SKRIPSI Jurusan Sastra Arab - Fakultas Sastra UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Qashr didalam Lima Juz Alquran

Ahmad Zainuri

Abstrak


ABSTRAK

 

Kata Kunci: Qashr, Lima Juz, Alquran.

Penelitian ini membahas tentang qashr. Qashr memiliki beberapa tujuan, cara atau bentuk qashr, dan macam-macam qashr. Dari ketentuan tersebut, banyak pelajar bahasa arab yang belum mengetahui qashr secara detail sehingga hanya penelitian sederhana yang diteliti. Hal ini yang mendorong peneliti untuk meneliti pembahasan ini. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memahami tujuan qashr didalam lima juz alquran, mendeskripsikan bentuk-bentuk qashr yang digunakan didalam lima juz alquran, dan mendeskripsikan macam-macam qashr yang ada didalam lima juz alquran beserta analisisnya.

Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskriptif kualitatif. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah ayat-ayat yang ada didalam lima juz alquran yang memuat qashr. Sedangkan sumber data yang digunakan adalah lima juz alquran yang mengandung empat bentuk qashr. Instrumen didalam penelitian ini adalah peneliti (human instrument). Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode dokumentasi. Adapun tahapan analisis data pada penelitian ini adalah (1) Peneliti mengumpulkan data sekaligus mengecek kembali data yang sudah didapatkan, (2) Peneliti mereduksi data dengan cara memilih dan memilah data yang relevan untuk dianalisis dan data yang kurang relevan akan disisihkan, (3) Peneliti melakukan penyajian data, selanjutnya (4) Peneliti menyimpulkan hasil penelitian berdasarkan kategori dan makna temuan.

Dari hasil analisis data ditemukan beberapa hal yang menjadi jawaban rumusan masalah penelitian ini, yaitu (1) Tujuan qashryang terdapat didalam lima juz alquran terdiri dari: 36 qashr dengan jenis tujuan hadfi tamkin al-kalam dan 11 qashr dengan jenis tujuan at-ta’ridl. (2) Bentuk-bentuk qashr yang digunakan didalam lima juz alquran terdiri dari: 22 bentuk qashr dengan an-nafyu walistitsna, 14 bentuk qashr dengan innama, 7 bentuk qashr dengan athaf (huruf bal dan lakin), dan 4 bentuk qashr dengan taqdimu ma haqqahu at-ta’khir (mendahulukan sesuatu yang seharusnya berada diakhir kalimat). (3) Macam-macam qashr yang ada didalam lima juz alquran beserta analisisnya terdiri dari: qashr dari segi tharf-nya: 37 qashr termasuk kategori shifah ala maushuf dan 10 qashr termasuk kategori maushuf ala shifah. Macam-macam qashr dari segi waqi’-nya: 38 qashr termasuk qashrhaqiqi dan 9 qashr termasuk qashridlafi. Sedangkan qashr dari segi mukhatab-nya (lawan bicara) terdapat: 36 qashrqalbi, 8 qashrifrad, dan 3 qashrta’yin.

Bagi peneliti selanjutnya dapat melakukan penelitian pada surat-surat yang lain didalam alquran dengan menganalisis kajian balaghah yang lain pula, seperti wasl dan fahsl dengan meniru cara analisis dalam penelitian ini sekaligus menyempurnakannya dengan menemukan cara analisis yang baru.