SKRIPSI Jurusan Sastra Arab - Fakultas Sastra UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Penggunaan Scrabble Untuk Meningkatkan Kualitas Proses dan Hasil Belajar Siswa Kelas XI MAN Gondanglegi Terhadap Pembelajaran Qowaid

BADRIATUL AMALIA ROMADHON

Abstrak


Penelitian ini berlatar belakang pada kesulitan siswa terhadap pembelajaran qawaid (kaidah bahasa Arab). Hal ini dikarenakan interaksi belajar mengajar yang berjalan dari satu arah dan siswa hanya melakukan latihan-latihan tertulis dan menghafalkan kata atau kaidahnya saja, sehingga siswa menjadi kurang aktif dalam pembelajaran. Akibatnya kemampuan berbahasa mereka kurang optimal.

Media yang digunakan dalam penelitian ini adalah media permainan papan scrabble. Scrabble adalah permainan menyusun kata di atas papan berkotak-kotak (15 kolom dan 15 baris) yang dimainkan 2 atau 4 orang. Penelitian Tindakan Kelas initerdiri atas dua siklus.Penelitian dilakukan untuk meningkatkan kualitas proses dan hasil belajar siswa terhadap pembelajaran qawaid. Instrumen yang digunakan berupa lembar observasi, wawancara, dan tes.

Penelitian ini bertujuanuntuk:

(1) menggunakan media scrabble pada siswa kelas XI agama 2 MAN Gondanglegi pada pembelajaran qawaid,

(2) meningkatkan kualitas proses belajarqawaid bahasa arab pada siswa kelas XI agama 2 MAN Gondanglegi,

(3) meningkatkan hasil belajar qawaid bahasa arab pada siswa kelas XI agama 2 MAN Gondanglegi.

Setelah dilakukan analisis data dapat disimpulkan bahwa:

(1) media permainan scrabble digunakan secara berkelompok, dan tiap kelompok mempresentasikan hasil yang telah ditulis di atas papan scrabble,

(2) kualitas proses belajar siswa mengalami peningkatan sebesar 4.3%, hal ini dapat dilihat dari lembar observasi siswa yang telah diamati,

(3) hasil belajar siswa terhadap pembelajaran qawaid setelah diterapkannya media permainan scrabble meningkat, hal ini bisa dilihat pada peningkatan nilai tes yang telah dilakukan siswa sebesar 7,1%. Maka dapat ditarik kesimpulan bahwa penggunaan media permainan scrabble di kelas XI MAN Gondanglegi berpengaruh positif.

 

Berdasarkan hasil penelitian ini disarankan kepada guru bahasa Arab bisa memilih metode yang sesuai dengan karakteristik siswa dan materi yang akan dipelajari. Peneliti berharap media papan scrabble ini juga digunakan dalam meningkatkan kualitas proses dan hasil belajar siswa terhadap qawaid, agar siswa merasa lebih termotivasi dan bersemangat saat proses belajar mengajar berlangsung, dan untuk kepala sekolah diharapkan media permainan scrabble digunakan sebagai bahan pertimbangan untuk guru dalam meningkatkan kualitas pembelajaran, bagi peneliti selanjutnya penelitian ini bisa dijadikan sebagai salah satu rujukan dan diharapkan untuk meneliti bidang lainya dengan menggunakan media semacam ini.