SKRIPSI Jurusan Sastra Arab - Fakultas Sastra UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Media Kalender Huruf Hijaiyyah Untuk Pembelajaran Membaca Huruf Arab Bagi Siswa Tunarungu

iftirohatul adhimah

Abstrak


ABSTRAK

 

Bahasa Arab begitu penting dalam interaksi maupun dalam kehidupan beragama, khususnya agama Islam, sehingga setiap muslim perlu dan butuh untuk mempelajari bahasa Arab. Di sisi lain, tidak semua orang muslim mempunyai kesempurnaan dalam berbahasa karena beberapa keterbatasan yang ada padanya sejak lahir maupun karena kecelakaan. Sebagian orang tidak bisa melakukan empat keterampilan berbahasa tersebut secara keseluruhan. Salah satunya adalah seseorang yang mengalami cacat pendengaran (tunarungu). Seorang tunarungu hanya dapat melihat tulisan di hadapannya, menirukan, dan membacanya. Sedangkan, huruf Arab atau huruf hijaiyyah mempunyai karakteristik yang berbeda dengan huruf latin yang biasa dipelajari siswa tunarungu, baik dari segi bentuk, arah penulisan, maupun cara bacanya.

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media kalender huruf hijaiyyah untuk pembelajaran membaca huruf Arab bagi siswa tunarungu, mendeskripsikan penggunaan produk, dan mendeskripsikan efektivitas media tersebut. Metode penelitian dan pengembangan yang digunakan peneliti, adalah metode R & D Borg and Gall yang telah dimodifikasi oleh peneliti karena adanya keterbatasan waktu, tenaga, dan dana. Prosedur penelitian dan pengembangan yang dilakukan peneliti adalah: (1) analisis kebutuhan, (2) pengembangan produk, (3) uji validasi, (4) revisi hasil validasi, (5) ujicoba produk, (6) revisi akhir, dan (7) produk akhir.

Subjek penelitian ini adalah ahli media, ahli materi, ahli materi dan pembelajaran anak berkebutuhan khusus (ABK), serta guru mata pelajaran agama Islam dan siswa tunarungu di SLB-B Dharma Wanita Sidoarjo. Data yang didapatkan peneliti berupa data kuantitatif dan kualitatif. Data kuantitatif berasal dari hasil penilaian angket ahli media, ahli materi, ahli materi dan pembelajaran ABK, guru, dan siswa. Data kualitatif berasal dari kritik dan saran para dosen ahli. Teknik pengumpulan data berupa teknik wawancara, observasi, dan penyebaran angket. Sedangkan, Teknik analisis data yang digunakan adalah Teknik analisis data model interaktif.

Produk yang dihasilkan dari penelitian ini berupa kalender huruf hijaiyyah yang terdiri atas 6 bagian, yaitu: (1) standar operasional produk, (2) transliterasi Arab-Latin-bahasa isyarat, (3) latihan membaca bagi pemula, (4) latihan membaca pendalaman, (5) bacaan do’a-do’a sholat dan surat pendek dalam Al-Qur’an, dan (6) biodata peneliti. Berdasarkan hasil uji validasi oleh ahli media diperoleh tingkat validitas sebesar 83%, oleh ahli materi diperoleh tingkat validitas sebesar 80%, oleh ahli materi dan pembelajaran ABK diperoleh tingkat validitas sebesar 78%, dan hasil ujicoba lapangan oleh praktisi pembelajaran memenuhi tingkat kelayakan sebesar 83% dengan kategori efektif dan dapat dinyatakan bahwa media kalender huruf hijaiyyah layak digunakan sebagai media pembelajaran membaca huruf Arab bagi siswa tunarungu.

Peneliti menyarankan agar media kalender huruf hijaiyyah dimanfaatkan dalam pembelajaran membaca huruf Arab bagi pemula di setiap SLB-B, khususnya SLB-B Dharma Wanita Sidoarjo. Diharapkan media ini dapat menjadi referensi bagi penelitian berikutnya yang dilakukan oleh civitas akademik Jurusan Sastra Arab maupun Jurusan Pendidikan Luar Biasa.