SKRIPSI Jurusan Sastra Arab - Fakultas Sastra UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Penerapan Metode Permainan Bisik Berantai untuk Meningkatkan Keterampilan Menyimak Siswa Kelas V B MI At Taraqqie Putra Klojen Malang

roziq . khoirur

Abstrak


ABSTRAK

Roziq, Khoirur. 2018. Penerapan Metode Permainan Bisik Berantai untuk Meningkatkan Keterampilan Menyimak Siswa Kelas V B MI At Taraqqie Putra Klojen Malang. Skripsi, Jurusan Sastra Arab, Program S1 Pendidikan Bahasa Arab. Fakultas Sastra. Universitas Negeri Malang. DosenPembimbing : (1) Dr. Irhamni, M.Pd, (2) Dr. Ahmad MunjinNasih, M.Ag.

Kata Kunci :permainanbisik berantai, keterampilan menyimak

Berdasarkan pada hasilwawancara dan observasiawal yang dilakukanpenelitidengan guru pengampubahasa Arab di kelas V B MI AtTaraqqieputraKlojen Malang, ditemukanbahwametode yang digunakan guru pengampudalampembelajaranbahasa Arab pada keterampilanmenyimakdidominasi oleh metodeceramah dan demonsratif. Hal inidinilaikurangdalamhalmenarikminat dan semangatbelajarsiswa, khususnyadalamketerampilan menyimak bahasa Arab.Penelitianinibertujuanuntuk: (1) Mendeskripsikanpenerapanmetodepermainanbisikberantaiuntukmeningkatkan keterampilan menyimak, dan (2) Mendeskripsikanpeningkatanketerampilanmenyimakmelaluipenerapanmetodepermainanbisikberantai.

Penelitianinimenggunakanrancanganpenelitiantindakankelas (PTK). Penelitiantindakankelasdilaksanakandalamduasiklus, dalamsetiapsiklusdilaksanakandua kali pertemuan. Tahap-tahappenelitianmeliputi:

(1) perencanaan,

(2) pelaksanaantindakan,

(3) pengamatan, dan

(4) refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakandalampenelitianiniadalah:

(1) wawancara,

(2) observasi,

(3) angket,

(4) tes.

Hasil penelitianmenyebutkanbahwapenerapan metode permainan bisik berantai untuk meningkatkan keterampilan menyimak pada siklus I belumterlaksanasecaramaksimal. Hal initerlihatdaribeberapasiswa yang masihkurangberminatdalammengikutipembelajaran. Namun pada siklus II, permasalahantersebutdapatdiperbaikikembali, siswamenjadilebihtertib dan antusiasdalammengikutipembelajaran.Dari segipeningkatanhasilbelajar, diketahuibahwahasilbelajarbahasa Arab siswa pada tiapsiklusnyamengalamipeningkatan. Nilai standarketuntasan minimal (SKM) yang ditentukanadalah 75. Berdasarkan pretest dan post testdidapatkanpeningkatannilai rata-rata, hasil pretest dan post test I belummencapai SKM, sedangkanpost test II nilaisudahmengalamipeningkatan dan melebihinilai SKM yang ditentukan.

Berdasarkanhasilpenelitin di atas, disarankankepadaguru mata pelajaran bahasa Arab sebaiknyalebihmengertikebutuhansiswa di kelas, agar dapatmemilihmetode yang sesuai dan menarikminatbelajarsiswa dengan mengembangkanmetodeatau media-media pembelajaran  yanglain dan lebihbervariasi, agar siswatidakmudahjenuh dan malas pada saatberlangsungnyapembelajaranbahasa Arab. Kemudian disarankan untuk peneliti lain diharapkanmampumengembangkanmetode permainan bisik berantai, agar permainanbisik berantaidapatdigunakan pada keterampilan-keterampilanlainnya.