SKRIPSI Jurusan Sastra Arab - Fakultas Sastra UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Analisis Struktur Novel Harry Potter Wa Hajar Al-Faylasuf

SHOFIA OKTAVINA

Abstrak


ABSTRAK

 

Oktavina, Shofia. 2018. Analisis Struktur Novel Harry Potter Wa Hajar Al-Faylasuf. Skripsi, Jurusan Sastra Arab, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Kholisin, M.Hum., (II) Dra. Nur Anisah Ridwan, M.Pd.

 

Kata Kunci: analisis struktural, novel Harry Potter Wa Hajar Al-Faylasuf

Sastra adalah karya seni yang bermediakan bahasa. Salah satu bentuk karya sastra yang sering dibaca masyarakat adalah novel. Untuk mengetahui maksud dan tujuan sebuah novel haruslah dilakukan analisis yang mendalam. Penelitian struktural dipandang lebih obyektif, karena berdasarkan sastra itu sendiri tanpa campur tangan unsur lain. Dengan analisis struktural, kebulatan makna yang digali dari karya sastra dapat ditangkap, karena kekuatan pada teori struktural terletak pada jalinan antar unsur. Novel Harry Potter Wa Hajar al-Faylasuf (HPWHA) adalah karya terjemahan Sahar Gabr Mahmud. Sahar adalah penulis sekaligus penerjemah. Ia telah menerjemahkan beberapa buku dan mempunyai banyak pengalaman di bidang teater. Judul asli novel HPWHA ini adalah Harry Potter and the Philosopher's Stone dikarang oleh Joanne Kathleen Rowling, penulis berkebangsaan Inggris. Novel ini sangat fenomenal sehingga dilakukan penerjemahan ke berbagai bahasa di penjuru dunia salah satunya bahasa Arab. Hal yang menyebabkan novel ini menjadi menarik karena pembaca ingin tahu petualangan-petualangan yang dilakukan oleh para tokoh dalam novel. Daya tarik lain yang cukup kuat dari novel ini yaitu menyajikan benda-benda imajinatif. Maka dari itu, peneliti ingin melakukan analisis struktur novel HPWHA. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan unsur intrinsik dan keterkaitan antar unsur intrinsik novel HPWHA dalam membentuk makna.

Penelitian ini menggunakan pendekatan struktural murni dan rancangan penelitian deskriptif kualitatif. Instrumen penelitian yang digunakan adalah peneliti itu sendiri. Data penelitian berupa unsur-unsur intrinsik novel HPWHA dan sumber data berupa novel HPWHA. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan pembacaan dan pemahaman novel, pencatatan, dan pendeskripsian keterkaitan antar unsur instrinsik novel. Teknik analisis data dimulai dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penyimpulan. Agar data yang diperoleh benar-benar akurat dan dapat dipercaya, maka penelitian ini menggunakan teknik pengecekan keabsahan data, yaitu triangulasi, pemeriksaan sejawat melalui diskusi, dan memeriksa kembali data dan catatan yang ada.

Berdasarkan hasil analisis data, penelitian ini menghasilkan temuan berupa unsur intrinsik novel HPWHA, meliputi tema, tokoh dan penokohan, alur, latar, sudut pandang, gaya bahasa, dan amanat. Novel HPWHA bertema persahabatan dengan tokoh utama bernama Harry Potter dan tokoh pendukung Ron dan Hermione yang memiliki sifat setia kawan. Alur cerita disajikan dalam bentuk alur campuran. Latar tempat cerita berada di London, dengan latar waktu terjadinya cerita dimulai bulan Juli sampai bulan Desember, dan latar suasana meliputi gelap dan mendung, ricuh, menakutkan, sedih, menegangkan, hingga menyenangkan. Novel ini menggunakan sudut pandang orang ketiga-tidak terbatas. Gaya bahasa dalam novel HPWHA ini cukup beragam meliputi (a) simile atau التشبيه المرسل , (b) repetisi atau تقرار, (c) pleonasme, (d) hiperbola, (e) personifikasi atau الاستعارة المكنية ,(f) ironi, sarkasme, (g) الطباق, dan (h) polisindenton. Amanat yang terkandung dalam novel ini menganjurkan pembaca untuk memiliki rasa saling tolong menolong terhadap sesama. Unsur-unsur intrinsik novel HPWHA tersebut menunjukkan keterkaitan satu sama lain dalam membentuk makna, sehingga unsur tema mengikat unsur yang lain. Makna yang ditemukan dari keterkaitan tersebut yaitu tentang kuatnya persahabatan yang terjalin antar tokoh. Unsur-unsur pembangun novel yang saling berkaitan itulah yang disebut dengan unsur struktural.

Peneliti berharap semoga hasil penelitian ini dapat menambah khazanah pengetahuan pembaca mengenai analisis struktural. Peneliti juga berharap untuk dilakukan penelitian lain terhadap novel yang sama menggunakan pendekatan yang berbeda, sehingga dapat turut serta mengembangkan keilmuan sastra, khususnya dibidang telaah prosa (dirosah natsriyah). Bagi pengajar sastra ataupun mahasiswa, semoga penelitian ini dapat dijadikan sebagai salah satu contoh kajian sastra dibidang telaah prosa (dirosah natsriyah).