SKRIPSI Jurusan Sastra Arab - Fakultas Sastra UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PERMAINAN KOTAK DAN KARTU MISTERIUS UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KOSAKATA BAHASA ARAB SISWA KELAS VII MTs-SATU ATAP KEBON DALEM LAMONGAN

Ali Za'faroni

Abstrak


ABSTRAK

 

Za’faroni, Ali. 2018. Permainan Kotak dan Kartu Misterius untuk Meningkatkan Penguasaan Kosakata Bahasa Arab Siswa Kelas VII MTs-Satu Atap Kebon Dalem Lamongan. Skripsi, Jurusan Sastra Arab, Program S1 Pendidikan Bahasa Arab. Fakultas Sastra. Universitas Negeri Malang. Dosen Pembimbing : (1) Prof. Drs. Muhaiban, (2) Dra. Nur Anisah Ridwan, M.Pd.

 

Kata Kunci : permainan Kokami, teknik permainan, dan penguasaan kosakata.

Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan peneliti pada siswa kelas VII MTs-SA Kebon Dalem Lamongan, diketahui bahwa selama ini guru mengajar kosakata bahasa Arab menggunakan metode pembelajaran ceramah dan terjemah. Hal ini dinilai kurang dalam hal menarik minat dan semangat belajar siswa, khususnya dalam pembelajaran kosakata bahasa Arab.

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) penggunaan permaianan Kokami untuk meningkatkan penguasaan kosakata bahasa Arab siswa kelas VII MTs-SA Kebon Dalem Lamongan, dan (2) peningkatan hasil belajar kosakata bahasa Arab siswa kelas VII MTs-SA Kebon Dalem lamongan dengan menggunakan permainan Kokami.

Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian tindakan kelas dilaksanakan dalam dua siklus, dalam setiap siklus dilaksanakan dua kali pertemuan. Tahap-tahap penelitian meliputi: (1) perencanaan, (2) pelaksanaan tindakan, (3) pengamatan, dan (4) refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah: (1) tes, (2) wawancara, (3) observasi.

Hasil penelitian menyebutkan bahwa penggunaan permainan Kokami untuk meningkatkan penguasaan kosakata bahasa Arab pada siklus I belum terlaksana secara maksimal. Hal ini terlihat dari beberapa siswa yang masih kurang berminat dalam mengikuti pembelajaran. Namun pada siklus II, permasalahan tersebut dapat diperbaiki kembali, siswa menjadi lebih tertib dan bersemangat dalam mengikuti pembelajaran.

Dari segi peningkatan hasil belajar kosakata bahasa Arab, diketahui bahwa hasil belajar kosakata bahasa Arab siswa pada tiap siklusnya mengalami peningkatan. Nilai standar ketuntasan minimal (SKM) yang ditentukan adalah 75. Berdasarkan pretest dan post test didapatkan peningkatan nilai rata-rata, hasil pretest dan post test I belum mencapai SKM, sedangkan post test II nilai sudah mengalami peningkatan dan melebihi nilai SKM yang ditentukan.

Berdasarkan hasil penelitin di atas, disarankan kepada guru bahasa Arab MTs-SA Kebon Dalem Lamongan untuk menggunakan permainan Kokami sebagai salah satu variasi media dalam mengajarkan kosakata bahasa Arab. Dan terakhir, untuk peneliti selanjutnya dapat melaksanakan penelitian tentang penggunan permainan Kokami pada keterampilan berbahasa.

Za’faroni, Ali. 2018. Mysterious Box and Card Games to Increase Mastery of Arabic Vocabulary’s Student seventh grade of MTs Satu Atap Kebon Dalem Lamongan. Thesis, Department Of Arabic Literature, Arabic Language Education Program S1. Faculty of Literature. Malang State University. Supervisor: (1) Muhaiban, Prof. Drs. (2) Dra. Nur Anisah Ridwan, M.Pd.

 

Keywords: Kokami’s game, Kokami’s technique, and Mastery of Vocabulary.

Based on the results of observations made by researchers at students of seventh grade MTs SA Kebon Dalem Lamongan, it is known that during this time teachers to teach Arabic vocabulary using teaching methods of lectures and translations. It is considered less in terms of attracting students' interest and enthusiasm, especially in learning Arabic vocabulary.

This study aims to describe: (1) the use of Kokami games to improve the mastery of Arabic vocabulary students of seventh grade of MTs-SA Kebon Dalem Lamongan, and (2) improvement of learning result of Arabic vocabulary students of seventh grade MTs-SA Kebon Dalem lamongan by using game Kokami.

This study uses a classroom action research design (PTK). Classroom action research is carried out in two cycles, in every cycle held two meetings. The research stages include: (1) planning, (2) action implementation, (3) observation, and (4) reflection. Data collection techniques used in this study are: (1) test, (2) interview, (3) observation.

The result of research mentioned that the use of Kokami game to increase the mastery of Arabic vocabulary in cycle I has not been done maximally. This can be seen from some students who are still interested to follow the learning. But in cycle II, the problem can be improved again, students become more orderly and eager in following learning.

In terms of improving Arabic vocabulary learning results, it shows that there is an increase in Arabic vocabulary learning outcomes of students in each cycle. The score of minimal completeness (SKM) is 75. Based on pretest and first post test doesn’t reach SKM yet, but the second post test has been reach an increase and the score of minimal completeness is exceed.

Based on the results of the research above, it is suggested to MTs-SA Arabic teacher Kebon Dalem Lamongan to use Kokami game as one of the media variations in teaching Arabic vocabulary.