SKRIPSI Jurusan Sastra Arab - Fakultas Sastra UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengelolaan Lingkungan Bahasa Arab Dalam Meningkatkan Keterampilan Berbahasa di Pondok Pesantren Al- Multazam Mojokerto

SHOBIHATUL MAGHFIROH

Abstrak


ABSTRAK

 

Di era modern ini sudah banyak lembaga-lembaga pendidikan baik formal maupun non formal yang memberikan perhatian lebih terhadap pembelajaran bahasa kedua atau bahasa asing termasuk pembelajaran bahasa Arab ataupun bahasa Inggris. Lembaga formal berupa lembaga pendidikan berbasis pesantren atau lembaga pendidikan berbasis sekolah umum, sedangkan lembaga pendidikan non formal berupa lembaga kursus kebahasaan. Salah satu usaha yang dikembangkan oleh lembaga pendidikan tersebut dalam mengembangkan kemampuan berbahasa siswa adalah dengan cara menerapkan lingkungan bahasa (bi’ah lughawiyyah). Dalam hal pembelajaran bahasa kedua (bahasa Arab atau bahasa Inggris), lingkungan bahasa dianggap penting sebagai wahana pemerolehan bahasa bagi pembelajar bahasa. Lingkungan bahasa perlu dibentuk guna mengasah keterampilan berbahasa secara alami. Mengenai pentingnya lingkungan bahasa, bahwa penciptaan lingkungan bahasa dapat membisakan dan membiasakan keterampilan berbahasa aktif yang merupakan proyek masa depan keberbahasaan.

Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mendeskripsikan pengelolaan lingkungan bahasa Arab di Pondok Pesantren Al- Multazam Mojokerto yang meliputi tujuan, strategi pengelolaan lingkungan bahasa Arab di Pondok Pesantren Al- Multazam Mojokerto, serta tingkat keberhasilan lingkungan bahasa Arab dalam meningkatkan keterampilan berbahasa santriwati. Penelitian ini menggunakan desain penelitian deskriptif- kualitatif dengan jenis penelitian lapangan (field research). Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, observasi, dokumentasi dan teknik analisa data yaitu reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi.

Hasil penelitian ini menyatakan bahwa: (1) lingkungan bahasa Arab di Pondok Pesantren Al-Multazam Mojokerto diterapkan sejak berdirinya pondokŲ² Tujuan lingkungan bahasa Arab ini sebagai wahana praktek berbahasa yang dapat melatih, membiasakan, dan menumbuhkan berbagai keterampilan berbahasa yang dimiliki santriwati. Adapun mekanisme pengelolaan lingkungan bahasa Arab yang diciptakan berupa pengurus Yayasan Pondok Pesantren Al- Multazam Mojokerto sebagai konsultan dan penasehat dan bagian pengembangan bahasa sebagai perencana, pelaksana, penggerak lingkungan bahasa di pesantren, adapun strategi pengelolaan lingkungan bahasa yang diterapkan oleh pesantren berupa strategi lingkungan formal yang meliputi seluruh proses kegiatan belajar mengajar yang dilakukan melalui pendidikan formal dan strategi lingkungan informal yang berupa pemberian figure berbahasa Arab aktif, lingkungan psikologis, lingkungan pandang, lingkungan bicara, lingkungan dengar, lingkungan tulis dan beberapa kegiatan atau program kebahasaan seperti pemberian mufrodat, hiwar dan lain sebagainya. (2) Adapun tingkat keberhasilan lingkungan bahasa Arab dapat dikategorikan “baik”. Hal ini dibuktikan dengan mampunya pengurus bahasa melaksanakan program, antusiasnya santriwati dalam mengikuti program sera tercapainya tujuan program yang dapat dibuktikan dengan nilai evaluasi sumatif, prestasi-prestasi kebahasaan yang diaraih dalam pondok maupun di luar pondok, pandangan beberapa ustadz/ustadzah, pandangan beberapa santriwati serta hasil pengamatan lapangan (observasi).