa siswa yang belum memahami alur penerapan metode pair check dengan permainan mengisi pesan gambar dan alokasi waktu yang kurang tertata. Kemudian pada siklus II, permasalahan tersebut dapat diperbaiki, siswa mampu memahamilangkah-langkah dari metode pair checks dan permainan mengisi pesan gambarserta alokasi waktu sudah dimanfaatkan dengan baik oleh guru.

Hasil penelitian yang kedua menunjukkan bahwa kemampuan menulis teks deskripsi berbahasa Arab siswa meningkat setelah diterapkan metode pair checks dan permainan mengisi pesan gambar. Sebab peningkatan tersebut adalah media berupa gambar yang digunakan sesuai dengan tujuan pembelajaran, yaitu mengembangkan kemampuan menulis melalui menulis karangan deskriptif sertametode yang digunakan sesuai dengan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai, yaitu meningkatkan minat dan semangat dalam belajar bahasa Arab. Selain itu latihan-latihan yang diberikan pada siswa dianggap cukup.Hal tersebut dibuktikan dari hasil nilai rata-rata siswa pada siklus I dan post-test siklus II. Pada post-test siklus I nilai rata-rata siswa sebesar 83%, sedangkan pada siklus II meningkat menjadi 88%. Nilai rata-rata tersebut telah mencapai nilai standar ketuntasan minimal (SKM) yang ditentukan, yaitu 80.

 

Berdasarkan hasil penelitian diatas, disarankan kepada guru bahasa Arab MTsN 2 Kota Malang untuk menerapkan metode pair checks yang dikombinasikan dengan berbagai permainan salah satunya permainan mengisi pesan gambar sebagai alternatif metode dalam pembelajaran bahasa Arab khususnya pada maharah kitabah, sedangkan untuk peneliti selanjutnya dapat melakukan penelitian dengan menerapkan metode pair checks pada keterampilan berbahasa lainnya.