SKRIPSI Jurusan Sastra Arab - Fakultas Sastra UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Penerapan Strategi Kooperatif Model Reciprocal Teaching untuk Meningkatkan Maharah Qira’ah kelas VII-H MTsN 3 Tulungagung

SEPTIANA ELISAWATI

Abstrak


ABSTRAK

 

Elisawati, Septiana. 2018. Penerapan Strategi Kooperatif Model Reciprocal Teaching untuk Meningkatkan Maharah Qira’ah kelas VII-H MTsN 3 Tulungagung. Skripsi, Jurusan Sastra Arab, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Hanik Mahliatussikah, M.Hum., (II) Dr. Lilik Nur Kholidah, M.Pd.i

 

Kata Kunci: model reciprocal teaching, hasil belajar, penerapan model.

Kemahiran membaca merupakan sarana yang utama untuk mencapai tujuan pembelajaran bahasa terutama bagi pelajar bahasa Arab non-Arab yang tinggal di luar negara-negara Arab seperti pelajar bahasa Arab di Indonesia. Studi pendahuluan yang dilakukan peneliti pada siswa kelas VII-H MTsN 3 Tulungagung diketahui banyak siswa yang kurang minat dalam pembelajaran bahasa Arab sehingga dibutuhkan variasi model pembelajaran. Salah satu model pembelajaran yang dapat mengatasi masalah tersebut adalah model pembelajaran reciprocal teaching.

Tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan: (1) penerapan strategi kooperatif model Reciprocal Teaching untuk meningkatkan maharah qira’ah kelas VII-H MTsN 3 Tulungagung, (2) hasil penerapan strategi kooperatif model Reciprocal Teaching untuk meningkatkan maharah qira’ah kelas VII-H MTsN 3 Tulungagung. Penelitian ini menggunakan rancangan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan data yang dideskripsikan. Dalam penelitian ini salah satu mahasiswa jurusan sastra Arab UM sebagai observer. Sedangkan peneliti bertindak sebagai guru.

Penerapan pembelajaran bahasa Arab menggunakan model reciprocal teaching pada maharah qiraah siswa kelas VII-H MTsN 3 Tulungagung telah dilakukan selama 2 siklus. Siklus I dilakukan 1 kali pertemuan. Sedangkan siklus 2 dilakukan 2 kali pertemuan. Hasil nilai rata-rata pre-test, post-test 1, dan post-test 2 mengalami peningkatan. Nilai rata-rata siswa pada pelaksanaan pre-test yang diikuti oleh 38 siswa sebesar 46,31% dengan jumlah 1760. Pada siklus I  nilai post-test 1 dengan jumlah nilai keseluruhan 3044 dengan diikuti 38 siswa dengan nilai rata-rata sebesar 80,10%. Nilai ini dikategorikan “baik”. Pada siklus II diperoleh nilai post-test 2 dengan jumlah nilai keseluruhan 2911 yang diikuti oleh 34 siswa dan rata-rata post-test 2 sebesar 85,61%. Nilai ini dikategorikan “baik sekali”.

Berdasarkan penelitian ini, disarankan kepada guru bahasa Arab untuk menggunakan model pembelajaran reciprocal teaching sebagai variasi pembelajaran agar siswa tidak jenuh dengan pembelajaran bahasa Arab. Peneliti juga berharap terhadap penelitian selanjutnya untuk mengembangkan model pembelajaran ini ke dalam keterampilan menyimak, berbicara, dan menulis.