SKRIPSI Jurusan Sastra Arab - Fakultas Sastra UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN INKUIRI MEMANFAATKAN MEDIA GAMBAR BERSERI UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS BAHASA ARAB PADA SISWA KELAS X MAN 1 JOMBANG

subkhi rok'atin

Abstrak


ABSTRAK

 

Rok’atin, Subkhi. 2018. Penerapan Strategi Pembelajaran Inkuiri Memanfaatkan Media Gambar Berseri untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Bahasa Arab Pada Siswa Kelas X MAN 1 Jombang, Skripsi. Jurusan Sastra Arab, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Dra. Nur Anisah Ridwan, M.Pd. (2) Dr. Lilik Nur Kholidah, M.Pd.I.

 

Kata Kunci: Keterampilan menulis, Strategi pembelajaran inkuiri, Media gambar berseri

Salah satu keterampilan berbahasa yang ada dalam pembelajaran bahasa Arab adalah  keterampilan menulis/kitabah. Namun pembelajaran keterampilan menulis di sekolah masih memiliki kendala, diantara kendalanya adalah minimnya strategi yang digunakan oleh guru dan ketergantungan siswa terhadap terjemahan guru. Strategi pembelajaran berperan penting dalam sebuah proses pembelajaran, untuk itu diperlukan strategi yang dapat melibatkan siswa secara aktif di dalam kelas. Strategi pembelajaran Inkuiri adalah salah satu strategi pembelajaran yang menuntut siswa berfikir aktif untuk mencari dan menemukan sendiri jawaban dari pertanyaan yang telah diajukan.

Tujuan dari penelitian ini untuk (1) mendeskripsikan proses pembelajaran kitabah dengan menggunakan strategi pembelajaran inkuiri memanfaatkan media gambar berseri. (2) mendeskripsikan hasil pembelajaran kitabah dengan menggunakan strategi pembelajaran inkuiri memanfaatkan media gambar berseri.

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Data dalam penelitian ini ada dua macam yaitu data kuantitatif dan data kualitatif. Data kuantitatif diperoleh dari hasil pre-test dan post-test. Sedangkan data kualitatif diperoleh dari hasil wawancara, observasi, beserta angket pasca penerapan. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus. Setiap siklus tertidi empat tahap, yaitu: (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) pengamatan, (4) refleksi.

Hasil penelitian menyebutkan bahwa penerapan strategi pembelajaran inkuiri memanfaatkan media gambar berseri untuk meningkatkan keterampilan menulis bahasa Arab pada siklus I belum terlaksana secara maksimal. Hal ini terlihat dari beberapa siswa yang masih terdapat kesalahan dalam penulisan ejaan dan kurang berminat dalam mengikuti pembelajaran. Namun pada siklus II, permasalahan tersebut dapat diperbaiki kembali, kesalahan penulisan dan ejaan berkurang serta siswa menjadi lebih tertib dan bersemangat dalam mengikuti pembelajaran.

Dari segi peningkatan hasil belajar keterampilan menulis bahasa Arab, menunjukkan bahwa terjadi peningkatan hasil siswa pada tiap siklusnya. Nilai standar ketuntasan minimal (SKM) yang ditentukan adalah 75. Berdasarkan pretest dan post test didapatkan peningkatan nilai rata-rata, hasil pretest dan post test I belum mencapai SKM, sedangkan post test II nilai sudah mengalami peningkatan dan melebihi nilai SKM yang ditentukan.

Berdasarkan hasil penelitian ini, disarankan kepada pihak sekolah hendaknya strategi pembelajaran inkuiri memanfaatkan media gambar berseri dilakukan di  kelas X MIPA 3 khususnya dan semua kelas pada umumnya. Kemudian pemanfaatan dan penerapan strategi ini dapat diterapkan oleh mahasiswa Jurusan Sastra Arab sebagai salah satu strategi pembelajaran yang baik dalam  pembelajaran. Selanjutnya bagi peneliti lain yang ingin meneliti lebih lanjut strategi ini hendaknya memperhatikan sasaran pembelajaran serta materi yang akan diajarkan. Kemudian peneliti lain juga dapat menggunakan strategi pembelajaran ini untuk mengembangkan keterampilan selain kitabah.