SKRIPSI Jurusan Sastra Arab - Fakultas Sastra UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

penerapan media smart card untuk meningkatkan penguasaan kosakata bahasa arab siswa kelas iii mi miftahul huda gresik

Faridah Nadiah

Abstrak


RINGKASAN

Faridah, Nadiah 2019. Penerapan Media Smart Card untuk Meningkatkan Penguasaan Kosakata Bahasa Arab (Mufrodat) Siswa Kelas III MI Miftahul Huda Gresik. Skripsi, Jurusan Sastra Arab, Program S1 Pendidikan Bahasa Arab. Fakultas Sastra. Universitas Negeri Malang. Dosen pembimbing : (1) Dra. Nur Anisah Ridwan, M.Pd, (2) Dr. Lilik Nur Kholidah, M.Pd.

 

Kata Kunci : Media Smart Card, Kosakata, MI Miftahul Huda.

Berdasarkan hasil observasi dan wawancara kepada guru bahasa Arab kelas III yang dilakukan oleh peneliti terhadap pembelajaran kosakata bahasa Arab (mufrodat)  siswa kelas III MI Miftahul Huda, diketahui bahwa kurangnya minat siswa dalam mempelajari bahasa Arab disebabkan karena siswa merasa kesulitan dalam mempelajari bahasa Arab. Hal ini terlihat dari respon siswa yang kurang aktif pada saat proses pembelajaran berlangsung, kemudian penguasaan kosakata bahasa Arab (mufrodat) yang rendah disebabkan karena kurangnya kreativitas guru dalam menyampaikan materi. Hal ini terbukti dari nilai hasil pretest siswa yang rendah. Selain itu, guru hanya menggunakan metode demonstrasi dan tidak menggunakan media dalam proses pembelajaran.

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan:

(1) pembelajaran kosakata bahasa Arab (mufrodat) siswa kelas III di MI Miftahul Huda,

(2) penerapan media smart card untuk meningkatkan kosakata bahasa Arab (mufrodat) siswa kelas III MI Miftahul Huda,

(3) peningkatan hasil belajar  kosakata bahasa Arab (mufrodat) siswa kelas III MI Miftahul Huda setelah diterapkan media smart card. 

Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian tindakan kelas dilaksanakan sebanyak dua siklus, setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Tahap-tahap penelitian meliputi :

(1) perencanaan,

(2) pelaksanaan (implementasi),

(3) pengamatan (observasi) , dan

(4) refleksi.

Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah

(1) wawancara,

(2) pengamatan,

(3) pemberian tes, dan

(4) angket.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan media smart card untuk meningkatkan penguasaan kosakata bahasa Arab (mufrodat) pada siklus I belum terlaksana dengan maksimal. Hal ini terlihat dari beberapa siswa yang masih ramai pada saat pembelajaran berlangsung. Akan tetapi pada siklus II, permasalahan tersebut dapat diperbaiki, siswa menjadi lebih tertib dan aktif dalam mengikuti pembelajaran.

Dari segi peningkatan hasil belajar kosakata bahasa Arab (mufrodat), diketahui bahwa hasil belajar siswa pada setiap siklusnya mengalami peningkatan yang signifikan. Nilai standard ketuntasan minimal (SKM) yang ditentukan adalah 70. Berdasarkan pre-test didapatkan peningkatan nilai rata-rata, hasil pre test belum mencapai SKM, sedangkan hasil dari post test I dan post test II sudah mencapai dan melebihi nilai SKM yang telah ditentukan.

 

Berdasarkan hasil penelitian diatas, disarankan kepada guru bahasa Arab untuk menerapkan media smart card di seluruh kelas yang ada di MI Miftahul Huda, kemudian disarankan juga kepada guru untuk menyediakan variasi media pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan siswa, dan disarankan kepada peneliti selanjutnya dapat meningkatkan media smart card yang lebih menarik lagi untuk pembelajaran bahasa Arab pada keterampilan menulis, menyimak, dan membaca.