SKRIPSI Jurusan Sastra Arab - Fakultas Sastra UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

engembanganMateriAjarKosakataBahasa Arab SiswaKelas 5 MI Nurul Huda 1 Kota Malang

Choirotun Nisah

Abstrak


ABSTRAK

 

Nisah, Choirotun. 2018. Pengembangan Materi Ajar Kosa kata Bahasa Arab Siswa Kelas 5 MI Nurul Huda 1 Kota Malang. Skripsi. Jurusan Sastra Arab, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Prof. Dr. Nurul Murtadho, M.Pd, (II) LailyMaziyah, S.Pd.,M.Pd.

 

Kata Kunci: kosakata, buku BUKBER 3S, scrabble

Salah satu upaya untuk meningkatkan kualitas dalam pembelajaran adalah dengan melakukan inovasi terhadap buku ajar atau memberikan buku pelengkap terhadap buku induk. Buku BUKBER 3S merupakanbuku yang mengadopsi dua permainan pembelajaran bahasa yaitu scrabble dan strip story. Buku tersebut menunjang penguasaan kosa kata bahasa Arab. Hal tersebut menjadi solusi peneliti untuk mengembangkan buku BUKBER 3S untuk siswa kelas 5 MI Nurul Huda I Kota Malang yang menjadi masalah dalam pembelajaran bahasa Arab di sekolah tersebut. Tujuan dari pengembangan buku ini adalah untuk menghasilkan produk dan mendeskripsikan keefektifan buku BUKBER 3S dalam pembelajaran bahasa Arab.

Penelitian buku BUKBER 3S menggunakan metode pengembangan research and development yang ditulisolehSugiyono, berdasarkan Dick & Carey dengan 8 komponenberikut: (1) potensi dan masalah, (2) pengumpulan data, (3) desain produk, (4) validasi desain, (5) revisi desain, (6) uji coba produk, (7) revisi produk, (8) produk akhir. Subjek penelitian adalah siswa kelas 5 MI Nurul Huda I Kota Malang.Data yang diperoleh berupa data kuantitatif dan kualitatif.Data kualitatif diperoleh dari skor penilaian ahli materi, ahli media, guru dan siswa, sedangkan data kualitatif diperoleh dari komentar dan saran perbaikan dari ahli materi, ahli media, dan guru. Pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, pre test, post test dan angket skor penilaian. Adapun teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif.

Produk yang dihasilkan berupa buku BUKBER 3S yang terdiri dari 8 komponen, meliputi: (1) petunjuk penggunaan buku, (2) identitas pemilik buku, (3) cover judul tema, (4) materi (beberapa maharah), (5) latihan variasi (beberapa maharah), (6) tarkib, (7) latihan evaluasi dan (8) latihan BUKBER 3S. Berdasarkan hasil analisis data dari ahli materi dan pengguna menyatakan valid dengan persentase sama yaitu 96%, ahli media menyatakan cukup valid dengan persentase 77%,dan guru praktisi pembelajaran menyatakan valid dengan persentase 97.5%. Hasil nilai pre test dan post test menunjukkan bahwa buku BUKBER 3S memiliki pengaruh yang signifikan terhadap penguasaan kosa kata bahasa Arab, sehingga dapat disimpulkan dari keseluruhan akumulasi nilai bahwa buku BUKBER 3S dinyatakan valid atau layak diaplikasikan dalam pembelajaran bahasa Arab.