SKRIPSI Jurusan Sastra Arab - Fakultas Sastra UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pembelajaran Turjuman Quran Metode Ummi di SD Insan Amanah Malang

sihhatul mahbubah

Abstrak


ABSTRAK

 

Diantara kewajiban orang muslim adalah mempelajari makna Alquran. Adapun mempelajari makna Alquran bagi orang Arab memiliki tingkat kesulitan yang berbeda dengan orang non Arab. Maka dari itu, harus ada suatu metode yang baik dalam kegiatan belajar Alquran. Adapun salah satu metode yang diyakini oleh masyarakat akan keefektivitasannya adalah metode Ummi. Oleh karena itu peneliti bermaksud untuk mendeskripsikan pembelajaran Turjuman Quran metode Ummi. Dan sekolah yang dipilih oleh penulis untuk melaksanakan penelitian ini adalah Sekolah Dasar Insan Amanah Malang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, dan evaluasi pembelajaran Turjuman Quran. Serta untuk mengetahui faktor yang mempengaruhi pembelajaran dan mengetahui solusi dan permasalahan yang ada dalam pembelajaran.

Adapun metode penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatuf. Teknik pengumpulan data yang digunakan terdiri dari: observasi, wawancara dan dokumentasi. Dalam penelitian ini penulis berperan sebagai instrumen penelitian. Sedangkan analisis data penelitian dilakukan dengan cara: pengumpulan data, pemilihan data, menafsirkan data dan pengambilan kesimpulan. Dan untuk mendapatkan data yang valid, peneliti menggunakan teknik triangulasi metode dan triangulasi sumber data.

Hasil dari penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwasannya guru-gurutidah menyusun rencana pembelajaran pada awal tahun ajaran baru, padahal itu adalah tugas mereka. Adapun dalam pelaksanaan pembelajarannya, metode yang digunakan adalah metode Ummi. Buku pembelajaran yang digunakan adalah tiga jilid awal dari buku Turjuman Quran yang disusun oleh supervisi dari lembaga ummi foundation. Adapun langkah-langkah pembelajaran Turjuman Quran Metode Ummi terdiri dari 3 langkah, yakni: (1) kegiatan awal pembelajaran, (2) kegiatan pembelajaran, (3) penutup. Adapun evaluasi pembelajaran ini terdiri dari dua macam, yakni evaluasi dari pihak sekolah dan evaluasi yang diadakan oleh pihak lembaga Ummi Foundation. Diantara faktor yang mempengaruhi pembelajaran terdiri dari dua macam yakni faktor pendukung dan faktor penghambat. Meski ditemukan beberapa problem dalam kegiatan pembelajaran Turjuman Quran Metode Ummi di SD Insan Amanah, namun para guru dan staf sekolah selalu berusaha melakukan perbaikan dalam proses pembelajaran.