SKRIPSI Jurusan Sastra Arab - Fakultas Sastra UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Kemampuan Menulis Insya' Muwajjah Siswa Kelas VII A MTs Surya Buana Malang

Eli Triutami

Abstrak


ABSTRAK

 

Triutami, Eli. 2018. Kemampuan Menulis Insya’ Muwajjah Siswa Kelas VII A Madrasah Tsanawiyah (MTs) Surya Buana Malang. Skripsi, Program Studi Pendidikan Bahasa Arab, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Prof. Dr. Nurul Murtadho, M.Pd (2) Dr. Yusuf Hanafi, M.Fil.I.

 

Kata Kunci: kemampuan menulis, MTs Surya Buana

Pada dasarnya, keterampilan/kemampuan menulis (maharah kitabah) adalah salah satu keterampilan intajiyah dan salah satu dari empat keterampilan bahasa Arab yang harus dikuasai oleh pembelajar bahasa Arab, dan seringkali dijadikan tolok ukur atas keberhasilan pengajaran bahasa Arab. Permasalahan yang akan dibahas dalam penelitian ini adalah bagaimana kemampuan siswa kelas VII A Madrasah Tsanawiyah Surya Buana Malang dalam menulis insya’ muwajjah bahasa Arab dan faktor-faktor apa saja yang mempengaruhinya. Adapun tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah mendeskripsikan kemampuan menulis insya’ muwajjah bahasa Arab siswa kelas VII A Madrasah Tsanawiyah Surya Buana Malang dan faktor-faktor apa saja yang mempengaruhinya.

Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan rancangan penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII A Madrasah Tsanawiyah Surya Buana Malang.  Dalam pengambilan sampel penelitian, peneliti menggunakan teknik purposive sampling.  Sedangkan materi yang digunakan untuk tes adalah jumlah ismiyah dengan bentuk: melengkapi kalimat, mengurutkan kata, membuat pertanyaan, dan mendeskripsikan gambar.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan siswa kelas VII A Madrasah Tsanawiyah Surya Buana Malang dalam menulis bahasa Arab termasuk dalam kategori rendah. Hal ini ditunjukkan dengan adanya 7 orang siswa atau 24,2% siswa yang mendapat skor standar lebih dari 55. Jika kurang dari 60% siswa yang mendapat skor standar diatas 55 maka kemampuan siswa termasuk rendah.

Sedangkan faktor-faktor yang mempengaruhi kemampuan menulis bahasa Arab siswa kelas VII A MTs Surya Buana Malang adalah faktor guru yang terdiri atas: metode pembelajaran, pemberian latihan, pemberian tugas, dan pembenaran tulisan. Dan faktor lingkungan yang terdiri atas: perhatian orang tua terhadap kegiatan belajar anak, bimbingan orang tua terhadap kegiatan belajar anak, dan penggunaan bahasa Arab di lingkungan sekolah. Sedangkan upaya untuk meningkatkan kemampuan menulis bahasa Arab adalah dengan model imla’ dan strategi Think Talk Write (TTW).