SKRIPSI Jurusan Sastra Arab - Fakultas Sastra UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pemetaan Pembelajaran Bahasa Arab pada Lembaga Kursus di kampung Bahasa Pare

INDAH ILMI

Abstrak


ABSTRAK

 

Lembaga kursus bahasa Arab adalah lembaga nonformal yang menyediakan pembelajaran bahasa Arab dengan kelebihan waktu pembelajaran relatif singkat karena kompetensi yang dipelajari lebih spesifik dan mengutamakan praktik daripada teori. Kampung Bahasa Pare adalah salah satu tempat rujukan belajar bahasa karena berdiri ratusan lembaga kursus bahasa asing berkualitas termasuk bahasa Arab.

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peta pembelajaran bahasa Arab pada lembaga kursus di Kampung Bahasa Pare. Secara khusus penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) tujuan, (2) materi, (3) strategi, (4) media dan (5) evaluasi pembelajaranbahasa Arab pada lembaga kursus di Kampung Bahasa Pare Kediri.

Penelitian ini menggunakan rancangan penelitiandeskriptif kuantitatif. Data penelitian diperoleh dari sepuluh lembaga kursus bahasa Arab. Instrumen penelitian yang digunakan adalah angket serta pedoman wawancara. Kegiatan analisis data dimulai dari tahap persiapan, tabulasi dan pengolahan data sesuai pendekatan penelitian yaitu deskriptif persentase.

Berdasarkan hasil analisis data diperoleh hasil penelitian bahwa (1) tujuan pembelajaran terdiri atas penguasaan empat kemampuan berbahasa Arab Fusha, salah satu dari empat kemampuan berbahasa terutama kemampuan kalam, tatabahasa, kitab kuning, bahasa Arab ‘Amiyah, penerjemahan, dan ilmu Balaghah serta; (2) mayoritas lembaga menyusun buku pembelajaran sendiri. Materi pembelajaran istima’, kalam dan kitabah mayoritas adalah seputar tema kegiatan sehari-hari. Sementara dalam pembelajaran qira’ah diajarkan materi-materi pilihan dari kitab keagamaan; (3) strategi pembelajaran yang digunakan mayoritas lembaga adalah pembelajaran aktif. Sedangkan dalam pembelajaran qawaid mayoritas menggunakan strategi deduktif (qiyasiy);  (4) mayoritas lembaga menggunakan media audio berupa MP3, media visual berupa benda-benda nyata dan media audio-visual berupa VCD serta dilengkapi dengan maskan sebagai media pemerolehan bahasa dan (5) evaluasi yang digunakan responden terdiri atas tes sumatif, formatif dan tes penempatan berbentuk tes lisan dan tes tulis.