SKRIPSI Jurusan Sastra Arab - Fakultas Sastra UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PEMBELAJARAN MAHARAH AL-KALAM BAHASA ARAB DI MAN 1 KOTA MALANG

Muhammad Tajam Prayugo

Abstrak


ABSTRAK

 

Prayugo, M T. 2018. Pembelajaran Maharah Al-Kalam Bahasa Arab Di MAN 1 Kota Malang. Skripsi. Jurusan Sastra Arab, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Prof. Drs. Muhaiban (2) Mohammad Ahsanuddin M.Pd.

 

Kata Kunci: maharah al-kalam, pembelajaran bahasa Arab, teknik, media.

MAN 1 Kota malang adalah salah satu lembaga pendidikan yang terletak di daerah kota Malang yang pertama kali didirikan sehingga banyaknya pengalaman dalam pembelajaran maharah al-kalam. Tujuan dari penelitian ini untukmendeskripsikan kurikulum, bahan ajar, teknik pembelajaran, media pembelajaran, kegiatan evaluasi, permasalahan, dan upaya pemecahan dalam pembelajaran maharah al-kalam di MAN 1 Kota Malang.

Metode penelitian skripsi ini adalah deskriptif kualitatif. Pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Penelitian menggunakan instrumen angket, panduan wawancara dan panduan observasi. Data primer dalam penelitian ini adalah RPP, materi maharah al-kalam, hasil wawancara, hasil observasi, hasil angket  dan sumber dataprimer adalah guru bahasa Arab dan peserta didik kelas X Bahasa MAN 1 Kota Malang. Untuk menganalisis data menggunakan pendekatan analisis data interaktif. Sedangkan validitas hasil temuan, peneliti melakukan observasi terus menerus, mendiskusikan data, memeriksa kembali catatan lapangan kemudian kesimpulan. Adapun latar penenitian dilakukan di kelas X Bahasa semester genap MAN 1 Kota Malang.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran maharah al-kalam bahasa Arab di kelas X Bahasa MAN 1 Kota Malang:guru menggunakan KD 3.2 dan 4.1 dalam kurikulum 2013. Bahan ajarDurusul Lughah Al-arabia, Ayo Belajar Cerdas Bahsa Arab, dan Al-arabiya Baina Yadaik. Teknik adalah pola kalimat, tanya jawab, percakapan, dan bercerita. Adapun media yang digunakan adalah audio, video, dan  flash card. Sedangkan kegiatan evaluasinya menggunakan bentuk tes pelafalan, tes praktik struktur, dan tes berbicara dan jenisnya percakapan dan mengarang lisan. Permasalahan yang dimiliki oleh guru salah satunya adalah sulitnya suara guru rendah. Sedangkan permasalahan yang dimiliki oleh peserta didik  salah satunya adalahmemiliki mufradat yang sedikit.Upaya yang harus dilakukan oleh guru adalah menjelaskan materi dengan keliling. Sedangkan untuk peserta didik adalah belajar di rumah.

Berdasarkan hasil penelitian ini disarankan kepada pihak pengajar bahasa Arab, untuk menggunakan teknik-teknik bervariasi untuk mengatasi peserta didik ketidak pahaman ketika guru menjelaskan.Bagi peneliti lebih lanjut, dapat meneliti salah satu keterampilan selain maharah al-kalam dari segi kurikulum, bahan ajar, teknik pembelajaran, media pembelajaran, kegiatan evaluasi dan permasalahan yang terdapat dalam keterampilan tersbut dan solusi pemecahannya.Bagi mahasiswa jurusan pendidikan bahasa Arab, peneliti mengharapkan untuk menguasai mata kuliah micro teaching untuk meningkatkan cara pengajaran yang baik dan benar.