SKRIPSI Jurusan Sastra Arab - Fakultas Sastra UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Sinonimi Kata Ita’ – I’tha’dan Derivatnya dalam Al-Quran.

binti khoiriyah

Abstrak


ABSTRAK

 

Al-Quran merupakan mukjizat terbesar Rasulullah Muhammad saw. Salah satu kemukjizatan al-Quran terletak pada isinya. Dalam ilmu al-Quran, terdapat ilmu tafsir yang membahas berbagai kajian al-Quran termasuk kajian makna. Kata-kata dalam al-Quran membutuhkan penafsiran makna, diantaranya kata ita’ – i’tha’.  Kata tersebut mempunyai makna leksikal yang sama yaitu pemberian. Kata tersebut dalam al-Quran tidak hanya menggunakan makna dasarnya tetapi juga makna-makna lain.Tujuan penelitian ini adalah 1) mendeskripsikan bentuk derivat kata ita’ – i’tha’ dalam al-Quran, 2) mendeskripsikan makna kata ita’ – i’tha’ dan derivatnya dalam al-Quran menurut tafsir ibnu katsir dan tafsir al-baidlawi, dan 3) mendeskripsikan sinonimikata ita’ – i’tha’ dan derivatnya dalam al-Quran.

Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskriptif kualitatif. Data penelitian berupa ayat-ayat al-Quran yang memuat kata ita’ – i’tha’ dan derivatnya. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah human instrument yaitu peneliti sendiri dan instrumen bantu berupa tabel penjaringan. Teknik analisis data dilakukan dengan cara menandai ayat yang memuat kata ita’ – i’tha’ dan derivatnya, mengelompokkan ayat-ayat tersebut berdasarkan bentuk (sighat), meneliti makna kata tersebut berdasarkan tafsir ibnu katsir dan tafsir al-baidlawi, mengklasifikasikanderivat, makna, dan sinonimi kata tersebut berdasarkan teori yang ada, membahas temuan penelitian dan menyimpulkan.

Penelitian ini menghasilkan temuan bahwa: 1) ditemukan sebanyak 29 derivat dari kata ita’ yang diklasifikasikan ke dalam 5 derivasi yaitu mashdar, fi’il maadli, fi’il mudlaari’, fi’il amr dan isim faa’il, dan sebanyak 6 derivat dari kata i’tha’ yang diklasifikasikan ke dalam 2 derivasi yaitu fi’il maadli dan fi’il mudlaari’, 2) kata ita’ dan derivatnya memiliki makna memberi, menunaikan, menghasilkan, mengabulkan, mengucapkan, menimpakan, mengambil, mengembalikan dan melakukan. Adapun kata i’tha’ dan derivatnya memiliki dua makna yaitumemberi dan membayar, dan 3) kata ita’ – i’tha’ merupakan dua kata yang bersinonim dengan makna yang lebih beragam pada kata ita’, sehingga kedua kata tersebut merupakan sinonimi tidak penuh.

Penelitian ini terbatas pada makna kata yang ditinjau dari sudut pandang dua mufassir. Untuk itu, sebaiknya dilakukan penelitian serupa mengenai makna kata dalam al-Quran dengan sudut pandang yang berbeda, yaitu dari sudut pandang dua atau lebih mufassir yang berbeda madzhab.