SKRIPSI Jurusan Sastra Arab - Fakultas Sastra UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Media Kalender Huruf Hijaiyyah untuk Pembelajaran Membaca Huruf Arab bagi Siswa Tunarungu

Iftirohatul Adhimah

Abstrak


ABSTRAK

 

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengembangkan media kalender huruf hijaiyyah‎ untuk pembelajaran membaca huruf Arab bagi siswa tunarungu, (2) mendeskripsikan penggunaan media kalender huruf hijaiyyah, dan (3) mendeskripsikan efektivitas media tersebut. Metode penelitian yang digunakan adalah metode R & D Borg and Gall yang telah dimodifikasi oleh peneliti karena adanya keterbatasan waktu, tenaga, dan dana. Produk yang dihasilkan dari penelitian ini berupa kalender huruf hijaiyyah yang terdiri atas 6 bagian, yaitu: (1) standar operasional produk, (2) transliterasi Arab – Latin – bahasa isyarat, (3) latihan membaca bagi pemula, (4) latihan membaca pendalaman, (5) bacaan do’a-do’a sholat dan surat pendek dalam Al-Qur’an, serta (6) biodata peneliti. Berdasarkan hasil uji validasi pada para ahli dan hasil uji coba lapangan, dari ahli media diperoleh tingkat validitas 83%, dari ahli materi diperoleh 80%, dari ahli materi dan pembelajaran anak berkebutuhan khusus diperoleh 78%, serta dari hasil uji coba lapangan diperoleh tingkat kelayakan 83% dengan kategori efektif dan dapat dinyatakan bahwa media kalender huruf hijaiyyah layak digunakan sebagai media pembelajaran membaca huruf Arab bagi siswa tunarungu.

[1]Mahasiswa Prodi S1 Pendidikan Bahasa Arab, Jurusan Sastra Arab, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang [2]Dosen Jurusan Sastra Arab, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang (Pembimbing 1) [3]DosenJurusan Sastra Arab,Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang (Pembimbing 2)